Promosi merupakan tindakan memperkenalkan suatu bisnis perusahan atau perseorangan kepada calon konsumen. Promosi sangatlah penting terhadap keberlangsungan bisnis, karena dapat meningkatkan presentase penjualan setiap harinya.

Banyaknya kompetitor di era sekarang membuat para pelaku bisnis memutar otaknya untuk membuat promosi yang bagus, kreatif dan menarik bagi calon konsumen. Jika dirasa sudah mempunyai ide-ide promosi yang kreatif dan berbeda dengan kompetitor, langkah awal adalah mempunyai akun social media sebagai perantara antara pelaku usaha dengan calon konsumen. Kenapa harus social media ? karena Social Media adalah Platform besar bertemunya seluruh orang dari seluruh dunia maupun lokal yang mengandalkan sistem online atau secara tidak langsung bertatap muka, hal ini yang membuat orang-orang berlomba-lomba mempromosikan bisnisnya lewat online .

Akan tetapi, sebagian para pelaku usaha merasa kebingungan memilih social media yang tepat untuk mempromosikan bisnisnya secara online. Berikut adalah beberapa social media menurut GoSocial yang tepat untuk promosi bisnis secara online.

Sumber dari Pixabay

Beberapa Social Media yang sering dijadikan tempat promosi online

Sebelumnya kami telah memilah beberapa social media yang dirasa tepat dalam promosi. Langsung saja tanpa basa basi simak ringkasan berikut ini.

Instagram

Sumber dari Unsplash

Instagram merupakan social media yang sering digunakan para pelaku bisnis untuk mempromosikan bisnisnya. Instagram merupakan social media terbesar kedua setelah facebook.

Di instagram, para pelaku bisnis dapat menggunakan fitur-fitur dari instagram seperti Instagram Stories atau Feed untuk mempromosikan produk jualannya. Tidak hanya itu saja, pihak instagram sangat mendukung adanya promosi di tempat mereka, bentuk antusias pihak instagram yaitu menyediakan fitur Instagram Ads. Instagram Ads sangat berperan penting dalam promosi di Instagram, karena dengan menggunakan fitur ini para pelaku usaha dapat menjangkau pengguna dan mengajak mereka untuk mengunjungi akun bisnis. Cara lainnya yang tidak asing lagi, pelaku usaha dapat menjalin kerja sama dengan influencer untuk mempromosikan produknya dengan memberikan review yang baik.

Caption sangat mempengaruhi konten promosi di instagram, karena caption harus berisi kalimat ajakan yang dapat membuat para calon konsumen merasa tertarik terhadap produk yang di promosikan, simak artikel Cara Membuat Caption Yang menarik di Instagram.

Facebook

Sumber dari Pixabay

Facebook ? siapa yang asing mendengar kata itu ? platform social media terbesar pertama ini memiliki pengguna hampir setara dengan seperempat populasi di bumi ini yang berasal dari berbagai negara dan kalangan yang menggunakannya.

Dari dulu facebook sudah mengadopsi sistem jual beli online dengan memanfaatkan fitur Grup Facebook, hal ini yang membuat sebagian besar orang mencari produk untuk kebutuhannya melalui facebook, dan bahkan facebook sendiri memiliki Lapak khusus Penjual dan Pembeli yang disebut Marketplace.

Facebook juga memberikan fitur yang sama dengan instagram yaitu Facebook ads, Facebook ads ini sama seperti halnya Instagram ads, akan tetapi perbedaanya terletak pada cara bekerjanya, Jika Instagram Ads menjangkau dan mengajak para calon konsumennya untuk mengunjungi Akun Bisnisnya Sedangkan Facebook Ads Mempromosikan langsung Produk dari pelaku usaha kepada pengguna yang berada pada jangkauannya dan bisa membelinya secara langsung tanpa harus mengunjungi akun bisnis.

Twitter

Sumber dari Unsplash

Seperti kompetitornya Facebook dan Instagram, Twitter juga menyediakan Twitter Ads untuk mempromosikan produk. Pemanfaatan Twitter Ads sama dengan Instagram Ads yaitu menjangkau pengguna sesuai target bisnis.

Agar Promosi tepat sasaran dan sukses di Twitter tidaklah sulit sebenarnya. Pelaku bisnis dapat mengawalinya dengan membuat suatu tweet promosi dan ditambahkan tagar tertentu dan juga tagar yang sedang trending di twitter. Di tweet itu, pelaku bisnis dapat memberitau informasi dari produk yang dipromosikan dengan membalas komentar para pengguna.

Kunci keberhasilan dalam promosi bisnis di social media yaitu dengan mempromosikannya ke target sasaran yang sesuai, maka dari itu, penting sekali menentukan target sasaran sebelum melakukan promosi melalui social media.

LinkedIn

Sumber dari Pixabay

Siapa sangka, platform pekerja dan pemilik bisnis ini bisa dijadikan tempat untuk promosi produk online. LinkedIn juga menyediakan fitur marketing solution yang diberi nama LinkedIn Business.

Dengan LinkedIn Business dapat membantu pelaku bisnis menemukan calon konsumen sesuai keinginan. Pelaku bisnis juga dapat menjangkau pengguna di seluruh dunia dan bahkan dapat menjangkau pemilik bisnis lainnya untuk menjadi konsumen.

Dengan menjangkau pemilik bisnis lainnya, produksi bisnis dapat meningkat menjadi besar. LinkedIn Business bisa jadi pilihan bagi pelaku bisnis yang menargetkan pemilik bisnis lainnya sebagai konsumen

Sumber dari Unsplash

Dengan mengetahui beberapa social media yang tepat untuk digunakan promosi, pastinya para pelaku bisnis sudah memikirkan social media mana yang tepat bagi promosi produknya.

Dan ditambah lagi memiliki strategi pemasaran yang cemerlang, menambah banyak peluang keuntungan yang diraihnya. Akan tetapi ada sebagian pelaku bisnis yang merasa terlalu kesulitan menghadapi ataupun mengelola akun social medianya, mungkin yang dibutuhkan adalah layanan-layanan dari GoSocial yang dapat membantu memajukan bisnisnya secara online.

Comments to: Rekomendasi Social Media untuk promosi bisnis secara online

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.