fbpx

Blog | GoSocial

Ketika kamu memulai suatu bisnis atau sedang dalam pengembangan bisnis apa tujuan utama kamu? sudah pasti tentang keuntungan. Padahal kunci dalam mencapai sebuah keuntungan dalam berbisnis adalah strategi pemasarannya. Salah satunya dengan menggunakan trik Psikologi Marketing.

Apa itu Psikologi Marketing?

Kita pasti menyadari bahwa Psikologi itu adalah tentang manusia, emosi, jiwa, pikiran, kepribadian dan lainnya. Marketing adalah tentang penjualan, promosi atau sebuah produk yang ditawarkan kepada masyarakat agar mendapatkan keuntungan.

Lalu Psikologi Marketing adalah strategi atau motif yang mempengaruhi emosi pelanggan untuk membeli sebuah produk atau jasa, bukan hanya mempengaruhi emosi namun juga tindakan pelanggan dalam memberikan pandangan terhadap suatu bisnis.

Mengenal produk sendiri memang sebuah keharusan namun kamu jangan hanya terfokus pada produk atau layanan kamu saja, tapi bagaimana mengerti pelanggan kamu bahkan sampai memahami isi hatinya. Dimasa sekarang perlahan agak sulit ketika mereka membeli atau memakai suatu jasa hanya ingin saja.

Namun kita perlahan mulai mengerti dan memahami perbedaan antara keinginan dan juga kebutuhan apalagi di masa pandemi Covid-19 banyak hal yang berubah, termasuk pelanggan dalam membeli suatu produk atau memakai jasa.

Mengapa Psikologi Marketing itu Penting?

unsplash.com

Seperti pada umumnya bahwa bisnis adalah tentang mendapatkan keuntungan sebanyak banyaknya. Psikologi Marketing begitu ampuh saat kamu mengenal bagaimana behavior calon pelanggan kamu.

Kenaikan sebuah produk atau jasa itu berkat user atau pelanggan setia bisnis kamu yang menuliskan rating, komentar bahkan sampai me-review produk kamu. Mereka akan memakai waktunya untuk hal lain apabila mereka tidak suka atau tidak cocok dengan produk atau jasa kamu, namun saat mereka cocok maka mereka dengan sukarela menuliskan review produk yang mereka beli atau jasa yang mereka pakai.

Ini pentingnya psikologi marketing bahwa kenaikan dan berkembangnya sebuah bisnis atau jasa adalah bagaimana produk kita bisa menyentuh hati mereka dan bagaimana mereka melihat, merasakan dan memahami produk yang sesuai dengan kebutuhannya. Bukan tidak mungkin di masa depan mereka bisa menjadi pelanggan setia bisnis kamu.

Penerapan Psikologi Marketing Pada Bisnis

unsplash.com

Munculkan Rasa Emosional Calon Pembeli

Kamu pernah melihat iklan shampo dan pasti ada seorang wanita cantik dengan rambut hitam panjang yang terurai kan? Bagaimana dengan mereka yang mempunyai rambut pendek atau yang berhijab? Ambil sisi emosi atau sisi kemanusiaan bisnis kamu dari sini.

Kamu bisa memberikan cerita yang emosional bahwa produk kamu cocok dibeli atau dipakai oleh siapapun dengan latar belakang apapun.

Tingkat emosional ini bisa meningkatkan rasa keingintahuan mereka terhadap produk kamu sampai akhirnya mereka membeli produk kamu karena mereka merasa masuk ke dalam kriteria produk kamu, mereka merasa tidak dibedakan dan hal tersebut bisa membuat mereka merasa senang, nyaman dan puas menggunakan produk kamu.

Jika trik ini berhasil satu langkah menuju kesuksesan dan pastinya mendapatkan keuntungan serta bisa membangun hubungan dengan produk atau brand kamu.

Produk tidak hanya tentang kualitas tapi juga memberi kesenangan dari mereka yang memakainya.

Perlihatkan Bukti Sosial

Mungkin di masa sekarang kita tidak bisa melihat secara fisik atau offline dari produk kamu namun ketika semua serba online maka tunjukkan hal hal positif yang dibagikan oleh pelanggan kamu, misal review setelah mereka membeli, perlihatkan bintang atau rating, kemudian komentar di media sosial. 

Ini bisa mempengaruhi calon pelanggan kamu untuk membeli produk kamu seperti kalimat diatas kita semua saat ingin membeli suatu produk pasti akan melihat ulasan dahulu, harga, baru akhirnya membeli atau memilih mencari produk lain.

Beri Ketakutan Kalau Mereka tidak Membeli Produk Kamu

Kamu pernah melihat flash sale, produk ini dijual terbatas atau limited edition. Itu adalah cara pemasaran sederhana yang menakuti pelanggan untuk membeli suatu produk. 

Dengan memberitahu mengenai keterbatasan produk atau bahkan potongan harga yang luar biasa yang hanya bisa dibeli hari ini, itu bisa membuat calon pelanggan buru-buru untuk membeli. Kita sering melihat atau merasakan saat ada keterbatasan produk atau potongan harga kita berkata “kalau bukan sekarang kapan lagi” atau “mumpung masih tersedia”. Ini bisa membuat peningkatan bisnis kamu.

Berikan Sample Produk

Ini berlaku atau mungkin bisa dicoba buat yang baru memulai berbisnis. Kamu bisa memberikan produk kamu secara gratis kepada beberapa orang, kemudian mereka bisa memberikan nilai dan masukan terhadap produk kamu.

Dari situ kamu bisa melihat bagaimana produk kamu dipandang dan dirasakan oleh orang lain. Ini trik yang ampuh dalam mengembangkan bisnis kamu dan para calon pelanggan mengerti produk kamu serta mereka juga tidak merasa rugi kalau produk kamu tidak cocok dengan mereka.

Memanfaatkan Goldilocks Effect

Apa itu goldilocks effect? Ini bermula dari kisah seseorang yang bernama goldilocks yang sedang memesan makanan di suatu tempat kemudian ia berusaha memilih makanan yang sesuai dengannya. Banyak yang mengatakan para pembeli akan selalu mengalami goldilocks effect setiap ingin membeli suatu produk atau berbelanja.

Saat kamu mengunjungi marketplace kamu sering melihat label “terlaris”, “promo terbatas”, “paling banyak dicari” dan lainnya. Dengan memberikan label tersebut itu bisa mempengaruhi pengambilan keputusan calon pelanggan dalam membeli suatu produk.

Semakin kuat strategi psikologi marketing kamu maka semakin besar peluang kamu untuk mendapatkan keuntungan.

Kini sudah siap memulai bisnis atau ingin mengembangkan bisnis kamu yang lebih jauh? Jangan banyak berpikir, lakukan sekarang karena waktu terus berjalan dan zaman semakin berubah.

Bila kamu kesulitan dalam mengelola bisnis kamu Jangan sungkan hubungi kami Gosocial. Kami adalah Jasa Social Media Management dan Digital Marketing.

Kami dengan senang hati siap membantu dalam meningkatkan bisnis kamu.

Info lebih lanjut Instagram GoSocial.id

Comments to: Pentingnya Psikologi Marketing dalam Bisnis, Begini Penjelasannya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.