Adanya digitalisasi teknologi pada revolusi industri 4.0 ini, menjadi sebuah kesempatan untuk sebuah bisnis melakukan transformasi. Selain itu setiap bisnis dituntut untuk melakukan sebuah inovasi dalam pemasaran bisnisnya. 

Nah, salah satu inovasi yang dilakukan dalam dunia bisnis saat ini adalah social media marketing. Banyak bisnis saat ini yang memanfaatkan social media sebagai platforms atau tools dalam marketing mereka, Hal ini pun menjadi sebuah alasan karena popularitas dari social media di seluruh dunia. 

Social media merupakan sarana bagi konsumen untuk berbagi informasi teks, gambar, audio, dan video satu sama lain dan dengan perusahaan, dan sebaliknya (Philip Kotler, 2016). Berdasarkan data yang ada, pengguna aktif social media di indonesia saat ini mencapai 170 juta dari total populasi di Indonesia sebesar 274,9 juta jiwa. 

Untuk mengetahui lebih lanjut soal social media marketing, yuk, simak lebih lanjut artikel ini!

Apa itu social media marketing?

Social media marketing merupakan sebuah bentuk alat atau tools dalam konsep marketing yang diintegrasikan dengan social media untuk melakukan promosi dan memasarkan layanan produk atau jasa dalam sebuah bisnis.  

Berdasarkan pada realita yang terjadi, social media marketing ini selalu berhubungan dan terkait dengan digital marketing. Selain itu, faktanya pengaplikasian social media marketing ini dalam sebuah bisnis menjadikan pemasar lebih efektif dalam menjalankan aktivitas pemasarannya. Karena hal tersebut telah didukung dengan adanya proses digitalisasi. Dan, para pemasar juga dapat melakukan interaksi dan mendapatkan engagement dengan audiens untuk meningkatkan konversi dan ROI pada social media marketing. 

Dalam hal terkait pemilihan platform social media marketing menjadi suatu hal yang penting. Karena itu berhubungan dengan kesesuaian target market yang telah kita  buat.  Maka dari itu, kesuksesan daripada strategi marketing yang telah dibuat akan selalu berhubungan dengan platform social media marketing yang kita gunakan. 

Dengan berbasis pada analitik data yang kuat, social media marketing akan sangat berguna bagi pengembangan bisnis. Seperti menganalisis jangkauan engagement, target market, dan sebagainya. Dan alangkah lebih baiknya pula jika dalam menjalankan social media marketing kita juga mampu mengintegrasikannya dengan big data management.

Data Digital Trends Indonesia 2021

Setelah kita mengetahui terkait pengertian dari social media marketing, untuk melakukan langkah yang lebih jauh lagi dalam dunia pemasaran alangkah lebih baiknya kita mengetahui beberapa data yang terkait. 

Dilansir dari WeAreSocial terdapat beberapa data digital Indonesia di tahun 2021.

Populasi di Indonesia 

  • Di tahun 2021 bulan januari, populasi di indonesia sebanyak 274,9 juta orang. 
  • Hal tersebut terjadi peningkatan sebesar 2,9 juta (+1,1 %)

Pengguna Internet di Indonesia

  • Berdasarkan hasil data yang telah dilaporkan, di bulan januari 2021 terdapat sebanyak 202,6 juta orang yang aktif menggunakan internet.
  • Hal tersebut terjadi peningkatan sebesar 27 juta (+16 %) dari tahun 2020 ke tahun 2021
  • Sedangkan untuk Internet Penetration yang ada di Indonesia yakni mencapai 73,7% pada Januari 2021.

Social Media Statistics di Indonesia

  • Pada bulan januari 2021, di Indonesia terdapat 170.0 juta orang pengguna social media.
  • Jumlah angka tersebut mengalami kenaikan sebesar 10 juta (+6,3 %).
  • Jadi, jumlah pengguna media sosial di Indonesia setara dengan 61,8% dari total populasi pada Januari 2021.

Mobile Connection di Indonesia 

  • Di Indonesia terdapat 345,3 juta orang yang menggunakan mobile connection
  • Jumlah mobile connections di Indonesia mengalami peningkatan 4,0 juta (+ 1,2%) antara Januari 2020 dan Januari 2021.

Dari data ini diharapkan dapat melakukan penentuan dan memutuskan strategi social media marketing yang akan digunakan.

Manfaat Social Media Marketing Dalam Bisnis

1. Meningkatkan Brand Awareness

Brand awareness merupakan kesadaran merek dari seorang pelanggan. Yang mana dari data tersebut dapat digunakan untuk pengoptimalan strategi social media marketing, untuk menciptakan sebuah brand awareness di benak masyarakat. 

JIka kita lihat berdasarkan data diatas, terdapat 170,0 juta orang pengguna aktif social media. Jadi apabila kita telah dapat melakukan strategi social media marketing yang sesuai dan baik, maka 170,0 juta orang tersebut akan mengingat brand yang telah kita buat. Yang mana nantinya, secara tidak langsung akan dapat meningkatkan penjualan dalam bisnis kita.

2. Memperluas Market Penetration

Social media merupakan sebuah platform yang sangat banyak penggunanya. Semua kalangan, usia, pekerja apapun tak membatasi seseorang untuk menggunakan social media. 

Apabila sebuah bisnis kita menggunakan social media marketing, maka akan dapat memperluas pangsa pasar yang mereka miliki. Hal tersebut akan menjadi kesempatan yang sangat luar biasa untuk sebuah bisnis.

3. Mengetahui Feedback Produk

Selanjutnya pada efek manfaat dari social media marketing adalah dapat mengetahui feedback produk. Hal ini dikarenakan, kita dapat melihat secara langsung terkait respons dari audiens. Seperti, like, komen, share, atau bahkan mem-follow akun social media kita.

4. Dapat Melakukan Interaksi dengan Audiens

Selain, dapat mengetahui feedback produk kita juga dapat melakukan interaksi dengan audiens. Melalui beberapa tipe kontan yang dibuat untuk social media marketing dapat menjadi penghubung kita dengan para audiens. Dari sini, kita dapat men-tracking perilaku konsumen.

5. Mengetahui Analisis Pesaing

Dalam social media marketing, kita juga dapat melakukan analisis pesaing. Hal itu, bisa didapatkan melalui data-data yang mereka kumpulkan dari social media pesaing. Karena, dalam social media marketing pemasar dapat laporan hasil dari kegiatan pemasaran yang mereka lakukan. Sehingga bisa menjadi sebuah benchmarking juga, untuk melakukan analisis pesaing.

6. Menghemat Biaya dan Lebih Efisien

Pemasaran secara online dengan menggunakan social media marketing di era digital saat ini menjadi pemasaran yang paling efektif dan efisien dibandingkan dengan pemasaran secara offline. 

Jenis Platform Social Media Marketing

Untuk melakukan social media marketing, penting untuk kita mengetahui platforms social media yang akan kita gunakan karena hal tersebut akan mempengaruhi kegiatan pemasaran kita.

Dan berikut ini merupakan kumpulan daftar jenis platform social media marketing :

  1. Facebook
  2. Instagram
  3. Youtube
  4. Tik-Tok
  5. Twitter
  6. Snapchat
  7. Pinterest 
  8. Linkedin
  9. Blogs

Lalu, Gimana Sih Strategi Social Media Marketing Yang Efektif?

Untuk menghasilkan social media marketing yang efektif, kita perlu membuat sebuah strategi social media.

1. Lakukan riset dan audit evaluasi social media

Untuk membuuat sebuah konten yang menarik dalam social media marketing, tentunya terdapat sebuah riset dan audit evalusi terlebih dahulu terhadap social media yang akan kita gunakan. Selain itu, kita juga bisa melakukan riset pedaing juga untuk menentukan strategic defense and attack dalam bisnis yang akan dilakukan kegiiatan pemasaran lewat social media ini. 

2. Menetapkan metrics pada social media marketing

Setelah melakukan riset dan audit evaluasi, sekarang kita telah memiliki data yang lengkap dan valid. Nah, dari data tersebut akan kita olah untuk menentukan sebuah metrics dalam social media marketing.

3. Menentukan target market audiens

Langkah selanjutnya yang akan dilakukan yakni, menentukan target audiens. Setelah menentukan metrics, target market audiens sangat berpengaruh secara langsung nantinya dengan metrics yang telah kita buat. Biasanya dalam menentukan target audiens kita menggunakan data hasil riset dan audit evaluasi serta data dari metrics yang telah kita buat. Selain itu, proses untuk menentukan ini dinilai harus berhati-hati, karena akan berpengaruh secara langsung terhadap kegiatan marketing yang dilakukan. Dan, nantinya hal tersebut juga mempengaruhi sebuah bisnis kita nanti.

4. Menentukan platforms yang akan digunakan

Selanjutnya, yang akan kita lakukan yakni menentukan platforms social media yang akan kita gunakan. Dalam menentukan platforms ini, akan dilihat dari data target audiens, metrics dan hasil riset. Dengan begitu, kita dapat menentukan penggunaan platforms yang tepat

5. Menentukan strategi konten 

Dan langkah selanjutnya yang akan kita lakukan yakni menentukan strategi konten. Dalam hal ini kita akan membuat content planning yang harus kita lakukan dalam jangka waktu yang telah ditetapkan. Seperti membuat content planning untuk waktu 3 bulan, 4 bulan, dan 6 bulan. Sebuah konten jika diibaratkan menjadi sebuah jantung dalam social media marketing ini. Karena konten suatu hal yang penting untuk kelangsungan kegiatan social media marketing ini,

6. Menganalisis biaya ads

Pada analisis biaya ads ini, kita harus membuat cost estimation plan. Nantinya cost estimation plan ini menjadi acuan dalam biaya ads itu sendiri. Biasanya dalam menganalisis biaya ads ini, pembuatan cost estimation plan dibuat lebih dari satu planning atau perencanaan. Nantinya beberapa plan tersebut akan dipilih salah satu untuk menjadi biaya ads.

7. Melakukan penjadwalan upload konten

Postingan konten yang terstruktur dalam social media marketing akan terlihat agus dan menarik banyak orang untuk mendatangkan engagement dan reached. Maka dari itu, untuk itu semua kita harus melakukan penjadwalan upload konten yang sesuai dengan The Times kita (the times; waktu yang pas dan seusai untuk memposting konten kita).

8. Melakukan controlling dan evaluasi

Dan yang terakhir adalah melakukan pengawasan dan evaluasi. Staretgi ini dinilai sangat efektif untuk melakukan penilaian dan tinjauan ulang terhadap strategi social media marketing yang telah kita lakukan.

Itulah pembahasan mengenai social media marketing, mulai dari pengertiannya hingga strategi yang harus dilakukan. Semoga bermanfaat yaa..

Nah, masih bingung atau tidak punya cukup waktu untuk melakukannya? tenang! GoSocial menyediakan Jasa Digital Marketing untuk membantu bisnis melakukan Social Media Management secara mudah dan lengkap dengan biaya yang terjangkau! langsung aja yuk cek di GoSocial untuk informasi yang lebih lengkapnya!

Instagram: gosocial.id

Comments to: Social Media Marketing : Pengertian, Manfaat dan Strategi Panduan Lengkap

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.