Teknologi Pembayaran Digital Terbaru (QRIS), Pebisnis Wajib Tahu!

Image Description

Okti Nur Alifia

1 tahun yang lalu Teknologi
Share:
Image Description

Pernah mendengar QRIS? Atau kamu sudah menjadi penggunanya?

QRIS adalah representasi pembaruan teknologi dengan pembayaran digital terbaru. Buat kamu para pebisnis, wajib banget buat tahu apa yang disebut QRIS.

Saat tahun 2019 lalu, Bank Indonesia telah merancang QRIS, yang sekarang sudah bisa dipakai di seluruh Indonesia.

QRIS dibuat untuk apa? QRIS hadir untuk mempercepat, memudahkan, dan menjaga keamanan pembayaran yang menggunakan QR code.

Setahun setelah itu di tahun 2020, QRIS pun diperkenalkan ke masyarakat luas. Tak tanggung-tanggung QRIS pun saat itu mempunyai pengguna hingga 6 juta merchant, loh. Kebanyakan pemakainya pun adalah pebisnis UMKM yang mencapai 85%, banyak juga ya. 

Lalu di tahun 2021 ini, target dari Bank Indonesia, QRIS bisa menembus angka pengguna 12 juta merchant.

Hadirnya QRIS pun berhubungan dengan upaya transformasi digital yang mendukung Program Ekonomi Nasional di masa pandemi Covid-19. Hal ini juga sesuai arahan WHO,  untuk memperluas transaksi non-tunai alias meningkatkan digitalisasi.

Jadi QRIS itu apa ya? Kenapa banyak sekali UMKM yang menggunakannya? Buat kamu yang belum tahu, yuk kenalan.

Satu QRIS untuk Seluruh Pembayaran

Perlu kamu tahu dulu, QRIS adalah kepanjangan dari Quick Response Code Indonesian Standard. QRIS pun sudah diatur dan tercatat dalam Peraturan Anggota Dewan Gubernur No.21/18/PADG/2019.

QRIS mempunyai slogan “Satu QRIS untuk Seluruh Pembayaran”

QRIS bertujuan untuk menyatukan berbagai jenis pembayaran yang disatukan dengan satu QR code. 

Upaya ini lebih efisen dan praktis khususnya untuk para Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP), merchant, maupun pembeli.

Mitra penjual yang masuk dalam perusahaan teknologi finansial seperti GoPay, DANA, LinkAja, Ovo, wajib memakai QRIS mulai tahun 2020.

QRIS digunakan untuk pembayaran di tempat seperti toko, warung, parkir, tiket wisata, pedagang, juga donasi yang berlogo QRIS.

QRIS Mempunyai Karakteristik Bertema UNGGUL

QRIS mempunyai karakteristik  dengan sebutan yaitu UNGGUL. UNGGUL ini adalah gabungan dari empat poin penting yaitu UNiversal, GampanG, Untung, Langsung.

Makna dari setiap karakteristik tersebut adalah:

Universal

QRIS dapat menerima semua transaksi dengan QR code.  Jadi pembeli pun nggak perlu punya banyak aplikasi pembayaran, cukup satu, hanya dengan QRIS.

Gampang

Gampang, yup QRIS sangat gampang alias memudahkan. Untuk pembeli, mereka hanya perlul scan QR code, klik, lalu bayar. Sedangkan untuk para merchant, cukup mempunyai satu QR code dari QRIS, yang bisa dipajang atau dicetak. Lalu tinggal menunggu transaksi QR dari pembeli.

Untung

Memakai QRIS punya keutungan yang sangat praktis. Pembeli atau pengguna bisa memakai aplikasi pembayaran apapun untuk bertransaksi. Dan merchant pun cukup membuat minimal satu akun untuk menerima QR code dari pembeli.

Langsung

Ketika merchant dan pembeli sudah punya akun QRIS, proses pembayaran pun bisa diproses langsung saat itu juta. Setelah itu akan ada notifkasi pembayaran.

Apa Manfaat QRIS?

QRIS mempunyai banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari kita, apa saja ya?

Manfaat Bagi Pengguna

Manfaat Bagi Merchant

Jenis Pembayaran Menggunakan di QRIS

QRIS mempunyai jenis pembayaran berbeda di setiap level, kategori, atau jenis usaha. Inilah jenis pembayarannya:

Merchant Presented Mode (MPM) Statis

Pembayaran QRIS jenis MPM Statis sangat buat para pengusaha mikro dan kecil. 

Cara pakainya pun mudah. Merchant hanya perlu memajang kode QRISnya, dengan dicetak atau juga berbentuk sticker. Kamu pun tak perlu membayar, karena gratis.

Ketika kode sudah dipajang, pembeli hanya perlu scan kode, masukkan nominal, lalu PIN, dan klik bayar. Notifikasi pembayarann pun bisa langsung diterima pembeli ataupun merchant.

Merchant Presented Mode (MPM) Dinamis

Naik ke level selanjutnya,MPM Dinamis  adalah jenis pembayaran QRIS dengan alat tambahan seperti mesin EDC atau smart phone dan masih bersifat gratis.

Cara pemakainya merchant harus memasukkan nominal pembayaran terlebih dahulu, kemudian pembeli melakukan scan kode QRIS yang tampil.

QRIS MPM Dinamis ini sangat cocok untuk merchant  usaha menengah dan besar, yang juag mempunyai transaksi dengan jumlah yang tinggi.

Customer Presented Mode (CPM)

Pembayaran QRIS jenis CPM ini sebenarnya sedang dalam tahap uji coba. CPM jauh lebih mudah dan cepat dari jenis sebelumnya.

Pembeli hanya perlu cukup menunjukkan QRIS yang ditampilkan dari aplikasi pembayaran, lalu discan oleh merchant.

QRIS CPM lebih ditujukan untuk merchant yang membutuhkan kecepatan transaksi tinggi, contohnya seperti penyedia transportasi, parkir, dan ritel modern.

Bagaimana Cara Menjadi Pengguna dan Merchant QRIS?

Sebagai Merchant 


 

Sebagai Pengguna        

Berapa Nominal Transaksi QRIS?

Nominal Transaksi di QRIS dibatasi paling banyak sebesar Rp 2.000.000,00 per satu transaksi.

Bagi PJSP pun dapat menentukan batas nominal harian atau juga bulanan atas di setiap transaksi yang dilakukan oleh setiap Pengguna QRIS.

Nah begitulah berbagai informasi seputar QRIS. Pembaruan teknologi yang sangat memudahkan ya, transaksi digital pun menjadi aman. Buat kamu para pebisnis, QRIS akan sangat mendukung bisnismu untuk go digital.

Untuk informasi lebih lanjut kamu bisa banget mengunjungi laman Bank Indonesia di sini dan official QRIS di link ini.

 

Sumber:

bi.go.id

qris.id

katadata.co.id

kompas.com


 

Share:

Related articles