fbpx

Blog | GoSocial

Memulai bisnis online sepertinya terlihat mudah banyak tips dan cara yang bertebaran di internet namun yang sulit adalah saat menjalankan-nya.

Tidak seperti bisnis offline yang memudahkan kamu berjualan karena bisa bertemu langsung dengan pembeli tanpa ada embel-embel promosi hanya sekedar lewat marketing dari mulut ke mulut, berbeda dengan bisnis online.

Berbisnis online banyak hal detail yang harus kamu pahami. Mungkin bisnis online sudah sangat berkembang saat ini namun apalah semua orang mempunyai knowledge yang sama mengenai cara berbisnis online?

Ada hambatan atau tantangan yang harus kamu lewati apabila kamu terjun berbisnis online.

Banyak yang bilang bahwa proses tidak akan menghianati hasil apabila kamu tekun, namun pertanyaan selanjutnya apakah kamu sanggup melewati tantangan yang akan kamu hadapi, hal ini kadang menjadi silent killer bagi pelaku bisnis online.

Berikut ini adalah tantangan pelaku bisnis online yang sering dikeluhkan saat ini.

Tantangan Pebisnis Online

sumber : unsplash.com

Memenangkan Persaingan Dengan Kompetitor

Saat ini ada jutaan orang yang berada di internet atau media sosial, termasuk juga pada bisnis online. Persaingan pun tidak bisa dihindari. 

Keyakinan bahwa bisnis akan menjadi sukses sudah pasti ada dan harapan bisa diterima pelanggan juga menjadi tujuan tapi masalahnya kamu harus bisa fokus, berkomitmen dan konsisten untuk mengembangkan bisnis, karena bukan tidak mungkin suatu saat bisnis kamu bisa menjadi sukses walau membutuhkan waktu yang panjang.

Sulitnya Memulai Brand Awareness

Mengenalkan brand kamu secara online tidaklah mudah, kamu harus bisa mengenal siapa target bisnis kamu kemudian membuat strategi content marketing, media sosial yang friendly dari sisi desain, konten yang diminati, kemudian juga harus adaptasi dengan digital marketing.

Hal tersebut memang terlihat merepotkan namun itulah cara yang ampuh untuk bisa bersaing kalau kamu berbisnis online.

Menentukan Target Pasar Yang Tepat

Ketika kamu sudah memulai berbisnis online, sudah menentukan produk apa yang kamu tawarkan dan kemudian kamu menyusun strategi promosinya termasuk dalam menentukan siapa target pasar kamu. 

Tapi mungkin ini agak klise, hal yang sudah ditulis pada selembar kertas akan berbeda ketika sudah diimplementasikan. 

Misalnya kamu mempunyai target pasar anak muda usia 20-26 tahun tapi ternyata ada usia di atasnya seperti usia 30-35 tahun yang ternyata menyukai produk kamu, maka kamu harus mengubah strateginya karena target pasar berubah.

Semakin kamu merangkul pelanggan maka semakin erat pelanggan dengan bisnis atau brand kamu.

Takut Mengalami Kegagalan Di Tengah Jalan

Siapa yang tidak pernah merasa takut gagal? Pasti ada rasa ketakutan atau rasa kekecewaan, di dalam bisnis pun demikian. Apakah modal awal pada bisnis akan menjadi berlipat nantinya atau malah menjadi sebuah kerugian?

Hal ini terkadang menjadi tantangan pelaku bisnis, apakah tetap berani atau melangkah lambat dengan hati-hati.

Ketakutan memang sebuah kewajaran tapi hal tersebut bukan menjadi tolak ukur untuk tidak berani memulai dan mengembangkan bisnis.

Membangun Kepercayaan Pelanggan

Dalam kehidupan, kepercayaan adalah yang utama sekali mengecewakan orang lain maka kamu akan ditinggalkan. 

Kita tidak bisa menghindari banyaknya orang yang tidak bertanggung jawab dengan menipu atau menyamar sebagai pebisnis online.

Kamu bisa membangun kepercayaan pelanggan dengan membagikan testimoni, review, rating dan lainnya yang bisa membuat pelanggan menjadi percaya dengan bisnis kamu.

Selain itu, kamu juga bisa membangun kepercayaan dengan menampilkan foto produk yang profesional sehingga pelanggan semakin yakin dengan brand kamu.

Ketakutan Finansial

Ketakutan terbesar dari pelaku usaha adalah merugi. Modal yang sudah dikumpulkan akan bisa menjadi sia-sia dan itu menjadi sebuah ketakutan yang sangat mendalam.

Hal tersebut berada diantara keberanian atau ketakutan. Kamu harus handal dalam pengelolaan keuangan atau laporan keuangan agar tidak ada yang salah dalam perhitungan.

Walau mungkin terlihat tidak memerlukan modal yang besar dalam berbisnis online namun nyatanya bisnis online lebih banyak pos-pos keuangan yang harus dikeluarkan.

Merekrut Pegawai Yang Mempunyai Keahlian

Mungkin kamu mempunyai kapasitas dan kemampuan pada bidang tertentu namun kamu tidak mungkin sendirian, kamu harus mempunyai team yang bisa membantu kamu untuk mengembangkan bisnis.

Kamu harus merekrut pegawai yang mempunyai keahlian yang dibutuhkan saat ini atau yang sesuai dengan perkembangan zaman, misalnya media sosial, desain grafis, fotografer dan lainnya.

Tapi untuk hal tersebut kamu tidak perlu khawatir atau bingung karena harus menggaji pegawai.

Tenang kamu bisa bekerja sama dengan GoSocial, kami mempunyai jasa profesional yang handal pada Social Media Management, Social Media Engagement, Branding & Design sampai foto produk.

Kamu juga bisa follow Instagram kami gosocial.id.

Sekarang, jangan lagi ragu untuk memulai atau dalam berbisnis online, tantangan bukan lagi hambatan tapi cara kita untuk meraih impian.

Tetap berproses SocioZen!!

 

Comments to: Tantangan Yang Sering Dikeluhkan Oleh Pebisnis Online

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.