fbpx

Blog | GoSocial

Setiap bisnis pasti mempunyai tujuan yang sama yaitu mendapatkan keuntungan sebanyak banyaknya, namun setiap bisnis memiliki strategi marketing yang berbeda beda dan ada strategi yang mungkin masih asing di telinga namun nyatanya ampuh bahkan sudah diterapkan oleh brand besar, yaitu decoy effect.

Pengertian Decoy Effect

sumber : unsplash.com

Decoy effect adalah strategi marketing psikologi yang terjadi pada kebanyakan manusia, mereka mempertimbangkan dua buah opsi yang sesuai kebutuhan atau keperluan, namun pilihan tersebut bisa dipatahkan dengan adanya pilihan ketiga yang menggiurkan.

Sederhanya konsumen mengambil pilihan ketiga karena perbandingan harga yang tidak terlalu jauh namun mendapat keuntungan yang lebih banyak. Tapi secara tidak sadar konsumen harus mengeluarkan kocek yang cukup dalam.

Contoh, apakah kamu pernah melihat atau membeli kopi starbucks yang mempunyai pilihan ukuran tall, grande dan venti. Namun perbedaan yang lebih mencolok selain ukuran cup-nya adalah harganya yang tidak jauh atau selisih yang sangat sedikit.

Misalnya, cup ukuran tall memiliki harga Rp 35.000, grande Rp 50.000 dan venti Rp 55.000. Nah untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat pasti kamu sebagai konsumen memilih yang venti karena selain bisa menikmati lebih banyak juga harga yang tidak memiliki selisih yang jauh.

Padahal saat membeli sesuatu, konsumen harus menyesuaikan dengan uang yang dimilikinya. Disisi lain ini adalah trik dalam mendapatkan keuntungan yang cepat karena bisa mempengaruhi keputusan pelanggan dalam membeli.

Cara Kerja Decoy Effect

Decoy effect tidak hanya dipengaruhi perbedaan ukuran suatu produk dan selisih harga melainkan tambahan rayuan maut dari penjual untuk membeli produknya.

Misalnya;

Saat kamu datang ke bioskop pasti kamu gengsi dong tidak membeli popcorn pasti hambar rasanya ketika kamu menonton, hal tersebut bisa dimanfaatkan oleh penjual popcorn dengan memberikan pilihan popcorn yang berukuran small, medium dan large.

Ukuran small mempunyai harga Rp 20.000

Medium : Rp 35.000

Dan Large : Rp 40.000

Nah saat kamu ingin membeli ada keinginan untuk tetap hemat dan kamu memilih yang berukuran small toh juga rasanya sama, tapi saat ada bujuk rayu dari penjual yang datang kepada kamu, dan berkata;

Enggak mau beli yang large aja kak, harganya cuma beda Rp 5.000 lho dari yang medium, lebih banyak kak dan saat menonton pun jadinya nggak bakalan bosen. Lebih hemat dan bisa lebih senang kak nontonnya.

Konsumen akan mempertimbangkannya antara iya atau tidak, kalau iya artinya konsumen terpincut untuk membeli yang large dan decoy effect pun berhasil.

Opsi ketiga sangat menguntungkan dan memberi value yang lebih serta berefek pada peningkatan penjualan.

Contoh Penggunaan Decoy Effect Pada Bisnis

Prinsip konsumen pasti ingin membeli sesuatu yang sebisa mungkin semurah murahnya namun mendapatkan manfaat yang sebesar besarnya, hal tersebut bisa kamu maksimalkan dengan menggunakan decoy effect atau dengan menggunakan opsi ketiga yang mempunyai harga yang tidak jauh namun bisa memberikan keuntungan yang berlebih, baik untuk konsumen maupun penjual.

Kamu bisa menerapkan strategi decoy effect seperti contoh dibawah ini.

Ukuran Cup

Untuk yang mempunyai bisnis makanan atau minuman kamu bisa menggunakan strategi marketing decoy effect.

Kamu memberikan pilihan kepada konsumen dengan adanya cup atau kotak kecil, sedang dan juga besar.

harga ukuran kecil sebesar : Rp 20.000

Sedang : Rp 30.000

Besar : Rp 35.000

Bila kamu menyediakan tiga pilihan tersebut selangkah lagi kamu bisa mendapatkan keuntungan, karena apa?

Ukuran besar itu bisa memperoleh keperluan atau kebutuhan yang lebih banyak dan tentunya dengan harga yang tidak mahal, jadi pasti konsumen membeli pada opsi ketiga.

Paket Berlangganan

Pada paket berlangganan kita bisa ambil contoh berlangganan pada OTT atau layanan streaming online.

Dengan pilihan;

Paket A : hanya bisa menonton di smartphone, harga Rp 45.000

Paket B : bisa menonton pada smartphone, tablet, harga Rp 55.000

Paket C : bisa menonton, pada smartphone, laptop, tablet, Smart Tv, harga Rp 60.000

Bukan tidak mungkin konsumen akan memilih paket C karena keuntungannya banyak dan harganya tidak terlalu mahal, hampir sama atau tidak jauh beda.

Bisnis Fashion Atau Clothing

Untuk bisnis fashion sendiri kamu bisa mencobanya dengan memberikan pilihan seperti contoh dibawah ini.

Pilihan 1 : beli 1 t-shirt, Rp 35.000

Pilihan 2 : beli 2 t-shirt, Rp 50.000 (hanya bisa memilih satu warna)

Pilihan 3 : beli 3 t-shirt, Rp 55.000 (bisa memilih berbagai macam warna yang ada dan desain)

Pada pilihan ketiga begitu menggiurkan, bukan!

Walau nyatanya t-shirt-nya semuanya berbahan yang sama, hanya yang membedakan warna dan desain. Jadi sudah dipastikan konsumen memilih pilihan yang ke 3.

Bisnis bukan hanya tentang bagaimana mendapatkan keuntungan tapi kalau menurut Gogo kalimat yang paling pas adalah bagaimana bisa mengejar atau menarik keuntungan dengan berbagai macam strategi, salah satunya menggunakan strategi marketing, decoy effect.

Tidak ada salahnya untuk mencoba. Apabila kamu berhasil menerapkannya, lanjutkan dan selamat menjadi pengusaha yang sukses.

Namun ada hal lain yang tadi sedikit terlewat yaitu tetap mengutamakan promosi, bagaimana decoy effect bisa berjalan kalau tidak mempromosikannya. Promosi yang ampuh pada saat ini adalah lewat media sosial.

Kamu bisa bekerja sama dengan GoSocial dalam mempromosikan produk atau brand kamu, karena kami mempunyai jasa profesional pada Social Media Management, Social Media Engagement, Branding & Design dan masih ada yang lainnya.

Informasi lebih lanjut bisa Follow kami di Instagram, gosocial.id

Comments to: Mengenal Decoy Effect Yang Mampu Menaikkan Penjualan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.