Blog | GoSocial

Dunia menulis sekarang banyak jenisnya. Bukan hanya lagi terbatas dengan menulis buku. Tapi semakin berkembang dan dijadikan profesi, terlebih juga dibutuhkan dalam dunia bisnis. Contohnya profesi seorang copywriter dan content writer. Kedua profesi ini pun banyak dicari perusahaan untuk menyukseskan bisnisnya.

Seperti apa ya peranan copywriter dan content writer dalam sebuah tim bisnis? Yuk mari kita simak.

Apa Perbedaan Copywriter dan Content Writer?

Sumber: Unsplash.com

Seringkali orang keliru dan tidak paham antara copywriter dan content writer. Meskipun sama-sama menulis, kedua profesi ini memiliki fokus yang berbeda, loh.

Copywriter

Copywriter adalah seseorang yang menulis konten atau artikel untuk kebutuhan komersil. Seperti iklan sebuah produk atau jasa dan juga branding produk.

Secara sederhananya, copywriter adalah orang yang menulis untuk marketing dan iklan.

Hasil tulisan dari copywriter biasanya muncul di website sebuah perusahaan, media sosial, hingga iklan.

Content Writer

Content writer adalah seseorang yang menulis konten unuk website sebuah perusahaan atau klien. Jika copywriter bertujuan untuk komersil, content writer bertugas membuat berbagai konten yang relevan dengan perusahaan, konten tersebut bertujuan dapat meningkatkan traffic website. Agar website muncul dengan mudah di halaman pencari serta menjadi urutan pertama di search engine.

Menjadi content writer akan berhubungan dengan penggunaan keyword dan SEO. Divisi yang biasa ditempati content writer adalah divisi pemasaran atau corporate. Content writer pun bisa menempati bagian editorial jika perusahaan memiliki produk majalah atau buletin.

Dari perbedaan ini terlihat jelas bahwa copywriter dan content writer berbeda bukan? Copywriter lebih fokus dengan komersil sedangkan content writer lebih fokus untuk membuat produk bisa mudah dicari dalam search engine.

Apa Tugas Copywriter dan Content Writer?

Sumber: Freepik.com

Tugas Copywriter

Tugas dari copywriter adalah membut naskah yang mengandung unsur ajakan atau persuasif agar masyarakat atau audiens tertarik dengan produk atau jasa sebuah perusahaan. Copywriter banyak bekerja di perusahaan advertising untuk mengonsep dan mengampanyekan iklan.

Kamu bisa meiihat karya dari copywriter di berbagai platform seperti website perusahaan, televisi, iklan, radio, billboard dan media sosial.

Bagaimana skill yang dibutuhkan seorang copywriter?

Menjadi seorang copywriter jelas harus bisa menulis dan memahami pemasaran. Copywriter harus bisa kreatif membuat tulisan singkat yang memikat audiens. Lalu paham target pasar yang akan dijadikan acuan konten yang ia buat. Tak lupa seorang copywriter juga harus mempunyai pengetahuan yang luas.

Tugas Content Writer

Tugas dari seorang content writer adalah menulis artikel di sebuah website secara  rutin. Website sebuah perusahaan atau klien tersebut akan mempunyai berbagai ide konten tulisan artikel dari seorang content writer. Namun bukan hanya sekadar menulis, content writer bertanggung jawab untuk memuat artikel dengan keyword yang sudah diriset agar website perusahaan tersebut  berada di halaman pertama search engine.

Selain website, content writer juga mengelola konten di media sosial sebuah perusahaan. Ia akan bekerja sama dengan designer grafis ataupun social media specialist untuk urusan ini.

Bagaimana skill yang dibutuhkan seorang content writer?

Content writer harus mampu melakukan riset topik dan mengikuti topik apa yang sedang tren yang relevan dengan perusahaan. Penting sekali dan bahkan menjadi syarat utama untuk content writer paham tentang penulisan SEO yang dapat meningkatkan kualitas website perusahaan.

Berbeda dengan copywriter yang menulis tulisan singkat, content writer akan menyajikan tulisan artikel yang tentunya lebih panjang. Oleh karena itu content writer pun harus bisa menyampaikan tulisan yang menarik dan tidak bosan untuk dibaca. Tulisan tersebut bersifat informatif dan dapat dipertanggung jawabkan isinya. 

Pentingnya Copywriter dan Content Writer dalam Tim Bisnis

Sumber: Freepik.com

Adanya seorang copywriter dan content writer dalam sebuah tim bisnis akan memberikan pengaruh lebih bagi perkembangan bisnismu, diantaranya:

Mengikuti Perkembangan Digital

Perkembangan digital sekarang begitu pusat. Bisnis pun lebih banyak beralih ke online. Copywriter dan Content Writer adalah seseorang yang akan mengisi penyampaian bisnismu secara online dengan ide dan tulisan yang bisa dinikmati kapan saja secara online.

Bagian dari Strategi Marketing yang Menarik

Inti dari kegiatan copywriting dan content writing adalah membuat konten pemasaran, namun disajikan secara menarik yang tidak membuat audiensmu bosan dengan hanya postingan-postingan promosi. Tapi ada informasi yang disajikan dengan bahasa yang menarik dan soft selling.

Memikat Audiens

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, copywriter dan content writer mampu membuat promosi yang menarik. Hal ini tentunya dapat memikat audiens dan berpotensi menjadi pelanggan yang loyal, karena bisnismu akan lebih dekat dengan mereka. Contohnya saja dengan tulisan dari copywriter yang menawarkan solusi dari masalah audiensmu. Begitu juga dengan content writer yang bisa menyajikan berbagai artikel menarik yang berguna sebagai media baca yang informatif.

Meningkatkan Traffic Website

Ketika website perusahaanmu berkualitas, tentunya audiens semakin banyak mengunjungi situs website tersebut. Adanya copywriter dan content writer yang akan menjamin konten-konten di dalamnya. Dengan pengetahuan SEO mereka, websitemu dapat meningkat dari segi traffic. Lalu berpotensi diutamakan oleh Google untuk muncul di posisi paling atas search engine.

Komunikasi dengan Audiens Tersampaikan Secara Baik

Copywriter dan content writer ibarat adalah penghubung anatara perusahaan dengan audiens dalam dunia online. Mulai dari caption media sosial, berbagai bahasa konten dalam postingan, bahasa dalam konten website, promosi, iklan dan sebagainya akan tersampaikan dengan baik. 

Bahasa dalam copywriting dan content writing pun akan menyesuaikan karakter audiens perusahaan dengan target pasarnya. 

Memperkuat Branding Perusahaan

Inti dari semua hasil karya dari copywriter dan content writer adalah dinikmati audiens. Hal ini akan semakin memperkuat branding sebuah perusahaan. Profesi ini akan semakin membentuk karakter sebuah perusahaan dan semakin menjangkau berbagai audiens dengan komunikasi digital tersebut.

Nah begitulah pentingnya copywriter dan content writer dalam tim bisnismu. Dengan adanya dua posisi tersebut, kegiatan pemasaranmu akan semakin mudah dan mampu meningkatkan konsumen dengan digital marketing yang sekarang sudah menjadi hal wajib bagi para pebisnis.

 

 

 

Comments to: Pentingnya Copywriter dan Content Writer dalam Tim Bisnismu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.