fbpx

Blog | GoSocial

Pandemi Covid-19 semakin menyesakkan yang berdampak pada kehidupan sosial dan perekonomian masyarakat Indonesia. 

Kita tidak bisa menghindari, mau tidak mau kita harus mulai beradaptasi dengan kehidupan normal baru dan juga mempertahankan bisnis agar tetap bisa berjalan.

Tidak dipungkiri usaha kecil atau UMKM sangat terpukul dengan pandemi Covid-19 yang sudah hampir satu tahun lebih ini.

Waktu terus berjalan dan hidup pun demikian, tidak bisa berhenti apalagi memilih menyerah. Pun dengan bisnis, kita mengeluarkan sekuat tenaga yang dipunya untuk bisa mempertahankan bisnis dan mendapatkan keuntungan kembali walau tidak besar seperti keadaan normal, setidaknya bisa untuk mencukupi keuangan bisnis atau usaha dan hidup.

Ada pepatah yang berkata “banyak jalan menuju roma” dan memang benar kita mungkin sedang dipusingkan dengan keuntungan yang menurun tapi kamu bisa mencoba strategi promosi di masa sulit seperti dibawah ini agar bisnis bisa kembali stabil dan keuangan tidak semakin menipis.

unsplash.com

Hindari Diskon atau Potongan Harga

Potongan harga memang menggiurkan tapi itu bagi pelanggan, bagi kamu yang pebisnis akan semakin pusing dengan keuangan yang sedang tidak baik.

Sebisa mungkin kamu menghindari membuat promosi dengan potongan harga.

Perilaku konsumen saat ini berubah sangat drastis mereka kini melihat harga yang sesuai dengan kantong masing-masing dan mencari barang yang sangat membutuhkan atau terdesak, pelanggan tidak bisa sama seperti saat keadaan sebelum pandemi Covid-19.

Bangun Branding dan Promosi Lewat Media Sosial

Dimasa Covid-19 ini kita semua diharuskan sebisa mungkin berada dirumah saja agar menghindari kerumunan yang bisa menimbulkan klaster Covid-19. 

Keadaan ini bisa kita maksimalkan dengan berbagai macam cara lewat media sosial, kamu bisa membuat promosi produk atau bisnis kamu kemudian kamu bisa memberikan content yang informatif.

Bisa juga kamu selaraskan kesehatan dengan produk kamu. Karena semua mata kini teralihkan ke media sosial untuk mencari hiburan, menghilangkan kebosanan dan tentunya proses jual beli kini berada di media sosial.

Tingkatkan Pelayanan

Bila produk kamu adalah makanan entah katering atau apapun itu kamu bisa memberikan kepercayaan bahwa makanan tersebut sangat higienis, diantar dengan kurir yang sangat ketat protokol kesehatannya, cukup membayar dengan uang digital dan gantungkan saja di pagar rumah. 

Atau bisa juga kamu sebagai pebisnis untuk menjemput bola bagi mereka yang sedang isolasi mandiri atau juga mereka dirumah saja menjaga keluarga dirumah. Kamu bisa menambahkan pelayanan diantar kerumah (delivery), pesan lewat pesan singkat atau whatsapp.

Buat grup komunitas bagi pelanggan agar lebih dekat dan memudahkan.

Peduli dan Empati

Kamu bisa mencoba memberikan produk kamu secara cuma-cuma bagi mereka yang membutuhkan.

Jadwalkan hari kemudian kamu bisa mengajak pelanggan untuk membantu sesama dengan membeli produk kamu, mereka yang membutuhkan bisa terbantu dan bisa melanjutkan hidupnya. 

Strategi secara sederhana ini mampu meningkatkan branding produk atau bisnis kamu karena ada sisi emosional yang diciptakan dan ketulusan dalam membantu orang banyak di masa sulit seperti ini.

Dengarkan Pelanggan

Kita sudah paham empat strategi diatas namun untuk bisa mengembangakn bisnis lebih jauh di masa sulit seperti ini adalah mendengarkan pelanggan. 

Kamu bisa mendengar masukan dari pelanggan, apa saja yang masih kurang kemudian mereka bisa menilainya. Selain itu kita sebagai pebisnis bisa melihat review atau komentar dari media sosial. 

Ini penting karena tumpuan strategi promosi di masa pandemi Covid-19 adalah media sosial.

Selain bisa mengajak pelanggan untuk saling peduli, mengetahui bagaimana produk kamu, ini juga bisa meningkatkan engagement media sosial bisnis kamu, semakin banyak pengikut baru atau followers maka semakin banyak peluang untuk mendapatkan keuntungan.

Masa pandemi Covid-19 membuat kerumitan dalam aktivitas, tidak bisa seperti dulu. Kita harus beradaptasi dengan kehidupan normal baru ini. Begitupun dengan dunia bisnis. 

Bisnis tidak lagi dilihat oleh pelanggan hanya mencari keuntungan namun kini sebuah bisnis atau usaha dilihat pelanggan dari kepedulian terhadap sesama dan tentunya produknya sangat bermanfaat.

Strategi promosi di masa sulit bukan tanpa tantangan, namun bisa dihadapi dengan bantuan pengelolaan Social Media Management yang baik lalu ditambah adanya pemahaman Social Media Engagement agar branding bisa terbantu dan pastinya meningkatkan keuangan bisnis. Dan semua itu bisa kamu dapatkan bersama GoSocial yang merangkul bisnis seperti teman dan bersama sama meraih impian.

Informasi lebih lengkap bisa kamu cek di website kami disini dan follow instagram kami GoSocial.id

Comments to: Strategi Promosi di Masa Sulit Agar Keuangan Bisnis Kembali Stabil

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.