fbpx

Blog | GoSocial

Kamu pasti sudah familiar dengan aplikasi WhatsApp, sebuah aplikasi berkirim pesan yang terkenal dan cepat. Semua orang di dunia memakainya termasuk di Indonesia. WhatsApp pun sudah mengembangkan teknologinya dengan meluncurkan WhatsApp Business.

Seiring perkembangan zaman yang semakin berubah, termasuk dalam berdagang pun berubah menjadi berdagang online. Berdagang online tidak hanya melalui social media atau e commerce namun ada satu hal agar bisnis kamu dipercaya oleh pelanggan yaitu dengan mempunyai nomor telepon atau nomor WhatsApp. Menurut data digital report pada Januari 2020, dari we are social – hootsuite bahwa pengguna WhatsApp di Indonesia mencapai 84% dari jumlah populasi penduduk Indonesia.

Pada 18 Januari 2018 Facebook yang mengambil alih WhatsApp meresmikan WhatsApp Business untuk membantu para pebisnis agar lebih mudah terhubung dengan pelanggannya. Hal ini disambut baik oleh para pebisnis, termasuk UMKM yang ingin mengembangkan usahanya lebih lebar.

Nah berikut ini Gogo mau kasih tahu beberapa fitur WhatsApp Business yang bisa kamu manfaatkan untuk menaikkan bisnis kamu.

Profil Bisnis

Profil bisnis memudahkan kamu untuk mencantumkan nama usaha kamu, kemudian juga bisa menambahkan informasi tentang bisnis kamu. Seperti deskripsi usaha, alamat lengkap (lokasi spesifik dan peta dapat langsung diarahkan ke google maps). Kemudian bisa ditambahkan dengan kategori bisnis yang dijalani, waktu operasional, alamat email, nama social media bisnis kamu (Facebook/Instagram) ataupun situs bisnis kamu jika ada.

Pesan Otomatis

Selama satu hari tidak mungkin kamu selalu memegang ponsel kan? Di dalam WhatsApp Business ini ada fitur pesan otomatis ketika ada chat masuk.  Kamu tidak perlu khawatir atau takut pelanggan kamu pergi karena tidak dibalas, karena ketika ada chat masuk bisa dibalas pada waktu yang sama secara otomatis.

Pesan otomatis ini terdiri dari tiga jenis:

  • Pesan pembuka (greeting messages).
  • Pesan ketika kamu sedang sibuk atau tidak tersedia (away messages).
  • Pesan balasan cepat (quick replies).

Untuk mengatur pesan otomatis kamu bisa ke Settings > Business Settings > Messaging Tools.

Fitur Katalog

Kemudahan lainnya di dalam Whatsapp Business adalah adanya fitur katalog, di mana seorang konsumen bisa melihat langsung produk apa yang kamu jual. Tidak hanya melihat foto produk, namun calon pembeli bisa melihat detail keterangan produk serta harga produk.

Statistik Pesan

Dalam fitur ini kamu bisa mengevaluasi pesan yang masuk, yang dibalas dan yang dibaca. Selain itu kamu juga bisa melihat cara konsumen berkomunikasi dengan kamu, dari mulai konsumen bertanya sampai akhirnya mereka membeli produk kamu.

Untuk melihat statistik pesan kamu bisa mengarahkannya dari Menu > Setelan > Setelan Bisnis > Statistik.

Label 

Dengan adanya label, lebih memudahkan kamu dalam menyortir pesan dari customer, mulai dari pesan baru, menunggu pembayaran, terbayar, dan pesan selesai. Adanya pengelompokkan ini membuat bisnis tersebut dapat dievaluasi dari  pengelolaan keuangan serta kesukaan produk dari customer.

Nah sekarang SocioZen sudah tahu kan apa saja fitur dan manfaat dari Whatsapp Business. Jadi jangan ragu lagi untuk membuka usaha atau ingin mengembangkan bisnis kamu yang sudah ada.

Persaingan bisnis online terutama UMKM semakin ketat, ambil langkah kamu dari sekarang. Jangan ditunda karena perubahan akan terus bergulir bahkan dalam waktu yang singkat.

Comments to: Manfaatkan WhatsApp Business untuk Menaikkan Bisnis Kamu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.