Diskon 20% layanan SME selama Mei 2020

Ayo, Cek Sekarang

Social Media Statistics 2020: Tiktok Ungguli Twitter

Oleh Admin GoSocial
No Ratings Yet.

Setiap Social Media mempunyai keunikannya tersendiri, baik dari segi fitur maupun cara penggunaannya. Dengan berbagai keunikan tersebut mereka bersaing dengan Social Media lainnya, ada yang bertahan, semakin popular, baahkan ada yang semakin meredup. Mereka yang meredup biasanya dikarenakan 2 hal, yaitu fitur mereka yang kurang menarik bagi penggunanya, atau adanya pesaing baru yang menawarkan fitur lebih menarik. Hal ini lah yang dilakukan oleh TikTok hingga mampu menggusur peringkat Social Media pendahulunya.

TikTok merupakan sebuah jaringan sosial dan platform musik yang berasal dari Tiongkok. TikTok diluncurkan sejak September 2016 oleh pendiri Toutiao, Zhang Yiming. Meskipun termasuk pendatang baru, namun fitur yang mereka tawarkan cukup unik dibanding fitur dari Social Media yang lain. Fitur unggulan yang ditawarkan yaitu dalam pembuatan video pendek. Adanya special effect dalam pembuatan video, tentu akan memberikan keunikan pada video buatan Anda sehingga menjadi video yang menarik. Selain itu, dalam video juga bisa diisi dengan musik yang semakin membuat video ini menjadi lebih menarik.

Berbekal fitur unggulan tersebut, akhirnya TikTok mampu masuk jajaran 4 besar Social Media Dunia. Berdasarkan Social Media Statistics 2020, ada 5 Social Media dengan pengguna aktif terbanyak di dunia.

  1. Facebook
    Raksasa dalam dunia Social Media ini tetap menjadi rajanya di tahun ini. Total pengguna aktifnya mencapai 2,4 Milliar pengguna, unggul jauh dari Social Media yang lain. Namun, grafik pertumbuhan Social Media ini tipa tahun mengalami penurunan di berbagai negara. Di tahun-tahun kedepan merupakan tahun-tahun yang menjadi tantangan berat untuk Facebook dengan adanya berbagai Social Media lain yang siap mengunggulinya. Apakah Facebook bisa mempertahankan tahtanya?
  2. Youtube
    Google sebagai raksasa Perusahaan Tekologi Dunia pun tidak mau kalah. Dengan Youtube, mereka mampu berada di peringkat ke 2 sebagai Social Media dengan pengguna aktif terbanyak, yaitu mencapai 2 Miliar pengguna. Bahkan Youtube mampu mengungguli Instagram. Salah satu hal yang menarik dari Twitter ini yaitu penerapan Iklan dan pengguna berbayar mereka. Sehingga mereka bisa membagikan insentif ke penggunanya yang aktif membuat konten dan memiliki banyak penonton. Bahkan saat ini berbagai saluran Televisi juga sudah membuat channel Youtube mereka untuk membagikan video program acara mereka di Youtube. Akankah di tahun 2021 Youtube mampu menjadi sang Raja Socia Media?
  3. Instagram
    Social media yang masih satu perusahaan dengan Facebook ini menempati peringkat ke 3 dengan jumlah pengguna aktif mencapai 1 Miliar pengguna. Bahkan, jika Facebook dan Instagram digabung, jumlah pengguna aktif mereka masih lebih banyak dibandingkan total pengguna aktif dari peringkat 5 besar lainnya.
  4. TikTok
    Ya, TikTok. Pendatang baru dalam dunia Social Media ini pada tahun 2020 mampun masuk ke jajaran 5 besar, bahkan menempati peringkat 4 dan mengalahkan Twitter yang berada di peringkat ke lima. Aplikasi yang rilis pada tahun 2016 tersebut kini pengguna aktifnya mencapai angka 500 juta pengguna. Angka tersebut merupakan capaian luar biasa karena bisa dicapai hanya dalam kurun waktu 3-4 tahun saja.
  5. Twitter
    Twitter menempati urutan ke 5 dengan total pengguna aktif sebanyak 330 Juta pengguna. Aplikasi ini kalah dari pendatang baru TikTok yang menempati peringkat 4 dengan terpaut sekitar 120 juta pengguna.

 

Nah, dengan berbagai macam Social Media tersebut, tentunya masing-masing mempunyai sasaran pengguna tersendiri. Sebagai pebisnis, Anda bisa melihat dari sisi pengguna aktifnya. Dengan banyaknya pengguna tersebut, maka beriklan melalui media sosial memiliki peluang dilihat audiens sangat besar. Jika bingung Social Media apa yang cocok untuk Bisnis Anda, kami bisa membantu ada. Kami telah berpengalaman dalam bidang social media management and marketing. Cari tahu lebih lanjut layanan kami melalui live chat kami atau bisa menghubungi kami di sini.

Admin GoSocial


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke GoSocial

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan GoSocial? Dapatkan Diskon 25% serta PROMO lainnya & setup

Yuk Cek Sekarang !