Blog | GoSocial

Berbisnis sekarang bukan hanya tentang jual beli. Tapi juga memanfaatkan berbagai platform biar bisnismu semakin dijangkau dalam dunia internet, seperti YouTube. Karena kita tahu, sekarang dunianya digital marketing.

Konten YouTube bukan lagi diisi para youtuber dan influencer. Tapi beragam macam channel, termasuk bisnis dan perusahaan di bidang jasa atau produk. YouTube seperti portofolio yang memperlihatkan kinerja sebuah bisnis. YouTube dinilai lebih efektif untuk mengumpulkan video dibandingkan platform lain karena durasinya yang lebih panjang.

Apakah kamu sudah punya akun YouTube? Apa saja konten YouTube kamu?

Bagi kamu yang bingung ingin mengisi konten apa, bacaan ini pas banget untuk disimak, loh. Berikut ini Gogo sampaikan berbagai ide menarik untuk konten YouTube yang cocok untuk bisnismu.

Video Company Profile

Sumber: Unsplash.com

Konten YouTube pertama yang bisa dibuat adalah video company profile. Bisa dibilang konten ini penting untung mengisi channel YouTube sebuah perusahaan. Kenapa? Karena dengan membuat video company profile kamu bisa memperkenalkan perusahaan dan brandmu. Serta mengenalkan berbagai produk atau jasa dalam bisnismu.

Video company profile, seperti namanya berisi sebuah profil, tentang perusahaan yang mengenalkan visi misi dan juga produk dari usahanya. Bukankah ini hal yang penting untuk memikat audiens?

Baca juga: Kenalan dengan Video Company Profile yang Bisa Tingkatkan Popularitas Perusahaanmu

Review Produk

Sumber: Freepik.com

Review produk adalah konten YouTube yang banyak dijadikan acuan saat ini. Karena dengan review ini pertanyaan dari audiens seperti, “apakah produk ini cocok dan bagus?” pun terjawab.

Sebanyak 73 persen orang-orang akan mencari video review produk secara online.  Lain pula untuk mereka yang menonton di YouTube sebanyak 41 persen. Bukankah hal ini berpeluang mendapatkan viewer yang banyak?

Ide konten ini sangat bermanfaat pula untuk membuktikan produk yang kamu hasilkan berkualitas. Dari review, produkmu akan dinilai dan membuat audiens semakin yakin untuk membeli produkmu.

Review ini bisa dibuat dengan cara berkolaborasi dengan influencer yang akan memakai produkmu. Kebanyakan konten review ini membahas tentang make up, skin care, dan produk-produk yang bersifat  bisa dipakai.

Kamu pun bisa membuat jenis review yang lain seperti kuliner, jika produkmu berbentuk makanan dan sebagainya.

Unboxing

Sumber: Freepik.com

Tak kalah booming, adapula konten YouTube unboxing yang hampir sama seperti review produk. Bedanya konten unboxing akan mereview produk berbentuk elektronik seperti handphone, laptop, blender dan barang-barang yang bersifat pemakaian jangka panjang.

Biasanya unboxing akan melakukan penilaian bahkan sampai bagaimana pengemasan sebuah produk yaitu packaging. Ide yang menarik bukan? Di sini kamu bisa menampilkan detail penggunaan hingga pengemasan yang epik, dan pastinya akan semakin membuat  audiens tertarik.

Tutorial

Sumber: Freepik.com

Nah bagi kamu yang mempunyai bisnis di bidang jasa, tidak kalah menarik untuk kamu bisa membuat konten YouTube yang bersifat tutorial. Tutorial yang dibuat tentunya berhubungan dengan bisnismu.

Selain membantu audiens mengatasi masalah dengan cara yang kamu paparkan, hal ini akan semakin meyakinkan audiens bahwa kamu memang expert di bidang tersebut.

Sharing Tips dan Informasi

Sumber: Unplash.com

Selain tutorial, konten yang bisa membuat audiens semakin terpikat adalah sharing tips dan informasi. Ketika channel YouTube mu dapat dijadikan referensi akan informasi yang ingin dicari audiens, otomatis bisnismu pun akan semakin dikenal.

Sharing tips dan informasi pun tidak melulu soal pengetahuan yang rumit, loh. Sederhananya, misal saja kamu menggeluti bisnis di bidang produksi buah, kamu bisa membuat berbagai tips mengonsumsi buah yang efektif, dan lainnya.

Talkshow

Sumber: Unsplash.com

Talkshow adalah ragam konten YouTube berikutnya dari sharing tips dan informasi. Bedanya, kamu akan mengundang seseorang yang sudah expert di bidang tertentu, dan menjawab topik-topik yang bisa menjawab pertanyaan audiens.

Kolaborasi

Sumber: Unsplash.com

Kolaborasi yang artinya bekerja sama. Kamu pun bisa berkolaborasi dengan brand lain yang akan melengkapi bisnismu. Contohnya brand kamu menghasilkan fashion, kamu pun bisa berkolaborasi dengan brand make up, atau bisa juga influencer, individu seperti fotografer, model dan lainnya.

Special Campaign

Sumber: Unsplash.com

Setiap perusahaan terkadang mempunyai berbagai campaign khusus dan spesial untuk melakukan promosi. Konten special campaign wajib kamu tambahkan dalam YouTube channelmu. Karena audiens akan bisa melihat berbagai programmu bahkan bagi mereka yang bukan pelangganmu. 

Bicara campaign, ini adalah salah satu cara pula menyatukan visi misimu dengan audiens. Barangkali dengan video campaign ini, audiens pun tertarik dengan value bisnismu dan menjadi pelanggan yang loyal?

Meet the Staff

Sumber: Unsplash.com

Agar kontenmu lebih beragam dan tidak membosankan, konten YouTube meet the staff pun bisa menjadi tambahan. Dalam video ini kamu bisa mengexplore bagaimana kinerja bisnismu dalam membuat sebuah produk atau jasa. 

Konten ini bisa membuat bisnismu terlihat profesional dan tentunya lebih dekat dengan audiens, karena dari hal ini staff pun bisa menyapa audiens.

Kisah Sukses dari Pelanggan

Sumber: Unsplash.com

Kisah sukses dari pelanggan pun bisa kamu jadikan konten YouTube sebagai bukti keberhasilan bisnismu dapat memberikan dampak baik kepada pelanggan. Seperti testimoni, video ini lebih dalam dari itu. Di mana kamu menghadirkan cerita kisah sukses pelanggan yang menggunakan produk atas jasa dari bisnismu.

Mini Web Series

Sumber: YouTube

Belakangan ini mini web series di YouTube banyak bermunculan. Konten YouTube ini justru mulai diproduksi oleh berbagai perusahaan yang bukan di bidang perfilman atau advertising. Namun, nampaknya ini bisa menjadi cara baru memikat audiens. Kamu bisa cek berbagai judul mini web series di berbagai channel perusahaan produk dan jasa.

Contohnya, mini web series yang berjudul “Mengakhiri Cinta dalam 3 Episoede”. Kisah cinta yang dibintangi aktor papan atas Dion Wiyoko ini mampu meraih viewers sebanyak 5 juta, loh. Dengan banjiran komentar audiens sebanyak 2 ribu komen. Wow, fantastis ya. Mini web series ini pun diproduksi oleh brand otomotif ternama, Toyota.

Nah, begitulah beberapa ide konten YouTube yang cocok untuk sebuah channel bisnis. Bagaimana, kamu ingin menambah ragam ide konten dalam YouTubemu? Kunci dari konten YouTube tersebut juga terletak pada kreatifitas dan bagaimana bisnismu membranding   produkmu. Jadi, tak ada batasan untuk berkreasi dan menciptakan konten baru ya, SocioZen. 

Baca juga: Inilah Cara Mudah Mengoptimalkan YouTube Ads.

 

Comments to: Pikat Audiensmu dengan Berbagai Ide Konten YouTube yang Cocok untuk Bisnis

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.