fbpx

Blog | GoSocial

Influencer adalah kalangan user media sosial dengan ribuan bahkan jutaan pengikut di media sosialnya. Mereka bisa saja seorang selebgram, youtuber, blogger, artis, dan public figure yang mempunyai pengaruh besar. 

Dengan ketenarannya, pengaruh influencer dapat menciptakan sebuah trend setter. Karena hal ini pula banyak para pebisnis yang menggandeng berbagai influencer untuk bekerja sama mempromosikan produknya agar semakin dikenal luas.  Meningkatkan pula brand awareness sebuah brand, dan juga penjualan sesuai target pasar yang telah ditentukan sebuah perusahaan. Kita bisa menyebut kegiatan ini dengan sebutan influencer marketing.

Macam-Macam Influencer

Sumber: Freepik.com

Bicara influencer tidak hanya sebatas orang terkenal dengan jumlah follower yang banyak. Ada berbagai macam jenis influencer yang bisa kamu sesuaikan dengan brand dan bisnismu. Apa saja ya?

  1. Influencer Mikro

Influencer mikro adalah sebutan bagi influencer yang memiliki follower antara 1000 hingga 100.000. Dari angka tersebut pemikiran bahwa influencer mikro kurang efektif tidaklah benar. Sebuah studi mendatakan bahwa kemungkinan 82% customer membeli sebuah produk adalah dari pengaruh influencer mikro.

Kekuatan Influencer mikro yang mempunyai kedekatan dengan para followernya juga mempunyai audience yang lebih spesifik. 

  1. Influencer Makro

Mereka yang disebut influencer makro adalah yang mempunyai follower lebih dari 100 ribu. Influencer makro berpotensial untuk memperkenalkan produk dengan jangkauan yang lebih luas. Brandmu pun terlihat lebih ekslusif karena influencer makro merupakan sosok yang dikenal luas walaupun belum setenar selebriti.

  1. Influencer Premium

Influencer premium memiliki follower mencapai jutaan, biasanya inluencer dalam kategori ini banyak ditempati oleh artis. Persentase pembelian dari influencer ini memang tidak sebanyak jenis influencer yang lain, tetapi pengaruh influencer premium mempunyai jangkauan pesan yang sangat luas.

Bagaimana Memilih Seorang Influencer?

Memilih seorang influencer tidak boleh asal pilih berdasarkan follower, tapi kita harus mempertimbangkan apakah influencer tersebut cocok dengan bisnis kita. Bagaimana pengaruh influencer, tergantung pula dengani siapa kita memilih seorang influencer. Berikut adalah beberapa poin yang perlu dipertimbangkan dalam memilih influencer:

  1. Sesuaikan dengan Budget

Pertimbangkan budget yang kamu miliki, apakah budget tersebut masuk dalam kategori influencer berjenis apa. Jika budget yang dimiliki tidak terlalu banyak, pemilihan influencer mikro bisa menjadi solusi.

  1. Sesuaikan dengan Target Bisnis

Langkah selanjutnya adalah sesuaikan influencer yang cocok dengan target bisnis kamu. Hal ini agar konsumen yang dijangkau tepat sasaran. Contohnya saja produkmu bertema fashion, carilah influencer yang cocok dengan karakter fashionmu. Begitu pula jika produk untuk anak, carilah influencer yang banyak memposting tentang parenting, dan lain sebagainya.

  1. Skala Promosi Produk

Sesuaikan influencer pula dengan jangkauan atau skala promosi produkmu. Jika memang target jangkauanmu ingin luas, jangan ragu untuk memilih influencer makro atau premium. Tetapi balik lagi sesuaikan dengan budget yang kamu miliki.

  1. Reputasi yang Baik

Memilih influencer juga harus mempertimbangkan terkait reputasi yang dimilikinya. Pahami bagaimana personal branding influencer dan mereka yang terhindar pula dari masalah hukum, kriminal, dan lainnya.

Jika influencer memiliki reputasi yang terjaga, hal ini akan mendukung pula branding produkmu.

  1. Engagement yang Tinggi

Engangement (keterikatan) seorang influencer dengan followernya juga berpengaruh dengan bagaimana produkmu dijangkau. Jika seorang influencer mikro mempunyai kedekatan yang tinggi dengan followernya, hal ini lebih menguntungkan daripada follower yang lebih banyak tetapi engagementnya rendah.

  1. Intensitas Posting Konten

Perhatikan bagaimana aktiftas seorang influencer dalam postingannya. Jika mereka sangat sering memposting konten dalam sehari akan berpengaruh pada promo produkmu yang harus di scroll ke bawah oleh audience atau cepat tertumpuk. Begitu pula yang jarang memposting, bisa jadi engangement follower influencer tersebut menurun.

  1. Perjanjian Kerjasama

Siapkan perjanjian kerjasama yang jelas untuk memenuhi hak kewajiban influencer dan bisnismu sendiri. Hal ini harus dilakukan untuk menghindari kesalahpahaman yang bisa saja menyangkut masalah hukum. Kamu pun juga bisa menyiapkan brief atau panduan singkat kepada influencer agar memudahkan mereka membuat konten sesuai dengan tujuan promosi bisnismu.

Pengaruh Influencer untuk Bisnismu di Media Sosial

Berikut ini adalah pengaruh influencer untuk bisnismu di media sosial:

  1. Produk Dikenal Luas

Tujuan dari adanya kerjasama dengan influencer adalah tak lain mengenalkan produk. Dengan jumlah follower yang banyak, promo produk yang dilakukan influencer akan lebih menjangkau banyak pengguna media sosial dan memperluas jangkauan pasarmu.

  1. Meningkatkan Kepercayaan

Pengaruh influencer yang memiliki audience banyak akan memberikan kepercayaan kepada konsumen lebih cepat daripada secara konvensional. Jika bekerja sama dengan influencer, reputasi brandmu akan terlihat lebih menjanjikan. 

Dalam sebuah persentase, 85% wanita membeli sebuah produk setelah melihat sebuah postingan dari influencer.

  1. Menaikkan penjualan

Ketika produkmu semakin dikenal banyak orang, penjualanmu pun bisa meningkat karena pengaruh influencer. Contohnya saja pada clothing brand asal bandung bernama NOMI. Hartiman sebagai owner mengatakan bahwa penjualannya sukses meningkat setelah bekerja sama dengan influencer asal Indonesia dan Jepang. Bahkan membuka gerainya hingga ke Jepang pula.  

  1. Menjangkau Konsumen Lebih Luas

Media sosial dengan berjuta-juta penggunanya tentunya akan menambah jangkauan konsumenmu lebih luas, terlebih lagi jika memanfaatkan influencer yang mempunyai pengaruh besar. 

Contohnya saja yang terjadi pada brand Paco Rabbane Parfums yang bekerja sama dengan Chez Rust, yang merupakan model pria. Setelah produk brand tersebut dipromosikan di instagram, follower instagram Paco Rabbane Parfums pun meningkat mencapai 42,786%.

  1. Balik Modal

Melibatkan influencer dalam promosi bisnismu mempunyai kemungkinan untuk balik modal dengan jangkauan konsumennya yang sudah meningkat. Sebuah studi pun menghasilkan data bahwa pengaruh influencer dapat menghasilan ROI (Return of Investment)  11 kali lebih besar daripada iklan banner.

  1. Menciptakan Word of Mouth

Word of Mouth atau pesan dari mulut ke mulut akan tercipta untuk brand kamu melalui influencer. Pesan dari postingan promo yang dilakukan influencer akan lebih mudah menyebar ke seluruh pengikut mereka. 

Faktanya, kurang lebih 83% konsumen akan mempercayai rekomendasi produk dari orang yang dikenal mereka. Angka tersebut melebihi iklan yang ada di TV yang mencapai 63%. 

Begitulah manfaat dan perubahan jika sebuah brand dipromosikan oleh seorang influencer. Pengaruh influencer ini bisa kamu rasakan jika kamu memilih influencer yang tepat pula untuk bisnismu. Jadi tidak ada salahnya pula jika kamu bekerja sama dan bisnismu dikenalkan oleh seorang influencer. Bukankah banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan?

Comments to: Pengaruh Influencer buat Bisnismu di Media Sosial, Ini Perubahannya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.