Blog | GoSocial

Pandemi covid-19 yang tidak kunjung usai, menjadi tantangan besar bagi UMKM bertahan.

Jika Anda tidak dapat beradaptasi dengan cepat, maka dapat membuat bisnis Anda tenggelam dari persaingan usaha. Dan inilah yang banyak dialami para pelaku UMKM yang belum go digital. Sehingga banyak UMKM yang tidak bisa bertahan. Bahkan hanya 12,5 persen  UMKM bertahan di tengah gejolak pandemi ini. 

Namun jika melihat data UMKM yang sudah masuk dunia digital, sudah menunjukkan angka 13 persen dari 64 juta UMKM. Hal ini menunjukkan 0,5 persen yang sudah berjalan digital tetap tidak bisa bertahan. Lantas apa yang membuat hal itu terjadi ? Yeah , ketidaksiapan dalam memasuki dunia digital. 

Beradaptasi dengan cepat itu penting, namun terlebih dahulu Anda perlu memastikan kesiapan dalam memasuki dunia digital. Bahkan banyak UMKM yang tidak memiliki strategi dalam memaksimalkan digitalisasi usaha. Inilah yang bisa menjadi kegagalan UMKM bertahan di tengah pandemi. 

Apakah Sulit Bertahan di tengah Pandemi ?

Tidak sulit, jika kamu bisa dengan siap beradaptasi dengan perkembangan digitalisasi usaha. Kamu bisa mulai masuk dunia digital agar bisa memperluas target pemasaran bisnismu. Namun, tentunya kamu tidak boleh asal masuk saja. Kamu perlu merancang strategi khusus, agar peluang dunia digital bisa dirasakan dalam bisnismu. 

Banyak UMKM bertahan di tengah pandemi, karena mereka bisa beradaptasi dengan dunia digital. Pastinya kamu juga harus memanfaatkan peluang dengan cepat agar bisnismu bisa bertahan dan berkembang di tengah pandemi ini. Tidak ada hal yang sulit jika kamu mau memulainya!

Bagaimana Strategi Bertahan di Tengah Pandemi ?

1. Masuk Dunia Digital

Kunci utama agar bisnis mu bisa bertahan di tengah pandemi ini adalah dengan masuk dunia digital. Dengan masuk dunia digital, kamu bisa memperluas jangkauan bisnismu, sehingga dapat mendukung peningkatan penjualan. Selain itu, dengan masuk dalam digitalisasi usaha juga bisa menekan biaya pemasaran bisnismu. Hal ini karena, banyak media penunjang pemasaran dengan harga terjangkau bahkan gratis. 

2. Buatlah Strategi Untuk Bisnismu

Selain masuk dunia digital, kamu juga perlu merancang strategi digital marketing yang tepat untuk bisnismu. Dengan membuat strategi ini, kamu bisa lebih banyak menggunakan berbagai media digital marketing yang sesuai dengan bisnismu. inilah yang bisa menjadi peta untuk bisnismu memanfaatkan segala peluang digitalisasi yang ada. Mulai sekarang, kamu harus mengoptimalkan berbagai media digital marketing . Mulai dari berbagai media sosial, website bisnis hingga masuk dalam e-commerce

3. Gunakan Berbagai Media Digital Marketing

Salah satu faktor sulitnya UMKM meskipun sudah masuk dunia digital yaitu karena tidak mengoptimalkan berbagai media digital marketing . Jika kamu hanya menggunakan satu media saja, maka akan tetap sulit untuk bertahan. Bahkan banyak pelaku UMKM yang hanya menggunakan WhatsApp sebagai media pemasaran digital. Mulai sekarang, kamu harus mengoptimalkan berbagai media digital marketing . Mulai dari media sosial, website bisnis hingga e-commerce

4. Buatlah Pemasaran Konten 

Setelah Anda menentukan media-media digital marketing yang akan digunakan bisnismu, langkah selanjutnya yaitu membuat content marketing . Melalui pembuatan konten, bisa menjadi strategi pengembangan bisnis untuk meningkatkan engagement pelanggan & daya tarik bagi konsumen baru. Konten ini bisa kamu buat sesuai dengan bidang bisnis & target pasar dari bisnismu.

5.Gunakan  PPC ( bayar per klik )

Selain berbagai cara di atas, kamu juga bisa menjangkau pasar yang lebih luas dengan memasang iklan berbayar. PPC (pay per click) merupakan suatu sebutan dunia periklanan yang berbayar. Dengan memasang iklan berbayar ini, kamu bisa memperluas target pasar karena bisa mengatur jangkauan target dari berbagai kriteria. Mulai dari umur hingga wilayah dari target pasar bisnismu.

6. Lakukan evaluasi perkembangan

 

Nah! setelah menggunakan berbagai strategi di atas, bukan berarti akan selalu menunjukkan peningkatan. Sehingga kamu perlu melakukan evaluasi secara berkala berbagai media digital marketing yang telah digunakan oleh bisnismu. Dengan melakukan evaluasi ini, bisa jadi pertimbangan untuk dapat meningkatkan strategi digital marketing bisnismu. 

Tidak menjadi tantangan yang sulit UMKM bertahan di tengah pandemi ini, bilamana mereka bisa sigap beradaptasi dengan perubahan. Tentunya dengan persiapan strategi untuk masuk digitalisasi usaha. Dengan menyiapkan strategi ini, kamu bisa mengoptimalkan berbagai potensi dari digital marketing

Namun, jika Anda mengalami kesulitan dalam menggunakan berbagai media digital marketing , tidak perlu risau ! GoSocial setia menggoda untuk bisa mengoptimalkan bisnismu pemasaran digital

 

 

 

Comments to: Sulitkah Pelaku UMKM Bertahan di Tengah Pandemi ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.