UMKM Digital Meningkat : Saatnya Bisnismu Go Digital!

Image Description

Putri Sunarno

1 tahun yang lalu Data
Share:
Image Description

Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah satunya yaitu meningkatnya UMKM Digital di Indonesia.  

UMKM Digital ini didorong oleh kesadaran pengusaha untuk bisa bangkit ditengah pandemi dan juga didukung pemerintah melaui alokasi dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Selain itu pemerintah juga menargetkan peningkatan dua kali lipat di tahun 2021 sebesar 20 juta UMKM yang bisa Go Digital. 

 

Yuk melihat fakta peningkatan UMKM Go Digital !

Pada tahun 2019 sebelum adanya pandemi covid-19 UMKM yang sudah bertransformasi digital sebesar 8 juta. Dan selama pandemi, meningkat menjadi 12 Juta UMKM Digital per bulan februari 2021. Jumlah ini melampaui rencana pemerintah yang awalnya hanya menargetkan sebesar 10 juta UMKM Go Digital.
 

Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?
 

Sayangnya walaupun jumlah UMKM Digital selalu meningkat disetiap tahunnya, namun presentasenya masih sebesar 13 persen yang sudah melakukan transformasi dari 64 juta UMKM yang ada. Artinya masih banyak UMKM di Indonesia yang belum masuk ke dunia digitalisasi usaha. 
 

Lalu Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?

 

Sumber Daya Manusia UMKM

Sumber: merdeka

Banyak dari pelaku UMKM yang masih belum familiar dengan penggunaan teknologi. Hal ini dikarenakan pengusaha UMKM masih didominasi oleh generasi baby boomer. Selain itu dalam memulai UMKM digital, juga memerlukan banyak keahlian khusus agar target pasar yang dituju bisa tepat sasaran dan bisnis dapat berkembang secara optimal.

 

Modal UMKM

Sumber: Harmony

Memulai digitalisasi usaha memerlukan modal yang sangat besar jika mau mendapatkan hasil yang maksimal. Banyak dari para pelaku UMKM yang masih ragu masuk dunia digital dikarenakan pertimbangan budget yang tidak cukup besar untuk menjangkau perluasan strategi pemasaran. 

 

Management Waktu UMKM

Sumber: Unsplash

Mengelolah bisnis dalam dunia digital tentunya akan memerlukan waktu yang cukup panjang. Sedangkan untuk para pelaku UMKM sendiri dengan sumber daya manusia yang terbatas, bisa tidak optimal jika mengurus digitalisasi usaha secara menyeluruh. 

 

Minimnya Sumber Daya Penunjang

Sumber: Rawpixel

 

Memulai UMKM Digital tentunya memerlukan banyak alat penunjang yang digunakan untuk memberikan tampilan yang maksimal pada suatu produk. Hal ini dikarenakan salah satu strategi marketing adalah content marketing yang berkualitas untuk bisa menarik sugesti dari konsumen. Namun alat-alat ini tidak cukup murah bagi para UMKM yang mau maksimal untuk memasuki dunia digital.

Tapi kamu nggak perlu khawatir, karena GoSocial menyediakan beragam layanan (hyperlink ke menu service go social) yang bisa dijangkau dengan mudah oleh para UMKM yang mau masuk dunia digital.

Yuk mulai agar bisnismu tidak kalah bersaing dengan pengusaha lainnya! Selangkah lebih maju untuk menciptakan perubahan.  


 

Share:

Related articles