Blog | GoSocial

Seperti pada manusia, sebuah brand juga harus menunjukkan jati diri agar sanggup menampilkan eksistensinya.

Kalau hanya mengenal seseorang hanya dari nama saja pasti setelahnya akan lupa ketika berpasasan secara tidak sengaja, tapi ketika kamu bertemu dengan seseorang dan mendapatkan hal yang menarik dan menyenangkan kamu akan bisa mengingat walau pertemuan tersebut hanya sebentar. Begitupun dengan brand.

Brand harus bisa mampu membangun brand identity yang kuat dan unik, supaya konsumen menjadi pelanggan setia dan tentunya merekomendasikan brand secara sukarela kepada sekitarnya.

Saat konsumen ingin membeli sesuatu sekarang ini tidak hanya tentang produknya namun ada persepsi yang dibangun oleh orang-orang yang mampu menarik atau mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli suatu produk.

Keunikan brand tentunya sangat membantu menaikkan penjualan. Sebetulnya apa yang disebut dengan brand identity? Cara membangunnya dan manfaatnya?

Mari kita belajar bersama. Simak artikel ini sampai habis.

Pengertian Brand Identity

sumber : unsplash.com

Brand identity adalah gabungan elemen yang terlihat atau mencolok dari suatu brand, mulai dari desain, logo, warna dan beragam hal lainnya yang bisa membedakan brand dengan yang lainnya di mata konsumen.

Sederhannya brand identity yang sanggup mempermudah konsumen mengenali sebuah brand. Biasanya digabungkan pada produk, layanan dan sebagainya.

Nah, dari hal tersebut yang sudah dijelaskan di atas, ketika brand identity telah tercipta maka akan lahir pandangan konsumen terhadap brand.

Perlu digaris bawahi bahwa brand identity berbeda dengan branding, yang membedakannya adalah branding lebih memberikan penjelasan bagaimana tindakan yang dilakukan untuk membangun citra brand atau perusahaan sedangkan brand identity adalah suatu kumpulan elemen yang sudah ada untuk menciptakan citra brand.

Contoh brand identity adalah KFC, semua orang pasti mengetahuinya dan apa yang dibayangkan ketika melihat atau mendengar KFC, pasti ayam goreng crispy yang sangat lezat, atau juga tulisannya, logo, mascot dan warna merahnya yang sangat mencolok. Ini yang disebut dengan brand identity.

Manfaat Memperkuat Brand Identity Terhadap Perkembangan Bisnis

Mudah Dikenal Atau Diingat

Sekarang ini banyak bisnis yang serupa bahkan menawarkan produk yang sama dan otomatis pasti persaingan menjadi sangat ketat. Solusi untuk bisa menang dalam persaingan bisnis saat ini adalah dengan memperkuat brand identity karena mampu memudahkan konsumen dalam mengenali atau mengingat brand kamu, hal tersebut tentunya akan ber-impact pada peningkatkan penjualan.

Loyalitas Pelanggan

Menggaet konsumen saat ini sangatlah tidak mudah, perilaku konsumen pun telah berubah. Siapa yang ingin ditinggalkan oleh seseorang ketika sudah membangun hubungan, pasti tidak ada, demikian sama halnya dengan bisnis.

Tidak hanya tentang harga atau menjaga kualitas produk agar konsumen tetap membeli tapi bagaimana bisa menciptakan pengalaman yang baik dan menyenangkan kepada konsumen sampai pada akhirnya konsumen menjadi pelanggan setia.

Hal tersebut tidak jauh dari adanya brand identity yang mampu menjalin hubungan secara emosional dari hal yang hanya dilihat, misal warna atau logo sampai akhirnya menyentuh hati dan tindakan konsumen. 

Dan ini nantinya bisa membangun persepsi yang baik terhadap brand dari konsumen. Persepsi terbangun dari kepercayaan dan kepercayaan tercipta karena adanya pengalaman yang baik.

Memperkuat Daya Saing

Persaingan bisnis sangat sengit dan ada kemungkinan sebuah brand bisa ditinggalkan oleh konsumen karena tidak mempunyai daya saing yang kuat, maka dari itu brand identity mampu membangun daya saing agar bisa tetap bertahan dan tentunya menjadi pilihan konsumen.

Tips Membangun Brand Identity

Riset Target Pasar Dan Kompetitor

Pertama tama harus mengenal brand kamu dahulu apa yang ingin dikenal dari konsumen. Kemudian pahami target pasar kamu siapa dan apa yang diinginkan, apakah relevan dengan strategi yang kamu bangun. 

Ketahui juga bagaimana nantinya pandangan konsumen terhadap produk atau layanan yang disuguhkan oleh bisnis kamu, karena hal ini yang terlihat dan dirasakan pertama kali oleh konsumen.

Lalu setelah itu baru kamu menganalisis kompetitor, cari titik kelemahan dan kelebihannya supaya strategi bisnis kamu untuk membangun brand identity semakin matang dan optimal.

Membuat Kesan Yang Berbeda

Ketika riset sudah rampung maka langkah selanjutnya adalah memberikan kesan yang berbeda bagi konsumen, misalnya dengan menciptakan suasana yang berbeda, slogan yang mudah diingat atau unik atau fast respon dalam menjawab keluhan dari konsumen. Dengan adanya kesan yang berbeda tersebut bukan tidak mungkin pelanggan akan setia dengan brand kamu.

Tentukan Strategi Untuk Jangka Panjang

Setiap proses yang dibangun dari awal pastinya akan membutuhkan waktu dan strategi yang tepat. Kamu harus cermat dalam menentukan strategi bisnis untuk kedepannya karena brand identity yang nantinya akan dibangun harus bisa bertahan lama dan konsisten digunakan atau lebih tepatnya untuk jangka panjang. 

Jangan sampai strategi yang sudah dibuat tiba-tiba berubah di tengah jalan atau mundur.

Hal tersebut akan membingungkan konsumen dan mimpi buruknya konsumen bisa pergi.

Mengoptimalkan Media Sosial

Langkah selanjutnya setelah menyusun strategi adalah memaksimalkan media sosial, selain bisa membuat kepercayaan konsumen, juga mampu membuat identitas brand di dunia maya.

Karena saat ini semuanya berpusat dari media sosial maka memaksimalkan media sosial adalah cara yang tepat agar brand identity bisa cepat tercipta dan menjadi identitas brand yang mudah dikenal dan mungkin akan sangat digemari.

Strategi dalam memaksimalkan media sosial brand itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar namun tuntutan zaman bahwa sebuah brand harus cekatan dan cepat.

Tenang saja SocioZen jangan khawatir, kamu bisa bekerja sama dengan GoSocial karena kami Creative Digital Agency yang mempunyai jasa profesional dalam Social Media Management, Social Media Engagement, Branding & Design dan lainnya. 

Informasi lebih lanjut kamu bisa follow Instagram kami, gosocial.id

Comments to: Strategi Membangun Brand Identity Agar Bisnis Mampu Bertahan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.