1. Tips UMKM

Pilih Berinovasi, Atau Mati Karna Tak Beradaptasi?

Inovasi dalam Digital Marketing

Halo, SocioZen!

Berbicara tentang sebuah bisnis tentunya tak luput dari dua kata ini, sukses dan bangkrut.

Nah, kira-kira apa sih perbedaan dari dua kondisi tersebut?

Disaat kondisi bisnis kita sedang laris manisnya nih, terkadang disana mulai munculah para kompetitor. Hal ini terjadi, karena bisnis yang kita buat ini telah menciptakan sebuah pasar baru yang potensial bagi pebisnis. 

Saat banyak munculnya pesaing, strategi bisnis mulai harus kita kembangkan lebih lagi dengan memunculkan sebuah ide-ide baru.

Begitu halnya jika kondisi bisnis kita sedang berada dalam fase kebangkrtutan. Dalam fase ini seringkali sebuah bisnis sedang tidak mampu untuk beradaptasi dengan pasar mereka. Jika fase ini terlalu lama untuk dibiarkan, lama-kelamaan sebuah bisnis akan mati.

Dari kedua kondisi ini, dapat kita lihat dalam posisi apapun sebuah bisnis selalu membutuhkan inovasi. Begitu pula, hal ini juga berlaku pada bisnis industri kreatif. Inovasi yang dilakukan harus kreatif dan adaptif terhadap perkembangan trend saat ini. 

Dan inilah pentingnya melakukan inovasi dalam bisnis.

  • Meningkatkan pertumbuhan bisnis. Dengan melakukan inovasi pada model bisnis atau produk.
  • Membuat bisnis tetap relevan dan adaptif dengan tren. Perubahan tren yang terus berkembang setiap saat menuntut bisnis untuk tetap relevan dan terus melakukan adaptasi.
  • Sebagai pembeda dan identitas baru sebuah bisnis. Setelah melakukan inovasi dalam bisnis, biasanya kita akan mendapatkan sebuah hal  baru dalam bisnis kita. Hal baru yang tercipta inilah nantinya yang akan menjadi sebuah pembeda dengan kompetitor.

Janganlah pernah merasa gagal, karena dengan terus berinovasilah bisnis kamu akan bertahan. So, inovasi apa yang akan kamu lakkan selanjutnya?

Comments to: Pilih Berinovasi, Atau Mati Karna Tak Beradaptasi?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.