Blog | GoSocial

Mungkin sebagian dari kita ketika memulai bisnis atau perusahaan langkah pertamanya adalah meluncurkan produk atau fokus pada produk, memang benar tidak ada yang salah. Namun langkah selanjutnya tidak lain tidak bukan adalah mempromosikan produk tersebut, dengan cara apa?

Nah di zaman sekarang ini kita dimudahkan dengan berbagai platform media sosial yang dengan mudahnya mempromosikan produk kita, tapi tidak hanya tentang promosi semata, target promosi adalah pelanggan membeli produk. 

Sebelum jauh berpikir pelanggan membeli produk kamu, ada tahapan yang kadang terlupa yaitu di tahapan promosi yang harus memerlukan kreativitas agar mampu bersaing dengan bisnis lainnya. Salah satunya mengenai desain untuk media sosial.

Media sosial itu tidak jauh dari content dan desain. Nah desain ini adalah yang paling utama dilihat oleh pelanggan apabila desain kamu membosankan atau biasa saja maka pelanggan akan pergi atau juga content kamu tidak selaras dengan desain, akhirnya membuat promosi kamu menjadi sia-sia.

Ini kenapa bisnis atau UMKM harus menggunakan desain profesional.

Beberapa Alasan Pentingnya Menggunakan Desain Profesional

unsplash.com

Warna Sangat Mempengaruhi Produk dan Pelanggan

Seperti manusia, bisnis juga seakan sama. Ketika melihat hal yang menarik dan berwarna cerah pasti kita senang melihatnya.

Media sosial adalah sebuah wajah pada saat ini di dalam bisnis, maka ketika warna desain kamu kurang menarik atau asal asalan pelanggan pun juga tidak tertarik dengan produk yang kamu tawarkan padahal produk kamu mempunyai kualitas yang bagus, sayang kan jadinya.

Kemudian menurut International Design School warna mempengaruhi emosi, energi dan juga dapat dijadikan komunikasi non verbal (tidak menggunakan kata kata).

Menurut 99designs.com bahwa manusia bisa merasakan beberapa perasaan hanya dengan melihat dari beberapa warna. Warna memberikan rasa semangat sampai tenang.

Buatlah rencana strategi pemasaran untuk bisnis kamu dari hal-hal yang mungkin dikira kecil padahal berefek besar ketika kamu tidak serius dalam menggarapnya.

Semakin Relevan Semakin Menarik

Warna desain yang sudah bagus rasanya mungkin agak kurang pas atau tidak ngena di hati pelanggan karena faktor dari content atau pengelolaan dari media sosialnya. Hal ini sebenarnya bisa kamu konsultasikan dengan desain profesional atau kamu bisa menggunakan jasa Branding & Design karena sebelum mendapatkan keuntungan, proses ini harus dilewati.

Jadi kamu bisa mencoba menggunakan warna desain yang sesuai dengan produk kamu, target pasar kamu, karakteristik pelanggan kamu dan lainnya yang semuanya bisa saling berkaitan dan tentunya tujuan utama bisa tercapai yaitu mendapat keuntungan.

Membangun Kepercayaan

Bagaimana pelanggan ingin percaya, wajah media sosial atau desain kamu saja mungkin terlihat kurang memuaskan atau mungkin juga kamu kurang konsisten dalam membuat content. 

Ditengah persaingan bisnis yang semakin ketat ketika satu bisnis rasanya kurang memuaskan banyak produk lainnya yang dengan mudah memberikan janji manis ke pelanggan dan itu bisa membuat produk atau bisnis kamu merugi, kehilangan pelanggan atau followers itu sangat merugi lho.

Coba kamu pikirkan dari sekarang untuk bisa bekerja sama dengan desain profesional. Media sosial atau desain kamu akan semakin kuat karena ada sentuhan profesional yang mampu menaikkan nama bisnis kamu lebih tinggi.

Mengenalkan Ciri Khas atau Identitas

Keunikan itu membuat pelanggan mudah ingat dan semakin mengenal produk atau brand kamu. Ciri khas atau identitas yang paling dilihat adalah warna. Mulai dari warna logo atau warna desain di media sosial. Apabila warna logo dan desain di media sosial berbeda, itu pasti akan membingungkan pelanggan.

Sudah saatnya untuk bisa menjadi yang unik, warna yang seragam serta konsistensi mengembangkan warna desain media sosial dengan content yang dibangun. Bukan tidak mungkin mereka akan makin mengenal brand kamu bahkan sangat terbuka untuk menarik pelanggan baru.

Menghemat Waktu

Mungkin kamu sudah mencoba desain dengan beberapa website desain yang gratis.

Tapi tunggu apakah target pasar kamu menyukainya? Apakah kamu merasa yakin mereka bisa menerima atau tiba tiba saja mereka memberikan komentar miring mengenai content dan desain di akun media sosial bisnis kamu.

Ini membingungkan dan memberatkan memang. Sebagai pebisnis memang kita harus paham siapa target pasar kemudian juga mengetahui apa keinginan pelanggan karena kita tahu bahwa pelanggan adalah raja yang memberikan keuntungan bagi kita.

Ha ini pun sebenarnya bisa dengan mudah diselesaikan oleh jasa atau agency profesional yang mempunyai keahlian dalam desain ataupun branding, mereka sudah paham dengan berbagai market karena telah mempunyai pengalaman. Jadi waktu dan energi kamu tidak terbuang banyak.

Pertanyaan selanjutnya adalah memang desain itu harus seperti apa sih? yang rumit? yang sederhana tapi cool atau yang bagaimana terutama untuk bisnis online. Semua pertanyaan itu bisa kami atasi karena GoSocial mempunyai jasa profesional yaitu Branding & Design yang mampu menjawab pertanyaan kamu itu dengan tepat.

Jangan sungkan untuk hubungi kami. Kamu bisa cek website kami disini dan follow Instagram kami GoSocial.id

Comments to: Mengapa UMKM Memerlukan Desain Profesional?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.