fbpx

Blog | GoSocial

Di masa pandemi Covid-19 ini banyak yang menyarankan untuk memulai bisnis secara online dan sebelum pandemi ada, para marketer berujar kepada pengusaha untuk segera go online khususnya UMKM agar bisa bersaing secara global.

Kita pun paham bahwa telah lahir banyak marketplace di Indonesia yang sudah besar seperti Tokopedia dan Bukalapak. Kemudian ketika kita menggunakan marketplace sebagai wadah untuk berjualan online apakah keuntungan akan didapat dengan cepat?

Mungkin bagi yang menggunakan marketplace sudah mempunyai modal yang cukup besar namun bagaimana dengan bisnis rumahan yang hanya berjualan lewat media sosial?

Apakah kamu pernah mencoba bisnis iseng-iseng menggunakan Instagram kemudian akhirnya menjadi serius atau bahkan ada yang memang sangat ingin membuka bisnis secara profesional dan diawali lewat media sosial?

Semua itu sah-sah saja dilakukan, namun sekarang pertanyaannya perlukah kita memakai keduanya untuk memajukan bisnis kita? Simak ulasan berikut ini.

Pengertian Marketplace

sumber : unsplash.com

Marketplace adalah penyedia atau perantara yang bertujuan untuk menghubungkan antara penjual dan pembeli secara online. Marketplace memudahkan para penjual untuk memasarkan produknya di internet atau sekarang sudah dalam satu aplikasi.

Tidak dipungkiri kekuatan marketplace saat ini menjadi yang terdepan untuk berjualan secara online, banyak orang yang sudah menggunakannya dan banyak juga yang memberikan saran kepada kita yang ingin memulai usaha namun tidak mempunyai modal untuk membuka toko atau tempat, ke marketplace saja.

Kelebihan Marketplace

Hemat Biaya

Ketika kamu mendaftarkan toko kamu ke marketplace tidak perlu khawatir pada biaya, karena marketplace gratis hanya saja kamu harus mematuhi peraturan dari marketplace tersebut.

Mudah Digunakan

Setelah mendaftar kamu bisa langsung menggunakannya. Cukup mudah dalam menggunakan marketplace. Untuk kamu yang sering berselancar di internet atau aplikasi kamu pasti bisa memahaminya dan bisa menggunakannya dengan cepat.

Kepercayaan

Dengan nama marketplace yang sudah besar otomatis reputasi toko yang ada di dalamnya juga ikut naik dan kepercayaan terhadap toko bisa dilindungi oleh marketplace dan tingkat kepercayaan pelanggan akhirnya tinggi.

Kekurangan Marketplace

Toko Dikendalikan Oleh Marketplace

Kamu tidak bisa menaruh toko kamu di paling atas pada website atau aplikasi marketplace, semua tergantung dari marketplace tersebut, istilahnya kamu yang penting sudah terdaftar.

Persaingan Yang Sangat Ketat

Sama halnya dengan jutaan pengguna internet, demikian juga yang menggunakan marketplace untuk berjualan. Karena seperti yang sudah dijelaskan, dengan kemudahannya tersebut semua orang bisa berjualan bahkan produknya pun sama, setiap hari pasti ada pendatang baru yang bisa menyalip toko kamu.

Tidak Bisa Membangun Hubungan Dengan Pelanggan

Toko di marketplace begitu banyak dengan barang yang sama pula, pasti pelanggan akan bingung dengan nama toko dan tidak selalu mengingatnya, jadi sulit untuk membangun hubungan dengan pelanggan apalagi menjadi pelanggan setia.

Sekarang kita ke online shop.

Pengertian Online Shop

sumber : pexels.com

Online shop adalah sebuah usaha yang dijalankan menggunakan media sosial. Media sosial memberikan kemudahan dalam mempromosikan produk atau brand karena media sosial menyertakan pilihan yaitu dengan social media organic & paid social media.

Saat ini media sosial tidak hanya untuk pribadi atau perorangan saja melainkan untuk berbisnis, lihat saja platform media sosial berlomba memberikan kemudahan bagi para pengusaha untuk berjualan menggunakan media sosial. 

Contoh yang paling dekat adalah Instagram dengan menghadirkan secara gamblang Instagram shopping.

Kelebihan Online Shop

Gratis

Sama halnya dengan marketplace media sosial juga memberikan kamu kelonggaran untuk berjualan pada media sosial karena gratis.

Barang Apa Saja

Tidak terbatas. Itu kata yang tepat. Produk apa saja bisa dipromosikan di media sosial. Kamu hanya perlu desain, foto produk yang ciamik dan tentunya pengelolaan media sosial yang profesional agar keuntungan bisa didapat. GoSocial sangat terbuka untuk bekerja sama dengan kamu.

Leluasa Dalam Promosi

Banyak fitur media sosial yang bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan produk kamu dan fitur-nya juga tidak membatasi. Jadi kamu bisa leluasa dalam melakukan promosi. Tidak lupa juga kamu bisa sebebas mungkin mengeluarkan ide promosi lho! SocioZen.

Kekurangan Online Shop

Kurang Dipercaya Oleh Pelanggan

Kita semua tahu tingkat kejahatan di dunia maya sangat tinggi, apalagi di media sosial. Membutuhkan waktu yang lama untuk menyakinkan pelanggan bahwa bisnis kamu terpercaya.

Harus Mengubah Akun Ke Bisnis

Mungkin dari kita orang awam untuk membuat akun media sosial pribadi itu sangat mudah tapi ketika untuk membuat akun bisnis tampaknya agak rumit butuh kemampuan atau keahlian agar tidak salah langkah, kamu bisa mengikuti berbagai pelatihan mengenai hal ini.

Kompetisi Yang Ketat

Hampir sama seperti marketplace, kompetisi di media sosial juga tidak kalah ketatnya karena itu tadi, selain gratis, mudah digunakan dan banyak produk yang sama kemudian juga kamu harus bersaing dengan toko lain yang memasang harga yang lebih rendah dan toko yang sudah profesional atau yang sudah mempunyai nama besar.

Apakah Bisnis Harus Menggunakan Keduanya?

Jawabannya adalah iya, mengapa demikian?

Secara sederhana, ketika kamu berjualan secara online kamu harus memiliki rasa kepercayaan kepada pelanggan dengan mempromosikan brand atau produk kamu lewat media sosial, kemudian kamu bisa mengarahkan pelanggan ke marketplace agar mereka mudah membeli produk kamu.

Terbilang rumit karena tidak mempunyai waktu untuk keduanya secara bersamaan? Tenang untuk online shop serahkan kepada GoSocial karena kami mempunyai jasa profesional unggulan yaitu Social Media Management, Social Media Engagement, Branding & Design.

Tunggu apalagi segera mulai langkah awal yang baik ini. Follow juga Instagram kami gosocial.id

Comments to: Marketplace dan Online Shop, Mengapa Saat Ini Bisnis Perlu Keduanya?

Your email address will not be published.

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.