Blog | GoSocial

Bob Sadino atau yang biasa dipanggil dengan Om Bob adalah salah satu pebisnis sukses panutan Indonesia. Kisahnya yang menginspirasi dengan gayanya yang sederhana. Ciri khasnya dengan kemeja serta celana pendek, yang jauh dari penampilan orang kantor. Membuatnya semakin dicintai karena sikapnya.

Namun pria kelahiran 3 Maret 1933 ini tutup usia pada tahun 2015. Meskipun begitu kenangannya dalam membangun sebuah bisnis masih tetap bisa kita pelajari dan adaptasikan.

Pria pemilik PT. Kem Chick, PT. Boga Catur, PT. Kem Foods, serta PT. Kem Farm ini tak serta merta langsung sukses dalam merintis bisnisnya. Banyak kerikil dan perjuangan yang harus ia bangun dari nol.

Berikut adalah rahasia sukses berbisnis ala Bob Sadino yang berhasil Gogo rangkumkan untukmu, yuk disimak.

Memanfaatkan Peluang Walaupun Terpuruk

Sumber: Lokadata.id

Bob Sadino adalah anak dari keluarga berkecukupan, namun di saat usianya menginjak 19 tahun, kedua orang tuanya meninggal dunia. Bob yang merupakan anak bungsu dari lima bersaudara mendapatkan warisan yang ia gunakan untuk berkeliling dunia. Seperti negara Belanda yang sudah ia tempati selama 9 tahun, di sini pula Bob menemukan jodohnya.

Saat tahun 1967 Bob kembali ke Indonesia, ia memanfaatkan mobil yang ia miliki untuk mencari uang dengan mengantar penumpang. Bob sendiri yang menjadi supirnya.

Namun malang mobil itu mengalami kecelakaan yang mengharuskan reparasi mobil dengan jumlah yang sangat besar. Bob tak sanggup, ia pun memilih untuk menjadi kuli bangunan. Meskipun sebenarnya sang istri bisa membantu untuk bekerja, namun Bob melarangnya karena Bob merasa ia adalah kepala keluarga yang harus bertanggung jawab.

Tekad yang Kuat untuk Memulai Bisnis

Di tengah kondisinya yang depresi, Bob menerima banyak masukan untuk berbisnis. Salah satunya adalah menjual ayam. Tekad kuat dijalani Bob Sadino untuk memasarkan ayam dan telurnya. Meskipun banyak pesaing yang mendominasi pemasaran dengan ayam kampung, ia tetap percaya diri untuk menjualnya.

Alhasil, ia dan istrinya membuat peternakan ayam. Kehidupan Bob lebih meningkat dengan hasil penjualan ayam dan telur tersebut.

Bob belajar dari sebuah filosofi ayam yang mampu bertahan hidup, dirinya tak mau kalah dengan ayam yang tetap bisa hidup dengan berbagai kondisi.

Menerima Kritik dan Saran

Dalam perjalanan bisnisnya, Bob tak lepas dari yang namanya cacian dan hinaan. Bob menanggapinya sebagai sebuah vitamin yang justru memperkuat. 

Bob Sadino memanfaatkan hal tersebut sebagai evaluasi untuk memperbaiki bisnisnya. Bob terus berekspansi tidak hanya berkutat di ayam tapi ia juga menjual sayuran dan buah. Hingga suatu saat dia mendirikan sebuah supermarket bernama Kem Chicks pada tahun 1970.

Jangan Terlalu Banyak Analisis

Sumber: Ngalup.co

Inilah salah satu yang membuat Bob Sadino berbeda dari kebanyakan pebisnis. Bagi Bob untuk menjalankan bisnis tidak usah terlalu banyak teori. Kemampuan lapangan dan langsung terjun menangani bisnis sendiri adalah salah satu rahasia sukses bisnisnya. Kita harus mau action untuk mendapatkan banyak pengalaman.

Orang terkadang terlalu banyak menganalisa dan berujung memikirkan banyak hal negatif sebelum terjun.


“Orang bodoh sulit mendapatkan pekerjaan sehingga dia terpaksa buka usaha sendiri. Dalam perjalanan bisnisnya, agar semakin sukses dia harus merekrut orang pintar. Alhasil orang bodoh tadi jadi bosnya orang pintar.”Bob Sadino.

Maksimalkan Kemampuan Diri

Tidak berhenti di KemChicks, Bob Sadino menilai usahanya bisa mempunyai pasar yang luas. KemChicks pun mendapatkan banyak pelanggan dari luar negeri. Bagi masyarakat lokal, supermarket ini memang sedikit asing, karena Bob memang menargetkan warga negara asing menjadi target pasarnya. 

Bob sangat memanfaatkan kemampuan Bahasa Inggrisnya dalam menggaet pelanggan orang asing. Hingga ia pun mendirikan supermarket lain bernama Kem Food sebagai supermarket kedua yang berfokus pada olahan daging dan sosis.

Sepuluh tahun berlalu, Bob kembali mendirikan supermarket yang ketiga bernama Kem Farm yang berada di Semarang. Uniknya, Bob Sadino juga menggandeng para petani lokal yang ingin mengembangkan usahanya. Bob juga merupakan seorang pionir yang memanfaatkan penanaman hidroponik. Produk yang diunggulkan saat itu adalah lobak, ubi, dan terong.

Begitulah serba-serbi rahasia sukses bisnis seorang Bob Sadino. Bob Sadino adalah sosok yang banyak diidolakan dan menjadi panutan serta inspirasi untuk berbisnis. 

Jadi, apa yang kamu dapatkan dari kisahnya kali ini? Semoga bisa menjadi semangatmu dalam berbisnis ya.

Baca juga inspirasi kisah bisnis lainnya: Bangun Bisnis dari Nol, Ini Deretan Pengusaha UMKM yang Patut Jadi Panutan

Comments to: Rahasia Bisnis Sukses Ala Bob Sadino

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.