Blog | GoSocial

 

Media sosial sekarang bukan hanya sebagai ajang dokumentasi seseorang secara pribadi. Tapi media sosial juga sebagai platform bisnis yang sangat membantu menjangkau audiens untuk dijadikan konsumen.

Bagaimana tidak? Media sosial sekarang sudah menjadi bagian kehidupan, pemasaran pun berubah menjadi digital marketing

Sudahkah kamu mempunyai akun media sosial untuk bisnismu? Jika sudah, pastinya aktifitas bisnismu juga dilengkapi dengan mengunduh berbagai konten kan? Nah, buat kamu yang sempat bingung karena kehabisan ide. Tulisan ini akan sangat membantu untuk menemukan ide konten media sosial dalam bisnismu.

Apa saja ya? Yuk mari simak bersama.

User Generated Content

Sumber: Unsplash.com

Ide konten media sosial pertama yang bisa dibuat adalah User Generated Content (UGC) atau Konten dari Pelanggan. Konten dari pelanggan dapat melengkapi postingan media sosialmu yang sekaligus menjadi cara untuk dekat dengan audiens.

Bagaimana bentuk kontennya? Seperti namanya, konten ini menampilkan foto ataupun video dari pelanggan yang memakai produkmu. Kamu akan memposting konten tersebut dengan menyebutkan sumber siapa pelanggan tersebut. Hal ini akan membuat audiens merasa diperhatikan dan menimbulkan kepercayaan yang lebih dari followermu.

Podcast

Sumber: Unsplash.com

Podcast, konten ini sebenarnya sudah lama hadir. Namun podcast akhir-akhir ini semakin terkenal lantaran orang-orang mulai senang mendengarkan berbagai konten audio yang bisa didengarkan sambil beraktifitas apapun. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk mengundang banyak audiens dengan memberikan cuplikan podcast di media sosialmu, lalu kamu arahkan ke link podcast originalmu.

Jika kamu belum pernah membuat ide konten seperti ini, kamu bisa memulainya dengan mengenali apa yang kira-kira audiens butuhkan dari informasi di podcastmu.

Tips dan Trik

Sumber: Unsplash.com

Tips dan trik, ide konten ini sudah banyak bertebaran di media sosial. Meskipun begitu konten ini tidak bisa kamu lupakan, karena membuat tips dan trik sederhana masih ampuh mengundang banyak audiens. Manfaatnya pun akan membantu audiens mendapatkan informasi dan juga semakin membuat brand awareness dari bisnismu terlihat mempunyai value yang lebih.

Tutorial

Sumber: Unsplash.com

Tutorial menjadi ide konten selanjutnya yang banyak dicari orang. Konten ini bisa kamu isi dengan menjelaskan cara melakukan sesuatu atau menggunakan produk yang ada dalam bisnismu. Hal ini pun semakin menumbuhkan kedekatanmu dengan audiens, tanpa harus mencari informasi di tempat yang lain.

Pengumuman

Sumber: Unplash.com

Pengumuman pun bisa loh dijadikan ide konten buat bisnismu. Kamu bisa menampilkan berbagai informasi dari kegiatan bisnis, promo produk seperti give away, dan lainnya. Pastikan media sosialmu lengkap dengan berbagai informasi yang akan mengundang ketertarikan audiens

Hal Terbaru dari Produk

Sumber: Unsplash.com

Nah selain membuat pengumuman tentang kegiatan, tak kalah penting untuk dijadikan ide konten adalah hal terbaru dari produkmu. Pastikan informasi juga tertampilkan lengkap dalam postinganmu. Karena inilah gunanya media sosial. Audiens pun tak perlu ribet untuk mencari tahu di platform yang lain. 

Contohnya dalam bisnis kuliner, apakah ada rasa dan varian terbaru? Ketika kamu berada di bidang jasa, apakah ada pelayanan terbaru? 

Q&A

Sumber: Unplash.com

Question and Answer, meskipun hanya tanya jawab. Ide konten ini seperti tak boleh kamu sepelekan. Karena dengan Q&A kamu pun bisa lebih berinteraksi dengan audiensmu. Konten seperti ini pun bisa menjadi pelengkap dengan ide lainnya yang menunjukkan akunmu tetap aktif. Q&A ini tak melulu pula tentang pertanyaan, kamu pun bisa melakukan polling, reaction, dan berbagai fitur media sosial yang bisa kamu gunakan. 

Testimonial Klien

Sumber: Unplash.com

Testimonial klien, ide konten jenis ini adalah cara unjuk gigi memperlihatkan kualitas produkmu. Kamu bisa bekerja sama dengan klienmu yang sudah sukses dengan jasa ataupun produk buatanmu. 

Live Streaming

Sumber: Unsplash.com

Live streaming menjadi ide konten selanjutnya yang perlu kamu coba. Memanfaatkan fitur livestreaming di media sosial akan menunjukkan bisnismu aktif. Live streaming bisa diisi dengan live streaming event, launching produk, flashsale dan berbagai aktifitas yang berhubungan dengan produk.

Konten Sesuai Tren

Sumber: Unsplash.com

Sekarang zamannya konten banyak dengan bentuk video seperti Instagram di Reels, TikTok. Facebook pun semakin banyak fitur dalam storynya. Tak kalan tren, twitter dengan live audionya. Serta masih banyak lagi fitur yang disediakan oleh berbagai platform media sosial.

Konten seperti ini pun bermanfaat untuk menghibur audiens agar akunmu pun bisa lebih menyentuh audiens, dan terhindar dari kata boring.

Semua itu bisa kamu gunakan sebagai ide konten yang mengikuti tren saat ini. Itu hanya dari segi fitur, belum lagi ide-ide tren yang banyak digunakan seperti video challenge, parodi, cover lagu, dan lainnya. Tapi pastikan tren yang digunakan juga cocok ya dengan bisnismu.

Begitulah 10 ide konten media sosial yang bisa dijadikan konten dalam akun media sosialmu. Tak perlu bingung, asalkan kamu ada konsep yang jelas, bermanfaat, dan tidak merugikan perusahaan. Konten kreatif tersebut jika dibuat dengan konsisten pastinya akan membuat engagement rate media sosialmu meningkat.

 

Comments to: Nggak Perlu Bingung, Berikut 10 Ide Konten Media Sosial untuk Bisnismu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.