fbpx

Blog | GoSocial

Marketing atau pemasaran adalah nahkoda dari sebuah bisnis untuk bisa terus maju. Akan tetapi strategi marketing dalam memenangkan pasar itu terus berkembang dan banyak pesaing baru.

Kita pun dituntut untuk lebih berpikir ekstra dalam menaikkan bisnis kita ke level atas agar bisa tetap bersaing. Salah satu strategi marketing untuk merebut hati pelanggan adalah dengan menggunakan tagline.

Tagline bukan hanya ikut ikutan seperti perusahaan besar yang telah sukses yang kita lihat.

Tagline merupakan mantra bisnis yang memberitahu orang-orang siapa kamu dan apa yang diperjuangkan dalam beberapa kata yang singkat. Tujuan dari tagline adalah menciptakan frasa atau kalimat pendek yang positif agar mudah diingat oleh pelanggan serta membantu mengidentifikasi dan menyampaikan pesan pemasaran bisnis kamu.

Tagline sebenarnya hampir mirip dengan logo namun tagline adalah sebuah kata/kalimat entah dibawah atau disamping logo yang bisa memperjelas pesan dari logo sebuah bisnis. Contohnya Nike dengan “Just Do It” atau Mc Donald dengan “ i’m Lovin It”

Tips membuat Tagline agar Bisnis Semakin Kuat.

unsplash.com

Buat Secara Singkat dan Jelas

Buat kata atau kalimat yang singkat dan jelas namun bisa menggambarkan semua keunggulan, manfaat dan tujuan dari bisnis kamu. Sisi psikologis manusia akan lupa kalau membaca tulisan yang panjang bahkan segera pergi ketika membingungkan.

Untuk itu bila identitas bisnis atau brand kamu ingin mudah diingat buatlah tagline yang singkat namun jelas pesannya. Kalimat singkat tapi sanggup masuk ke dalam hati hingga pikiran akan mudah diingat oleh pelanggan.

Ketahui Tujuan Bisnis

Mengetahui tujuan bisnis adalah cara untuk membuat sebuah tagline agar sanggup memikat pelanggan dan memberikan sebuah pesan secara singkat, misalnya bisnis kamu ingin masuk segala usia maka tagline kamu harus mencerminkan tujuan kemudahan yang dimengerti oleh semua usia sambil menjelaskan produk tersebut.

Pahami Siapa Target Pasar Bisnis Kamu

Sama halnya seperti mengetahui tujuan bisnis, kamu juga harus paham siapa target pasar bisnis kamu sebelum memasarkan produk.

Memahami target pasar memudahkan kamu dalam membuat tagline agar lebih segmented dan juga terarah serta memudahkan kedepannya dalam setiap membuat campaign. Contoh, parfum Axe yang mempunyai tagline “wanginya bikin bidadari lupa diri” itu sudah sangat jelas menggambarkan target pasarnya adalah untuk pria.

Sesuaikan Tagline dengan Kualitas Produk Kamu

Membuat tagline bukanlah harus berlebihan atau hiperbola. Jujurlah pada setiap kata atau kalimat yang akan ditaruh untuk tagline bisnis kamu, sesuaikan dengan produk serta kualitas produk kamu agar para pelanggan tidak merasa dibohongi.

Tonjolkan Manfaat dari Produk

Mendapatkan manfaat akan sebanding dengan keuntungan yang didapat oleh pelanggan. Pengalaman mereka menggunakan suatu produk berpengaruh dari manfaat yang didapat. Jadi tonjolkan manfaat pada produk kamu dan selipkan kata yang kreatif yang menggambarkan manfaat produk dari kamu kepada pelanggan ke dalam tagline.

Brainstorm dengan Tim

Coba kamu dengan tim luangkan waktu untuk menulis sebanyak banyaknya kalimat apa yang menggambarkan bisnis kamu dengan sederhana atau singkat. 

Dari situ kamu bisa melihat hal-hal apa yang akan diingat, juga oleh orang lain nantinya dan disini juga bisa mendapatkan solusi atau gambaran kata atau kalimat apa yang cocok dan mudah diingat oleh semua orang. Dengan begitu kekuatan brand akan semakin kuat, baik di luaran sana atau pun bagi tim untuk bisa terus semangat dalam membangun bisnis.

Gunakan Secara Konsisten

Setelah menemukan tagline yang tepat untuk bisnis kamu, maka langkah selanjutnya adalah konsisten menggunakannya. Sebar ke berbagai platform, semakin banyak mencantumkan tagline bisnis kamu maka semakin banyak orang akan mengenal dan akhirnya mudah mengingat bisnis atau brand kamu. 

Kamu bisa menaruhnya di media sosial, email, website dan lainnya. Jangan mengganti tagline sebelum mendapatkan atensi yang banyak dari pelanggan, pertahankan saja sampai mereka benar-benar tahu tagline bisnis kamu tanpa melihat logo.

Era digital tidak selalu identik dengan visual, tulisan pun sangat berpengaruh. Tagline adalah salah satu strategi marketing masa kini untuk menarik pelanggan agar mudah mengingat serta bisa memperkuat branding kamu di zaman modern ini, selain itu tagline juga bisa membantu bisnis kamu untuk menarik pelanggan baru. Karena dengan mereka mengetahui tagline kemudian penasaran dan akhirnya mampir ke situs web atau media sosial bisnis kamu.

Oh Iya setelah tagline sudah siap jangan lupa untuk mempromosikannya bersamaan produk kamu. Kami bisa membantu memperkuat branding bisnis kamu dengan mempromosikannya di media sosial karena kami mempunyai kemampuan dalam Social Media Management dan Social Media Engagement.

Informasi lengkapnya bisa kamu cek disini dan follow Instagram kami GoSocial.id

Comments to: Memperkuat Identitas Bisnis dengan Tagline, Begini Caranya

Your email address will not be published.

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.