fbpx

Blog | GoSocial

Dari satu tahun kebelakang hingga sekarang kita masih mengalami pandemi Covid-19 yang berimbas pada tingkat ekonomi masyarakat yang menurun. Pada beberapa orang bahkan mengalami pemutusan hubungan kerja hingga akhirnya mereka mulai membuka usaha atau menjadi wirausaha untuk melanjutkan hidup.

Persaingan UMKM pun menjadi semakin padat dan sengit, butuh sebuah kreatifitas dan inovasi terbaru dan beradaptasi dengan perkembangan zaman. Dalam bisnis sebenarnya persaingan merupakan hal normal.

Persaingan usaha atau bisnis adalah kompetisi antara para pebisnis atau penjual yang sama sama berusaha ingin mendapatkan keuntungan yang tinggi.

Persaingan pun ada dua jenis, yaitu persaingan jauh dan persaingan dekat.

Persaingan jauh adalah perusahaan yang menawarkan produk yang hampir sama dengan produk kamu, sedangkan pesaing dekat adalah bisnis atau perusahaan menjual produk yang sama atau sejenis dengan produk kamu.

Namun pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana langkah memenangkan persaingan pada bisnis UMKM yang semakin menantang?

unsplash.com

Lakukan Riset dan Kenali Pesaing

Langkah pertama adalah amati pesaing kamu, bagaimana mereka menjual produk mereka, mengapa produk mereka bisa diminati masyarakat dan lainnya. Hal ini bisa menjadi strategi atau peluang bagi bisnis kamu untuk bisa bersaing dan berkembang.

Perluaskan Brand

Langkah kedua adalah jangan terlalu memikirkan mendapatkan keuntungan dahulu tapi bagaimana masyarakat luas tahu produk kamu. Fokus untuk mengembangkan produk dan mempromosikannya, apalagi sekarang sudah era digital, kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk menaikkan awareness calon pelanggan kamu.

Perluasan brand adalah investasi jangka panjang bagi bisnis kamu. Ketika produk kamu sudah mulai dikenal maka perlahan keuntungan akan datang.

Ciptakan Produk yang Berbeda

Menarik dan unik tidak selalu harus berbeda, jangan fokus pada perbedaannya namun fokus untuk menciptakan rasa atau pengalaman yang berbeda untuk pelanggan kamu.

Misalnya kamu berjualan nasi goreng, pesaing kamu menggunakan sosis dalam nasi gorengnya sedangkan kamu bisa mencoba nasi goreng dengan telur atau mie. Tapi jangan hanya berinovasi, perhatikan inovasi yang kamu buat apakah memang cocok dengan pelanggan kamu atau tidak, supaya bisa tetap mendapat keuntungan.

Tentukan Harga yang Ramah

Memberikan harga yang ramah bukan berarti harus menurunkan harga dari pasaran atau pesaing, mungkin harga dengan pesaing hampir mirip namun kamu bisa tambahkan manfaat atau keuntungan untuk pelanggan atau juga bisa memberikan penawaran bonus “beli 2 gratis 1”.

Sesuaikan saja harga dengan target pasar dan juga keuangan usaha kamu, jangan sampai bisnis kamu mengalami kerugian hanya karena bersaing harga.

Tingkatan Strategi secara Online

Sudah banyak bisnis yang memanfaatkan media sosial untuk berpromosi namun mereka mungkin belum memahami menggunakan media sosial dalam meraih keuntungan, mereka hanya fokus promosi tapi lupa dalam meningkatkan isi di dalam media sosialnya. Coba kembangkan media sosial bisnis kamu dengan berbagai content yang menarik.

Sebenarnya kamu tidak perlu membutuhkan waktu lama dalam membuat content yang unik karena GoSocial bisa membantu kamu dalam Social Media Management dan Social Media Engagement, serta Branding & Design, Lengkap. Hanya untuk kamu yang ingin merambah ke bisnis online atau mengembangkan bisnis yang sudah ada ke digital.

Informasi lebih lengkap bisa kamu follong Instagram kami GoSocial.id

Comments to: Strategi Memenangkan Persaingan UMKM yang Semakin Ketat

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.