fbpx

Blog | GoSocial

Investasi  saat ini menjadi hal yang banyak diperhitungkan untuk menyiapkan masa depan. Karena dengan investasi kamu bisa mempersiapkan masa depan. Tentunya masa depan yang bebas dari masalah keuangan. 

Namun berinvestasi memang harus dipersiapkan, jadi kamu perlu tahu bagaimana langkah awal yang tepat untuk memulai investasi

Investasi pada umumnya mempunyai pengertian bahwa investasi adalah sebuah proses mengembangkan uang yang dimiliki untuk mendapatkan keuntungan yang lebih. 

Kali ini Gogo akan membagikan tips bagi kamu yang berencana untuk memulai investasi. Yuk simak penjelasannya.

Ketahui Dulu Tujuan Jangka Panjang

Untuk memulai investasi, kamu harus tahu alasan kenapa kamu berinvestasi. Tujuan jangka panjang dari hasil investasimu apa? Jika kamu sudah tahu dan menyusun tujuan jangka panjangmu, saat berinvestasi kamu pun tahu berapa dana yang akan kamu keluarkan. Serta jenis investasi apa yang akan diambil.

Berapa Dana yang Akan Diinvestasikan

Dana yang digunakan untuk berinvestasi biasanya mempunyai persentase dari 20% hingga 40%. Dari kisaran tersebut pastikan kebutuhan primer sudah tercukupi dahulu sebelum memulai investasi.

Pilih Produk Investasi Berdasarkan Tujuan Keuangan

Pilihlah produk investasi dengan risiko yang sesuai dengan karaktermu, kesanggupan, serta dana yang kamu keluarkan.

Ada dua jenis investasi untuk pemula:

1. Investasi berbentuk aset nyata atau wujud nyata seperti tanah, emas, sampai properti.

2. Aset finansial yang berhubungan dengan keuangan, seperti saham, deposito, obligasi.

Jenis Investasi

Inilah beberapa jenis investasi yang bisa kamu coba untuk menyiapkan masa depanmu, yuk disimak.

  1. Emas

Hingga saat ini investasi emas tergolong masih menjadi investasi yang populer di masyarakat. Emas pun juga cocok untuk kamu para investor yang memiliki rancangan investasi dengan risiko rendah dan juga tahan terhadap laju inflasi. Investasi emas pun mudah dicairkan.

  1. Deposito Berkala

Investasi deposito adalah investasi dengan risiko kerugian yang rendah. Investasi ini cocok untuk pemula. Namun investasi deposito mempunyai jangka waktu tertentu untuk pengambilan dana. Kamu tidak bisa mengambil dana sebelum jatuh tempo.

  1. Reksa Dana

Investasi ini cocok bagi kamu yang mempunyai dana kecil, karena Reksa Dana bisa dimulai dengan modal Rp 50.000. Keuntungan dan juga risiko jenis investasi ini tergantung jenis Reksa Dana yang kamu pilih. Jadi, pastikan perusahaan yang kamu pilih adalah perusahaan yang sudah kamu pelajari terkait reputasi dan tentunya bisa diandalkan.

  1. Surat Berharga Negara

Investasi surat berharga negara atau biasa dikenal dengan Surat Utang Negara (SUN), investasi ini cukup banyak digemari masyarakat. Investasi ini juga cocok bagi kamu uang mempunyai modal kecil dan belum mau mengambil risiko besar. 

Contohnya seperti Obligasi Ritel Indonesia (ORI), Saving Bonds Ritel (SBR), Suku Ritel, dan Suku Tabungan  Negara.

  1. Saham

Investasi saham adalah kegiatan yang menjadikan kamu turut mengeluarkan modal untuk sebuah perusahaan. Kamu pun akan mendapatkan pembagian hasil (deviden).

Keuntungan investasi saham tidaklah terbatas, tetapi investasi saham juga mempunyai risiko yang sangat tinggi karena bisa saja naik maupun turun setiap saat.

  1. Properti

Investasi di bidang properti membutuhkan modal yang besar untuk perawatan dan juga biaya pajak. Namun properti pun dapat menghasilkan keuntungan yang besar karena harga tanah dan rumah dapat meningkat setiap tahunnya.

Risiko dari investasi properti pun tidak sebesar seperti investasi saham. Tetapi untuk  mencairkan dananya tidaklah cepat karena membutuhkan waktu untuk menjualnya.

Begitulah serba-serbi investasi yang perlu kamu perhatikan untuk pemula. Pastikan kamu paham berbagai informasi tentang investasi seperti beberapa poin di atas dan berbagi praktik lapangan lainnya, agar misi kamu dalam berinvestasi semakin mudah dan sukses.

Comments to: Strategi Memulai Investasi untuk Pemula

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.