Blog | GoSocial

Ketika sudah punya bisnis, menjalani bisnis dengan konsisten menjadi salah satu tantangan tersendiri untuk tetap bertumbuh ya. Mempertahankan semua itu bisa kita lakukan dengan berkenalan juga berinteraksi dengan sesama pebisnis yang lain. Layaknya manusia sebagai makhluk sosial, bisnis pun butuh berteman. Caranya adalah dengan gabung di komunitas bisnis. Apalagi teruntuk kamu pebisnis UMKM, hal ini akan banyak manfaatnya.

Bicara bisnis UMKM, banyak sekali di luar sana yang mengembangkan bisnis UMKM seperti kamu, loh. UMKM menjadi salah satu yang mendapat perhatian khusus pemerintah Indonesia. Kenapa ya? Perlu kamu tahu, menurut laporan Bank Indonesia, UMKM menjadi penopang terbesar perekonomonian di Indonesia dan hampir 99 persen UMKM mendominasi dari lembaga usaha yang terdaftar.

Selain itu UMKM juga punya kontribusi besar untuk masyarakat, karena menyerap 97 persen dari total angkatan kerja Indonesia. Wah, bisa dibayangkan seberapa banyak pebisnis UMKM di Indonesia? Ini menjadi kesempatan besar buat kamu untuk bergabung dalam komunitas. Memang sepenting itukah komunitas bagi UMKM? Yup, hal tersebut  akan memberikan banyak manfaat dan value agar bisnismu tetap survive. Apa saja manfaatnya ya?

Manfaat Komunitas Bagi UMKM

Sumber: Pixabay.com

1. Memperluas Relasi

Sebuah komunitas akan mengumpulkan orang-orang pada lingkupnya. Jika kamu bergabung dengan komunitas, kamu bakalan punya relasi dengan para pebisnis dengan berbagai macam usahanya.

2. Menambah Wawasan

Yup, orang-orang baru yang kamu kenal di komunitas pastinya mempunyai pengalaman dan ceritanya sendiri dalam mendirikan bisnis. Kamu pun bisa mempelajari jenis bisnis lain ataupun cara berjualan mereka dengan berbagai kegiatan sharing yang dilakukan.

3. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Ketika seseorang berada dalam lingkungan yang sesuai dengan dirinya. Hal ini akan menciptakan energi positif dari vibe yang tercipta. Komunitas membuatmu semakin terpacu untuk terus memperbaiki bisnismu dengan melihat berbagai usaha dan kerja keras berbagai pebisnis UMKM di komunitas tersebut.

4. Meningkatkan Awareness Brand Bisnis

Ketika bergabung dengan komunitas, tentu saja kita akan memperkenalkan bisnis kita kan. Komunitas menjadi tempat buat kamu meningkatkan awareness brand bisnis kamu sendiri. Semakin banyak mereka yang mengenal bisnismu, komunitas bisa banget menjadi channel marketing untuk memasarkan bisnismu lebih luas.

5. Sumber Informasi

Dalam komunitas, pengetahuanmu seputar teknik di dalam bisnis, trend menarik, ataupun informasi yang meningkatkan insight bisnismu akan dengan sendirinya kamu dapatkan. Tentunya dengan kegiatan dan keaktifan kamu sendiri dalam berinteraksi.

6. Membantu Riset Pasar

Semakin banyak informasi yang diterima, akan semakin banyak ide dan resolusi yang kamu dapat. Salah satunya adalah membantu riset pasar, pebisnis yang pintar memanfaatkan hubungannya dengan dengan komunitas, tidak perlu mengeluarkan biaya banyak untuk riset pasarnya. Contohnya saja perusahaan dunia seperti Nike, Starbucks, Google, yang membangun strategi pemasaran juga melalui komunitas.

7. Memberikan Feedback

Feedback yang bermanfaat bisa banget kamu dapatkan dari komunitas, dengan berbagai komentar yang membangun untuk perkembangan bisnismu, loh. Apalagi feedback tersebut sama-sama dari pebisnis, pastinya saran-sarannya sangat membantu untuk diterapkan dalam bisnismu.

8. Kerja Sama Bisnis

Kamu bisa memanfaatkan relasimu di komunitas untuk berkolaborasi. Contohnya saja, jika mungkin kamu menjual kaos atau clothing store, kamu bisa mengajak mereka yang yang berjualan topi, sepatu, dan lainnya untuk berpromosi bersama. Engangement dari bisnismu bakalan meningkat karena dengan kerja sama ini, jaringanmu semakin luas.

Saatnya Pilih Komunitasmu

Sumber: Pixabay.com

Setelah tahu manfaatnya gabung di komunitas, bukankah itu sangat menarik dan bermanfaat banget untuk bisnis  kamu? Pastinya akan banyak manfaat lain di luar yang GoGo tulis, yang bisa kamu rasakan sendiri ketika join di komunitas. Biar lebih lengkap, GoGo rekomendasikan beberapa komunitas bisnis yang bisa kamu ikuti. Yuk, saatnya tentukan komunitasmu.

1. Online Seller Meetup

Online Seller Meetup adalah komunitas yang dibuat oleh KoinWorks. Komunitas ini sangat cocok bagi para pebisnis dunia online, yang ingin mempelajari teknologi digital untuk mengembangkan usahanya. Pembelajaran dari para expert di dunia digital marketing , bisa banget kamu dapatkan di sini.

2. Boeatan

Boeatan adalah komunitas selanjutnya yang diciptakan oleh KoinWorks. Boeatan hadir untuk para local crafter di Indonesia untuk saling berbagi insipirasi, ide, dan diskusi tentang trend atapun pembahasan lainnya tentang usaha di bidang handmade. Bukan hanya itu, kamu juga bisa belajar bisnis dari para local crafters yang telah sukses dengan usahanya. Berbagai kelas bertajuk semi workshop pun bisa kamu ikuti loh.

3. HerAction

Masih dalam deretan komunitas yang dibuat oleh KoinWorks. HerAction adalah komunitas yang mempunyai fokus untuk para wanita yang menggeluti dunia bisnis dan ingin mengembangkan skill-nya. Melalui komunitas ini kamu akan bertemu dengan bebagai sosok wanita sukses yang dapat menginpirasimu dalam berbisnis.

4. Yuk Bisnis

Yuk Bisnis adalah komunitas yang terbuka luas bagi para pengusaha maupun pebisnis pemula yang ingin belajar seputar dunia bisnis. Yuk Bisnis mempunyai metode belajar bisnis yang diberi nama Framework Bisnis untuk Pemula (Formula).  Formula mempunyai topik yang mengacu pada 5 tangga bisnis. Diantaranya: Mulai, Profit, Sistemasi, Multiplikasi, hingga Investasi.

5. TDA Community

TDA Community merupakan singkatan dari Tangan Di Atas. Komunitas ini dibuat khusus untuk para pengusaha muda serta orang-orang yang berminat dalam bidang wirausaha. TDA Community telah lahir sejak Januari 2006, dengan jumlah anggota telah mencapai lebih dari 6 ribu member terdaftar.

6. HIPMI

HIPMI atau Himpunan Pengusaha Muda Indonesia adalah komunitas selanjutnya yang merupakan wadah berkumpul untuk para pengusaha muda. Berbagai program yang berhubungan dengan bisnis seperti soft skill dan seminar bisa kamu ikuti. Hingga saat ini, HIPMI telah ada di berbagai wilayah di Indonesia. Barangkali HIPMI sudah hadir di kotamu, kamu bisa banget untuk segera berkumpul dengan mereka.

7. JCI Indonesia

JCI Indonesia  atau Junior Chamber International, merupakan salah satu komunitas besar di Indonesia. Membernya juga sudah mempunyai ribuan anggota dari 27 provinsi dan kota di Indonesia. Kamu yang tertarik tergabung dengan JCI Indonesia, akan mendapatkan pelajaran tentang ilmu bisnis di berbagai bidang. Selain itu, JCI juga membekali anggotanya dengan skill hingga kerja sama untuk aksi yang nyata dalam berbisnis.

Nah, begitulah betapa pentingnya dan manfaat ketika kamu bergabung dalam komunitas bisnis. Selain komunitas yang GoGo sebutkan di atas, GoSocial juga memberikan berbagai program untuk para pebisnis UMKM, loh. Di sini kamu juga bisa belajar berbagai macam toipk yang berhubungan dengan digital marketing untuk mengembangkan bisnis kamu. 

Baca selengkapnya seputar program dari GoSocial untuk UMKM di sini Peduli Small Business, GoSocial Hadir Untuk UMKM.

Berbagai event seputar bisnis pun bisa kamu dapatkan, cek aja di instagram GoSocial ya.

Comments to: Pentingnya Gabung Komunitas Bagi UMKM, Ini Manfaatnya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.