Apa merk yang pertama kali anda pikirkan ketika seseorang menyebut deterjen? Hampir semua orang pasti menjawab Rinso. Sama halnya dengan produk air minum kemasan, pasti jawabannya adalah Aqua. Memang dua produk tersebut merupakan brand terkenal dan telah mendapat tempat di hati para konsumennya. Tentunya, insight penjualan yang terus meningkat, memiliki loyal customer, dan terkenal dimana-mana menjadi keuntungan besar saat branding produk berhasil.

Pada dasarnya, Brand merupakan suatu produk yang dihasilkan dari sebuah perusahaan dibawah naungan suatu merk dagang (trade mark). Bahkan ada yang bilang bahwa brand merupakan pengalaman konsumen dalam menggunakan suatu produk yang membedakannya dari pesaing lain. Oleh karenanya, mengenalkan sebuah brand bukanlah hal yang mudah. Ada banyak cara yang harus anda lakukan agar produk anda melekat di hati para konsumen.

Namun, membangun sebuah brand tidaklah semudah yang dibayangkan. Pasalnya, untuk mencapai titik teratas dikenal oleh masyarakat membutuhkan perjuangan panjang. Selain itu, anda juga harus melakukan banyak hal untuk menaklukkan hati para konsumen. Nah, berikut beberapa jurus jitu branding produk agar semakin dikenal oleh khalayak ramai! Simak dibawah ini!

Pahami target pasar (konsumen)

Dalam memulai bisnis, tentunya anda telah mengatur semua hal yang berkaitan dengan masalah produk. Pastinya, produk yang dibawakan harus bisa menjawab permasalahan-permasalahan masyarakat luas, agar produk tersebut laku di pasaran. Sala satunya adalah dengan memahami karakter konsumen yang anda tuju.

Sebagai contoh, anda menjual produk sabun organik. Nah, kira-kira konsumen yang cocok untuk anda itu seperti apa? Misal, menerapkan gaya hidup sehat, suka menjaga lingkungan, vegan, dan berpenghasilan menengah keatas. Dengan mengetahui karateristik konsumen, anda akan dengan mudah menjual dan membangun brand.

Beriklan di media sosial

sources: freepik.com

Langkah paling penting adalah beriklan. Seiring berkembangnya zaman, iklan melalui surat kabar atau bentuk kertas fisik langsung lambat laun mulai ditinggalkan. Selain karena kurang menjaga kelestarian lingkungan, biaya produksi iklan pun juga cukup mahal. Sehingga, muncul lah inovasi untuk beriklan melalui sosial media. Seperti Facebook, Instagram, Whatsapp API, dan blog.

Terbukti, beriklan di sosial media bisa menjadi solusi alternatif untuk mengurangi biaya iklan suatu produk.  Pilihan konten yang menarik pun menjadi daya tarik utama. Ditambah, hampir semua kalangan memiliki media sosial. Sehingga berlapak melalui suatu platform sangatlah efektif untuk mengenalkan produk anda ke masyarakat secara luas.

Berikan nilai tambah dari produk yang dijual

Pada umumnya, Pebisnis amatir hanya akan mengiklan di sosial media akan produk yang dijual saja, tanpa memperhatikan dampak jangka panjangnya. Misal dampak akan customer relationship dari penjual yang hanya menjajakan dagangannya saja dibandingan dengan penjual yang sering memberikan giveaway atau edukasi. Biasanya, hubungan yang terbentuk hanya sebatas jual beli tanpa adanya repeat order di kemudian hari.

Beda halnya, jika konten anda tidak hanya soal produk saja. Misalnya quiz, informasi singkat, quotes, giveaway, dan diskon, tentu hubungan antara pembeli dan penjual akan terbentuk lebih erat lagi. Sehingga kemungkinan untuk repeat order sangatlah besar. Ingat, isi konten yang mengedukasi pembaca yang nantinya di kemudian hari akan menjadi loyal customer.

Nah, itu dia jurus jitu branding produk aga semakin terkenal. Jurus ke berapakah yang akan anda pakai? Atau dicoba semua?

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.