fbpx

Blog | GoSocial

Semakin berkembangnya teknologi, semakin banyaknya kemudahan dan juga pilihan. Kini segi kehidupan kita dipengaruhi oleh internet yang dikuasai dengan kehadiran media sosial. Saat ini siapa tidak bisa lepas dari media sosial.

Bisnis pun mau tidak mau dan harus bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi, yaitu memanfaatkan media sosial sebagai tempat berjualan.

Namun seperti yang sudah disebut di atas bahwa perkembangan teknologi tidak sampai pada media sosial saja, kini ada yang namanya influencer yang bisa membantu mempromosikan sebuah brand.

Untuk tetap selaras dengan perkembangan zaman dan tentunya kemajuan pada bisnis, apakah harus menggunakan social media marketing dan influencer marketing juga? Apa bedanya dan alasan mengapa keduanya penting bagi peningkatan bisnis. Simak Artikel ini sampai habis.

Pengertian Social Media Marketing

sumber : unsplash.com

Social media marketing adalah cara pemasaran menggunakan platform media sosial yang bertujuan untuk membangun kesadaran merek atau brand, meningkatkan penjualan dan mengarahkan lalu lintas situs web

Dalam social media marketing tentunya tidak hanya terfokus pada peningkatan penjualan produk namun bagaimana brand dilirik oleh pelanggan. Dan hal ini yang sangat berperan penting adalah konten. Content is king.

Pada social media marketing konten adalah segalanya, mengapa demikian?

Karena cara berinteraksi dengan audiens dan mengenalkan brand kepada pelanggan semua lewat konten, seakan konten sedang membangun hubungan dengan pelanggan.

Bila konten diterima maka nama brand otomatis juga diterima oleh pelanggan. Selain itu postingan konten yang konsisten membuat pelanggan semakin jatuh cinta dengan brand kamu, apalagi ketika pelanggan relevan dengan konten yang dibuat, bukan tidak mungkin pelanggan bisa menjadi pembeli potensial di masa depan.

Pengertian Influencer Marketing

sumber : unsplash.com

Influencer marketing adalah bentuk pemasaran yang menggunakan dukungan atau seseorang yang memiliki pengaruh terhadap khalayak luas yang juga mempunyai pengikut media sosial yang besar. 

Karena tingkat kepercayaan terhadap seorang influencer yang besar dari pengikutnya maka ini berfungsi untuk mengerucutkan target pasar bisnis kamu.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Bekerja Sama Dengan Influencer

  1. Tentukan influencer yang sesuai dengan target pasar kamu, riset terlebih dahulu influencer secara menyeluruh sebelum bekerja sama.
  2. Kepribadian influencer juga harus bisa satu jalur dengan brand kamu agar tetap related saat mempromosikan produk.
  3. Brand juga harus mempunyai aturan yang bijak mengenai pedoman, menentukan tujuan dan harapan yang jelas.
  4. Dan membuat kontrak kerja sama yang sah secara hukum dengan influencer agar meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Alasan Menggunakan Social Media Marketing

sumber : unsplash.com

Hemat Biaya

Bagi kamu yang baru memulai bisnis atau kamu bisnis rumahan, jangan khawatir, karena media sosial bisa dipakai oleh semua orang dan kamu bisa menggunakan secara gratis untuk mempromosikan bisnis kamu. Kamu bisa memanfaatkan Instagram, Facebook atau Tiktok, sesuaikan saja dengan target pasar kamu.

Meningkatkan Brand Awareness

Media sosial secara tidak langsung adalah tempat berkomunikasi dengan banyak orang, begitu pun dengan bisnis. Media sosial menjadi jembatan bagi brand untuk bisa mengenalkan brand kepada para pelanggan baru dan pelanggan yang sudah ada, ternyata menurut eventige.com 90% orang menggunakan media sosial untuk berkomunikasi langsung dengan bisnis.

Mengetahui Kepuasaan Pelanggan Secara Langsung

Kita mungkin tidak pernah tahu bagaimana mengetahui kepuasan pelanggan, namun ada satu cara dari social media marketing yang bisa membantu melihat kepuasan pelanggan terhadap brand, yakni cara brand membalas komentar dan pesan (Direct message). Mengapa? Menurut eventige.com menunjukkan bahwa 88% orang cenderung tidak membeli produk dari sebuah bisnis karena tidak menanggapi komentar atau pesan yang disampaikan oleh pelanggan. 

Padahal dengan membalas keluhan atau komentar dari pelanggan adalah salah satu cara sederhana dan terbaik untuk menghargai pelanggan dan mengetahui kepuasaan pelanggan.

Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Ketika konten kita relevan dengan audiens atau pelanggan kemudian produk kita cocok maka hasilnya akan memuaskan untuk brand dan sejajar dengan ulasan atau review dari pelanggan yang senang dan puas.

Karena risiko kehilangan pelanggan dan penurunan penjualan terbesar adalah ketika ada review yang buruk dari pelanggan, faktanya 93% review atau ulasan mempengaruhi keputusan orang lain untuk membeli.

Menaikkan Traffic

Ketika konten yang dibuat oleh brand sangat bermanfaat dan informatif maka peluang konten untuk dibagikan oleh pelanggan sangat besar dan itu menjadi hal yang mampu menaikkan traffic media sosial bisnis kamu.

Alasan Menggunakan Influencer Marketing

sumber : pexels.com

Kepercayaan Konsumen Semakin Bergeser

Influencer berkembang dan menjadi seorang yang dipercaya untuk mempromosikan sebuah produk karena mempunyai track record yang sudah dilihat banyak orang. 

Maka dari itu kepercayaan audiens terhadap influencer sangat didengar bahkan rasanya sangat dekat. Kembali menurut eventige.com bahwa 63% pelanggan mengatakan mereka lebih mempercayai pesan atau rekomendasi dari Influencer dibanding dengan iklan dari brand atau perusahaan. 

Influencer Cocok Dengan Target Pasar

Influencer ibarat pelanggan yang sedang mereview atau mempromosikan produk kepada temannya.

Karena target pasar secara tidak langsung ada di influencer misalnya dari segi usia, pendidikan, lokasi, cara berinteraksi dan lainnya. Itu seperti target pasar yang diinginkan atau serupa. Influencer seperti target pasar yang sedang berbicara untuk membantu meningkatkan penjualan.

Membantu Membentuk Hubungan Pelanggan Dengan Brand

Influencer itu didengar karena ketika mereka tidak sedang bekerja sama dengan brand, influencer membagikan kisahnya dan pengalamannya dan itu yang nantinya bisa membentuk hubungan dengan pelanggan ketika bekerja sama dengan brand. Brand bisa memanfaatkan pengalaman dan cerita dari influencer untuk membantu menaikkan penjualan.

Influencer Layaknya Teman

Intonasi influencer dalam mempromosikan produk itu sudah kita ketahui berbeda dengan brand atau perusahaan yang rasanya kaku. 

Influencer layaknya sedang berbicara dengan teman atau keluarga dan tetap menjadi diri sendiri sehingga terlihat tidak dibuat buat dalam mempromosikan sebuah produk. Dan para pelanggan atau audiens betah berlama lama menonton influencer walaupun nyatanya itu adalah iklan.

Influencer Mempunyai Ciri Khas

Brand atau bisnis pasti ingin berbeda dari yang lain. 

Nah menggunakan influencer marketing menjadi salah satu caranya. Brand bisa menyeleksi influencer yang mempunyai ciri khas yang cocok dengan brand kemudian dikombinasikan agar menjadi perpaduan yang kuat.

Dari hal tersebut ketika melihat influencer maka audiens atau pelanggan langsung ingat dengan brand kamu.

Lebih Tepat Pilih Yang Mana?

Semua balik lagi tergantung kebutuhan bisnis kamu. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, kalau kamu masih merintis usaha, kamu bisa menggunakan social media marketing dan kalau kamu sudah mempunyai bisnis yang cukup besar, tidak ada salahnya bekerja sama dengan influencer atau Influencer Marketing.

Buat kamu yang baru memulai usaha jangan berkecil hati kamu bisa tetap mendulang keuntungan bahkan lebih besar walau belum menggunakan Influencer karena kami GoSocial bisa membantu dalam Social Media Management, Social Media Engagement, Branding & Design. Follow juga instagram kami gosocial.id

Comments to: Social Media Marketing vs Influencer Marketing, Mana Yang Terbaik?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.