Pada era Digital saat ini, para pebisnis menggunakan berbagai channel untuk kegiatan Marketing mereka, salah satunya yaitu melalui Social Media. Social Media digunakan karena berbagai kelebihannya. Salah satunya yaitu Social Media menyediakan ukuran yang jelas untuk hasil Marketing Bisnis Anda, Di antaranya yaitu Reach dan Impression.

Nah, Anda sebagai pebisnis pasti sering bertemu dengan istilah ini. Namun tahukah Anda apa perbedaan dari keduanya? Apa manfaat masing-masing? Dan lebih penting yang mana antara Reach atau Impression? Mari kita kupas bersama.

Pengertian Reach dan Impression

Reach adalah jumlah orang yang melihat konten atau iklan Anda. Artinya adalah jumlah tersebut menggambarkan jumlah orang yang melihat. Jika ada 3000 orang yang melihat iklan atau konten Anda, maka Reach dari konten atau iklan Anda tersebut adalah 3000. 

Impression adalah jumlah berapa kali konten atau iklan Anda ditampilkan, tidak peduli apakah itu di klik atau tidak. Jadi, Impression tidak berpatokan pada jumlah orang yang melihat, namun pada berapa kali iklan Anda muncul ke audience secara keseluruhan.

Contohnya, Anda melakukan Iklan di Instagram, dan hasilnya adalah Reach 2000 dan Impression 5000. Artinya ada 2000 orang yang melihat iklan Anda (Reach), dan dari 2000 orang tersebut ada yang melihat iklan Anda lebih dari 1 kali, sehingga total iklan Anda di tampilkan di audience Anda sebanyak 5000 kali (Impression). 

Manfaat Reach dan Impression

Manfaat dari Reach dan Impression adalah sama-sama menjadi ukuran hasil dari Iklan atau konten Anda, apakah berhasil menjangkau sesuai dengan target Anda atau belum. Selain itu, khusus untuk Reach juga dapat menjadi ukuran berapa orang yang sudah melihat Iklan atau Konten Anda. Semakin tinggi Reach tentunya Konten atau Iklan Anda semakin menjangkau banyak orang.

Mana yang lebih penting?

Sebenarnya, Reach dan Impression memppunyai acuan masing-masing, aktivitasnya juga berbeda. Jadi penting mana antara Reach atau Impression sebenarnya tergantung dari sasaran Anda. 

Jika Anda bertujuan untuk melacak iklan Anda dari waktu ke waktu, maka Anda bisa fokus ke Impression. Karena jika Anda sudah menjalankan Iklan namun mendapatkan tayangan yang sedikit atau bahkan tanpa tayangan, itu bisa menjadi peringatan awal bahwa terdapat kesalahan pada iklan Anda, baik itu konten ataupun sudut pandang Iklan.

Namun jika Anda ingin melihat apakah ada yang salah dari Iklan Anda, maka Anda bisa fokus ke Reach.  Karena, Reach dapat membantu Anda mengetahui apakah ada yang salah dengan iklan Anda, baik dari segi konten atau sudut pandang iklan Anda. Jika iklan Anda telah menjangkau banyak orang, namun belum menghasilkan konversi berupa penjualan, maka Anda harus melakukan perbaikan terhadap iklan Anda karena belum menghasilkan konversi. Namun, sisi positif jika Reach iklan Anda banyak yaitu berarti bahwa Anda berhasil membuat jalan ke banyak audience baru, yang mungkin akan menghasilkan konversi dalam bentu lain. 

Yang paling penting, setelah Anda memahami kedua istilah tersebut, Anda bisa mulai untuk membangun Social Media Engagement. Karena iklan atau konten yang bagus adalah yang mampu menghasilkan engagement. Sebelum mencapai engagement, tentunya harus di awali dengan awareness terlebih dahulu, dan awareness dapat dilihat dari Reach dan Impression. Jadi, saat ingin meningkatkan engagement perlu Anda pertimbangkan juga terkait reach dan impression yang berperan dalam menciptakan Engagement.

Bagaimana, sudah faham kan pastinya? Jika Anda masih bingung antara reach dengan impression, jangan takut untuk berkonsultasi dengan GoSocial Indonesia. Tinggalkan pesan pada halaman contact us. Dan tim kami siap mencarikan solusi dan membantu Bisnis Anda dalam  dunia Social Media, baik melalui Social Media Marketing, maupun Social Media Management. 

Contributor
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.