fbpx

Blog | GoSocial

Semakin berkembangnya zaman, perubahan akan terus ada, salah satunya berkembangnya video. Termasuk dalam hal penjualan atau strategi marketing, kita pasti memahami atau melihat iklan video di youtube. Sebelum Aplikasi TikTok hadir, content video hanya segelintir orang yang memahami. 

Instagram pun akhirnya juga membuat IG tv karena untuk membantu para creator bahkan para pebisnis untuk mempromosikan produknya lebih panjang serta menjangkau calon pelanggan untuk melihat bahkan akhirnya naksir hingga membeli produk kamu.

Kita harus menyadari bahwa video marketing itu begitu penting, hal hal yang viral kebanyakan lahir dari sebuah video, sekarang waktunya ambil kesempatan ini untuk mengambangkan bisnis kamu lebih jauh dan pastinya mendulang keuntungan.

Pengertian Video Marketing

Video marketing adalah metode pemasaran baru dalam marketing online menggunakan video/content video. Mengapa harus melakukan atau membuat video promosi? 

Dilansir dari biteable.com bahwa 68% pemasar mengatakan video memiliki keuntungan yang lebih banyak daripada google ads, kemudian 53% dari video bisa membantu meningkatkan kesadaran pelanggan atau mereka lebih mudah mengingat brand atau produk kamu. Serta 52% bisa membangun kepercayaan dengan calon pelanggan. Bukankah ini sangat menakjubkan.

Berbeda seperti foto, video bisa membuat kamu mempromosikan bisnis atau produk kamu dalam satu video mulai dari barang, harga, cara membeli dan gaya talent yang unik dan lainnya yang membuat calon pelanggan betah melihat video promosi kamu, mereka akan betah menonton walaupun itu sebuah iklan.

Tips Membuat Video Marketing untuk Bisnis Kamu

unsplash.com

Tentukan Target Audiens

Pahami audiens atau calon pelanggan kamu itu siapa saja, mulai dari umur, daerah dan lainnya yang bisa kamu analisis terlebih dahulu. Ini penting untuk bisa merancang video promosi kamu.

Tujuan

Ini juga tidak kalah penting ketika kamu membuat suatu video promosi apakah itu hanya untuk content saja, edukasi mengenai produk kamu (misal kelebihan, fitur dan lainnya) atau kamu langsung mempromosikan produk kamu tanpa basa basi, tentukan tujuanmu dari awal.

Pilih Media Publikasi

Platform untuk mempublikasi video marketing itu begitu banyak, tinggal pilih dan sesuaikan dengan audiens kamu, mulai dari Instagram, Tiktok bahkan Youtube. Pertimbangkan dengan baik untuk hasil yang efektif dan efisien.

Buatlah Video yang Berdurasi Pendek

Terlalu panjang kadang membosankan kalau pendek juga kadang kita yang melihat malah bingung karena terlalu cepat. Durasi video menentukan view video tersebut selain isi content video . Minimal 1 sampai 2,7 menit.

Buat Video yang Unik

Keunikan bisa membuat calon pelanggan senang bahkan akhirnya mengenal produk atau bisnis kamu. Dari sini kamu bisa membuat video dengan tema yang unik untuk menarik calon pelanggan kamu yang unik bisa membuat bahan perbincangan di media sosial. Misalnya membuat video lucu atau yang menyentuh hati.

Perkuat Keyword Menggunakan SEO

Optimalisasi SEO (search engine optimization) bisa membantu video promosi produk kamu untuk membuat para penonton atau calon pelanggan menghabiskan waktu menonton video promosi kamu. 

Kekuatan keyword sangat mempengaruhi view bahkan komentar untuk video kamu, karena sebelum menonton beberapa orang mengklik suatu video dari judul video tersebut. Maksimalkan keyword dalam video promosi kamu.

Manfaat Video Marketing untuk Bisnis Kamu

unsplash.com

Membantu Branding Produk

Dengan adanya video promosi orang yang melihat produk kamu akan mudah mengingat apa bisnis kamu, apa yang kamu jual juga tentunya siapa yang berada di dalam video tersebut dan pastinya produk yang kamu promosikan akan terbawa. Tidak lupa tombol share dari mereka bisa membantu mengenalkan bisnis atau produk kamu lebih luas lagi.

Mempermudah Pelanggan untuk Membeli

Mengapa ada video tutorial? Karena rata-rata orang malas membaca akhirnya dibuatlah sebuah video. Video marketing pun sama, mereka calon pelanggan beberapa malas membaca deskripsi dari sebuah produk padahal ingin membeli. Ini manfaat sebuah video marketing membantu mereka dalam membeli sebuah produk dan bisa membantu kamu dalam meningkatkan penjualan.

Memperluas Target Pasar

Sebuah bisnis pasti menentukan siapa pembelinya dahulu tapi apabila semua orang ingin membeli produk kamu apakah kamu akan menolaknya? Keuntungan pasti akan terus meningkat. Maka dari itu video marketing bisa memperluas target pasar kamu.

Membuat Bisnis Kamu Menjadi Persuasif

Kamu pernah menonton video yang seakan sedang berbicara dengan diri kamu? Itu adalah salah satu keuntungan dari video begitupun dalam video marketing. Kamu bisa membuat video seakan kamu membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka dari video promosi tersebut.

Misal usaha kamu di bidang kuliner kamu bisa membuat cara masak, kamu bisa memberikan detail bahan apa saja yang harus dipersiapkan untuk makanan menjadi enak dan jangan lupa selipkan produk kamu.

Video Adalah Masa Depan

Content tidak lagi hanya tentang foto, tulisan melainkan akan merambah ke video dan content video akan terus semakin berkembang. Lihat saja sebuah berita akan lebih meyakinkan apabila menggunakan sebuah video

Manfaatkan langkah ini segera, tidak usah terlalu memikirkan biaya dalam membuat video. Lakukan dan konsisten.

Masih bingung atau ragu dalam membuat video marketing untuk produk atau bisnis kamu. GoSocial siap membantu dalam mengembangkan bisnis kamu agar tidak ketinggalan zaman dan pastinya mendulang keuntungan. Mari kita diskusikan idenya dahulu.

Jangan sungkan untuk menghubungi kami karena kami ahlinya dalam Jasa Social Media Management dan Digital Marketing.

Info lebih lengkapnya bisa kamu cek di Instagram GoSocial.id

Comments to: Pentingnya Video Marketing untuk Bisnis Kamu

Your email address will not be published.

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.