Blog | GoSocial

2021 menjadi tahun yang penuh dengan banyak konten video. Mulai dari platform media sosial seperti TikTok, Instagram dengan reelsnya, tak ketinggalan ada YouTube. Begitu pula dengan promosi bisnis. Mempromosikan brand mu dengan video adalah trik wajib yang harus kamu coba. 

Video marketing adalah strategi promosi dengan menggunakan konten video. Contoh sederhananya adalah video iklan. Pasti kamu sudah familiar dengan iklan yang bermunculan di televisi. Namun sekarang video iklan mempunyai berbagai macam ide yang tidak hanya bermunculan di televisi. Kali ini Gogo akan menunjukkan berbagai video iklan menarik dalam beberapa tahun ini.

Yuk simak ide kreatif video marketing yang out of the box berikut ini:

Sasa (Apa Sih yang Nggak Bisa?)

Sumber: YouTube Sasa Melezatkan

Siapa sih yang nggak kenal dengan produk bumbu masak Sasa? Apalagi para ibu-ibu, anak muda pun juga hafal. Tahun 2021 ini Sasa merilis video marketingnya yang bertajuk “Apa Sih yang Nggak Bisa?”

Apa yang menarik? Sasa yang notabene nya adalah brand bumbu masak, di mana ada visual makanan yang jelas terbayang, tapi mempunyai konsep unik untuk promosinya dengan merilis video bergaya style animasi Jepang. Video yang terinspirasi dari film Jepang “Kimi No Nawa” ini pun sempat ramai di Twitter. 

Video tersebut semakin memikat dengan sentuhan emosional dan kata-kata inspirasinya tentang tokoh-tokohnya yang bisa menggapai sebuah impian apapun bersama Sasa. Meskipun bergaya anime Jepang, latar yang dibuat tetap menampilkan kota Jakarta.  

Video marketing bergenre style anime Jepang ini pun tidak hanya satu kali dibuat, ada beberapa video yang lain yang bisa kamu lihat di YouTube Sasa Melezatkan.

Shopee (Rayakan Hari Ibu dengan #SambutHarapan)

Sumber: YouTube Shopee Indonesia

Shopee tak ketinggalan dengan Sasa yang memanfaatkan video marketing animasi di tengah pandemi. Video yang dibuat untuk menyambut hari ibu dengan judulnya “Rayakan Hari Ibu” dan campaign #SambutHarapan berhasil membuat penontonnya mewek.

Video tersebut menceritakan seorang perempuan yang positif hamil di saat pandemi dan krisis ekonomi. Namun ia ragu untuk menceritakannya kepada sang suami. Namun bukan marketing namanya kalau tak menyisipkan soft selling. Perempuan tersebut mendapatkan inspirasi dari imajinasinya tentang kebahagiaan keluarganya bersama bayi kecilnya. Kekhawatirannya hilang dengan bantuan kotak Shopee, maka dari itu video marketing ini mempunyai campaign #SambutHarapan. Alhasil di ending cerita perempuan tersebut menceritakan kehamilannya kepada sang suami. Menarik sekali ya!

Ramayana #Keren Hak Alam Semesta

Sumber: YouTube Ramayana Department Store

Ramayana, department store ini juga mempunyai berbagai video marketing yang out of the box dengan ide nyelenehnya. Contohnya saja video ramadan tahun 2019 “Lebaran di Planet Udique” yang menjadi viral dengan 20 juta penontonnya di YouTube.

Video tersebut sangat menghibur dengan unsur humor namun tetap Indonesia banget. Bagaimana ceritanya? Cerita yang disajikan adalah keluhan penghuni luar angkasa di Planet Udique yang ingin tampil lebih keren saat lebaran namun bajunya tidak mendukung. Sang raja mengirimkan anak buahnya untuk membeli baju di Ramayana dengan ufo. Lalu terciptalah fashion show di planet tersebut. Hal yang  unik dari iklan ini adalah ikon kepala yang menggunakan rice cooker sepanjang iklan, unik bukan?

Campaign yang bertulis #KerenHakAlamSemesta sangat mewakili bagaimana isi dan visual yang kocak dari iklan ini.

Tokopedia (Kembalikan Semangat Ramadan-mu Bersama Tokopedia)

Sumber: YouTube Tokopedia

Tokopedia, salah satu market place terbesar di Indonesia tak mau ketinggalan. Masih membahas video marketing di saat ramadan, tepatnya di tahun 2020 lalu Tokopedia membuat iklan berjudul “Kembalikan Semangat Ramadan-mu Bersama Tokopedia”. Apa yang menarik ya?

Iklan ini sangat kreatif yang fleksibel dengan kondisi pandemi. Jika kebanyakan iklan memanfaatkan talent seseorang, lain halnya dengan Tokopedia. Video berdurasi 30 detik tersebut menggunakan konsep miniatur dan finger puppet. Talent dalam iklan diganti dengan tangan dan dua jari sebagai karakter dalam cerita.

Dua jari tersebut pun muncul saat di rumah, berkumpul bersama keluarga, bahkan sampai menaiki motor. Iklan ini semakin lengkap dengan munculnya kardus Tokopedia, kardus itu pun muncul dengan barang-barang versi miniatur. Selain itu properti bangunan pun dibuat miniatur dan sangat unik.

Grab (Ramadan Ala yang di Rumah Aja)

Sumber: YouTube Grab Indonesia

Video marketing dari Grab tidak kalah menarik. Ketika kamu melihat video ini, seperti halnya menonton video musik dengan musik original dan vokal yang keren produksi Grab. 

Pembuka iklan ini diwakili dengan boneka tangan yang berbicara seperti seorang MC di teater studio, lalu ada tirai teater yang terbuka menunjukan aktivitas orang-orang yang kesulitan pergi di saat pandemi dan juga puasa. 

Iklan ini mempunyai konsep puppet show dipadukan dengan blue screen, lalu ditempel ke dalam footage atau miniature yang sudah di desain. Banyak talent yang terlibat dan dipadukan menjadi rangkaian video yang mewakili kegelisahan orang rumahan yang tidak bisa pergi-pergi. Unsur humor yang menampilkan parodi Roma Irama pun tak kalah membuat hidup video marketing tersebut.

Begitulah lima video marketing yang out of the box dan sangat membuka ide-ide untuk berkreasi memperkenalkan sebuah produk, ya. Mereka sangat inspiratif dan mampu beradaptasi membuat konten di tengah pandemi, namun tetap bisa menyampaikan pesan marketing yang menarik penonton. Good Job! Apakah kamu ada inspirasi unik untuk video marketingmu?

 

Comments to: Simak 5 Ide Kreatif Video Marketing yang Out of The Box

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.