fbpx

Blog | GoSocial

Hai Sociozen, apakah kamu tahu apa itu Cryptocurrency? Atau bisa juga disebut dengan uang kripto. Cryptocurrency adalah uang digital yang sekarang banyak menjadi pusat perhatian dunia dan mulai dikenal banyak masyarakat.

Meskipun sempat menuai banyak pro dan kontra, namun sekarang cryptocurrency pun semakin banyak yang menggunakannya untuk berinvestasi. Lalu sebenarnya apa itu cryptocurrency? Bagaimana manfaatnya ya? Yuk simak penjelasannya dari Gogo.

Cryptocurrency Itu Apa?

Sumber: Unsplash.com

Cryptocurrency adalah sebuah mata  uang yang bersifat digital atau virtual dan dijamin oleh cryptography, seperti yang dikutip oleh Investopedia. Peran dari cryptohraphy membuat mata uang digital ini pun  tidak mungkin dipalsukan.

BitDegree juga menjelaskan tentang karakteristik dari Cryptocurrency sebagai berikut:

  1. Digital: Cryptocurrency hanya berlaku di digital atau komputer saja.  Cryptocurrency tidak hadir dalam bentuk fisik seperti uang sehari-hari.
  2. Peer to peer: Cryptocurrency bisa digunakan untuk melakukan transaksi secara online dari orang satu ke orang lainnya.
  3. Global: Nilai Cryptocurrency adalah sama di setiap negara. Jadi, cryptocurrency bebas digunakan tanpa pengaruh oleh perubahan kurs.
  4. Terenkripsi: Cryptocurrency memiliki kode sendiri untuk setiap penggunanya. Tidak ada nama asli yang muncul di saat melakukan transaksi. Pengguna juga tidak bisa melihat siapa yang melakukan transaksi.
  5. Terdesentralisasi: Jika transaksi pada umumnya juga melibatkan pihak lain seperti bank, namun di dalam cryptocurrency tidak ada pihak seperti itu. Dalam dunia cryptocurrency mereka bertanggung jawab dengan uangnya  sendiri.
  6. Truthless: Dalam penggunaannya, kamu tidak perlu percaya kepada siapa pun dalam sistem.

Apa Saja Kegunaan Cryptocurrency?

Sumber: Unsplash.com

Cryptocurrency juga mempunyai fungsinya sebagai berikut:

  1. Membeli Barang dan Jasa

Saat ini sudah banyak toko yang menggunakan cryptocurrency sebagai alat pembayaran. Contohnya saja dua perusahaan ternama seperti Overstock dan Newegg.

Selain itu cryptocurrency juga sudah mulai digunakan di restoran, penerbangan, aplikasi, hotel, juga bar. Bahkan ada pula perguruan tinggi yang menggunakannnya.

  1. Investasi

Semakin lama harga cryptocurrency semakin meningkat dan populer. Maka dari itu banyak pula yang berinvestasi melalui cryptocurrency. Semakin banyak yang melakukan investasi, semakin naik pula harga cryptocurrency.

  1. Mining

Mining atau bisa disebut  pertambangan adalah hal yang penting dalam cryptocurrency. Pada intinya kegiatan mining adalah memecahkan sebuah teka-teki cryptography yang rumit. Lalu mengonfrimasi transaksi dan mencatatnya dalam blockchain.

Jika kamu berhasil memecahkan teka-teki tersebut, kamu pun dapat menerima hadiah sebagai biaya transaksi.

Jenis-Jenis Cryptocurrency

Berikut ini adalah jenis-jenis cryptocurrency yang paling populer di pasaran:

  1. Bitcoin 

Bitcoin merupakan salah satu jenis cryptocurrency yang populer dan paling banyak diperdagangkan. Semenjak kemunculannya, bitcoin pun sudah ditargetkan untuk masuk pada skala perdagangan global.

  1. Litecoin

Litecoin juga mempunyai likuiditas yang tinggi. Litecoin sudah beredar sekitar 84 juta atau lebih di pasaran. Keunggulan Litecoin sendiri ada pada proses penambahan yang singkat, hanya dua menit saja dibandingkan kripto yang lain. Litecoin juga menjadi andalan para investor.

  1. Ethereum

Kripto Ethereum tergolong kripto yang mudah dicairkan dibandingkan yang lain. Ethereum juga  sudah banyak diperdagangkan. Ethereum sendiri merupakan mata uang digital yang menggunakan konsep smart contract yang memungkinkan juga untuk developer merilis aplikasi di smartphone.

  1. Binance Coin

Binance merupakan jenis kripto yang menguasai market cap sebesar empat persen. Pertumbuhan harganya bahkan mengalahkan Bitcoin dan Ethereum. Satu koinnya dapat bernilai sekitar Rp 9,1 jutaan. Dan nominal tersebut pun dapat meningkat.

  1. Cardano

Kripto jenis Cardano termasuk blockchain pertama dunia yang sistemnya  lebih efisien. Cardano pun sempat menempati urutan ke tujuh di pasaran pada saat Mei 2021.

Begitulah sekilas informasi mengenai cryptocurrency, uang digital masa depan yang sekarang semakin populer. Kamu berencana untuk membelinya?

Comments to: Mengenal Lebih dalam Cryptocurrency, Mata Uang Digital Masa Depan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.