Blog | GoSocial

Hai SocioZen !

Brand awareness menjadi salah satu kunci keberlanjutan dari sebuah bisnis 

Sayangnya, banyak pebisnis yang belum menyadari pentingnya brand awareness. Jika kamu tidak memperhatikan brand awareness, bisa jadi penyebab bisnismu tidak bertahan lama. 

Google, Gojek, Tokopedia, Shopee, McD dan banyak contoh bisnis lainnya yang berhasil tumbuh secara berkelanjutan salah satunya karena membangun brand awareness dengan memperhatikan penamaan, logo, perpaduan warna hingga tagline bisnis. 

Tidak hanya bisnis berskala besar, banyak bisnis yang awalnya berbasis UMKM bisa tumbuh & berkelanjutan karena memperhatikan pentingnya brand awareness. Bisnis-bisnis yang berawal dari UMKM tersebut seperti Pentol Gila, Puyo dan Boboko Snack.

Nah, lalu gimana sih cara agar bisa menciptakan brand awareness bagi bisnismu ?

Dalam artikel ini kita akan mengupas hulu hilir dari brand awareness, yuk simak !

Apa Itu Brand Awareness ?

Pexels

Brand awareness merupakan suatu rasa familiar pelanggan akan merek dari bisnismu. Rasa familiar ini bisa membuat merek bisnismu mudah diingat oleh pelanggan. Beragam bentuk brand awareness yang bisa familiar bagi pelanggan seperti nama merek, logo, warna merek hingga tagline dari bisnismu. 

Bagi pebisnis, brand awareness menjadi aset utama karena bisa mendorong bisnis tumbuh secara berkelanjutan. Sehingga dalam hal ini, kamu perlu untuk memperhatikan pertumbuhan dari brand awareness bisnismu. 

Apa Sih Pentingnya Brand Awareness ?

1. Bisnismu bisa mudah diingat pelanggan

Brand awareness bisa membuat merek bisnismu diingat secara langsung oleh pelanggan. Hal ini bisa terbentuk bilamana brand awareness yang kamu bentuk bisa tepat, baik dari segi nama, logo, warna hingga tagline bisnis. Selain itu kamu juga perlu membentuk strategi agar brand bisnismu bisa semakin meningkatkan.

2. Bisa meningkatkan engagement pelanggan

Brand awareness juga bisa meningkatkan keterikatan dengan pelanggan, karena semakin percaya pelanggan dengan merekmu maka semakin besar keputusan untuk membeli produkmu. Oleh karena itu meningkatkan intensitas strategi branding product sangat diperlukan.

3. Mendorong loyalitas dari pelanggan

Memiliki brand awareness yang baik, selain bisa menarik konsumen juga bisa meningkatkan kesetiaan dari pelanggan bisnismu. Karena merek yang memiliki kesan baik akan menimbulkan keputusan pembelian yang cepat dari pelanggan. Jadi pelanggan akan lebih mengutamakan untuk membeli produk mu.

4. Memudahkan bisnismu dalam menggaet pelanggan baru

Selain mendapatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan, dengan memiliki brand awareness yang baik maka bisa dengan mudah menarik pelanggan baru. Contoh kecilnya, pelanggan setiamu merekomendasikan produkmu kepada orang sekitarnya. 

Bagaimana Meningkatkan Brand Awareness ?

Pexels

1. Survei ketepatan elemen brand

Seringkali banyak pebisnis yang tidak memahami terkait pentingnya brand awareness, sehingga ketika bisnisnya sudah jalan banyak yang tidak bisa berkembang. Jika merasa bisnismu sulit tumbuh, salah satu cara yang bisa kamu lakukan dengan mulai perhatian dengan brand awareness. Kamu bisa melakukan survei terkait elemen dari brand bisnismu, mulai dari nama, logo, warna hingga tagline

2. Kolaborasi

Pesatnya perkembangan dunia bisnis, membuat para pebisnis berlomba dalam menggunakan strategi yang tepat. Dan untuk sekarang, kompetitif usaha tidak lagi dilakukan dengan persaingan melainkan dengan kolaborasi. Dengan melakukan kerjasama, maka bisa meningkatkan brand awareness bisnismu karena akan menambah nilai dan bisa menjangkau konsumen yang lebih luas dari pelanggan kolaborator. 

3. Konsisten membuat konten menarik

Konten menjadi salah satu media yang ampuh dalam meningkatkan nilai dari bisnismu. Namun seringkali banyak yang tidak memperhatikan ini. Dengan memberikan konten yang menarik secara konsisten, maka bisa mensugesti dan mendapatkan perhatian dari pelanggan sehingga bisa meningkatkan brand awareness bisnismu.

4. Review Pelanggan

Menunjukkan review bahwa produk kamu memiliki kualitas baik bisa mendorong kepercayaan dan perhatian dari pelanggan, sehingga produkmu akan memiliki brand awareness yang tinggi. Dengan adanya kepercayaan pelanggan, kamu akan lebih mudah menggaet sugestinya sehingga produk mu lebih potensial untuk mendapatkan konsumen yang lebih banyak.

5. Promosi dengan influencer

Promosi menggunakan influencer bisa sangat potensial untuk meningkatkan brand awareness jika kamu bisa memilih influencer yang tepat. Hal ini karena, influencer bisa mempengaruhi audience sehingga bisa meningkatkan brand awareness bisnismu.

6. Meningkatkan PPC (pay per click)

Promosi menggunakan media iklan berbayar juga berpotensi untuk meningkatkan brand awareness bisnismu. Karena selain bisa menjangkau pelanggan baru, juga bisa menambah nilai dari merek bisnismu. 

7. Membuat event

Meningkatkan brand awareness juga bisa kamu lakukan dengan mengadakan event yang masih berkaitan dengan produk bisnismu. Dengan mengadakan event, kamu bisa membangun hubungan dengan pelanggan sehingga bisa meningkatkan nilai bisnismu. 

Melalui brand awareness, bisa menjadi salah satu kunci agar bisnismu bisa berjalan secara berkelanjutan. 

Beragam cara bisa kamu terapkan, karena meningkatkan brand awareness bukan hanya persoalan memasang baliho di jalan-jalan. Banyak strategi yang lebih praktis dengan memperhatikan customer centric

Kamu juga bisa meningkatkan brand awareness dengan menggunakan berbagai layanan dari GoSocial loh ! Selamat mencoba~

Comments to: Pentingnya Brand Awareness Bagi UMKM

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.