fbpx

Blog | GoSocial

Instagram menjadi salah satu media sosial yang sangat memfasilitasi dan mendukung aktifitas bisnis online. Bahkan menurut sebuah penelitian, instagram dapat menaikkan pemasaran mencapi angka 25%. 

Berbagai fitur promosi bisnis juga sudah tersedia di Instagram, namun satu hal yang perlu direncanakan oleh pengguna instagram adalah desain feed Instagram itu sendiri.

Bagaimana ya desain feed Instagram biar nggak bosenin dan meningkatkan penjualan? Berikut adalah tips desain feed instagram dari Gogo:

Tentukan Tema

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tema desain feed instagram. Akun yang kamu buat, ibarat sebuah toko yang akan menyajikan berbagai produkmu. Buatlah tema yang sesuai dengan produk dan target market bisnismu.

Feed instagram akan terlihat lebih rapi juga estetik dengan sebuah tema. Calon pelangganmu akan melihat profilmu lebih menarik dan lebih ingin tahu dengan tampilan feed yang terkonsep.

Beberapa tema feed instagram yang bisa kamu gunakan seperti:

  1. White Border

Border dengan warna putih akan menampilkan fotomu lebih rapi dengan ukuran yang sama serta konsisten. Tema ini juga bisa mendukung bisnismu yang tidak hanya berjenis satu produk. 

  1. Black Border

Sama seperti tema white border, black border akan membuat feedmu rapi dan konsisten. Tema yang antimainstream ini bisa membuat kesan feedmu lebih elegant.

  1. Mixed White Border

Sama halnya dengan white border, tema mixed white border menggunakan border warna putih yang tidak beraturan ukurannya. Tema ini mempunyai kesan artistik pada feedmu.

  1. Background Putih

Background putih menjadi tema yang banyak digunakan untuk foto produk. Dengan tema ini produkmu akan terlihat lebih menonjol dan jelas. Nuansa putih ini pun membuatmu feedmu lebih minimalis.

  1. Color Block

Color block cocok bagi bisnismu yang ingin menonjolkan berbagai warna dan menjadi ciri khas. Tema ini juga akan membuat fun dan menyegarkan pandangan mata.

  1. Monotheme

Tema monotheme mempunyai konsep feed yang memposting foto yang sama tapi dengan berbagai angle atau sudut foto yang berbeda. Semua sisi produkmu bisa terlihat lebih detail dan menarik.

  1. Flatlay

Tema ini adalah seni mengambil foto dari atas dan cenderung tegak lurus. Jika akan menampilkan produk dari samping, produknyalah yang dimiringkan dan posisi foto tetap dari atas. 

Pilih Skema Warna

Warna adalah elemen yang sangat penting bagi suatu brand dalam memamerkan produknya. Warna akan membuat suatu brand lebih mudah dikenali. Oleh karena itu memilih skema warna adalah cara selanjutnya agar desain feed instagram menarik. 

Di dalam feed yang dikelola pemilihan warna yang senada dan konsisten akan membuat feedmu rapi. Tentukan warna-warna senada yang menjadi ciri khas bisnismu. Jika feedmu dibuat dengan desain terlebih dahulu, pastikan warna di dalam unsur desainmu senada pula. Menentukan skema warna bisa dilakukan dengan dua cara ini:

  • Tentukan skema warna berdasarkan warna logo atau yang mendominasi. Kamu juga bisa memanfaatkan branding color quiz dari Grasshopper untuk memilih warna terbaik yang mewakilkan brandmu.
  • Membuat palet warna dari postingan atau feed yang telah dipublikasikan. Kamu pun juga bisa menggunakan palette generarots seperti Canva, My Insta Palette, dan Colordot.

Perhatikan Font dan Tipografi

Jika desain feed instagram dalam akun bisnismu mempunyai konsep menggabungkan tulisan dan gambar ataupun grafis, pemilihan font sangat berpengaruh bagaimana karakter akunmu. Pada dasarnya font dibagi dalam empat kategori ini:

  • Serif: jenis font klasik yang mempunyai kesan elegant.
  • Sans-Serif: jenis font yang yang sederhana, mempunyai kesan modern, bersahabat, kasual, dan informal.
  • Script: jenis font yang memiliki bentuk seperti tulisan tangan atau kaligrafi. Font ini biasanya untuk memadukan dua jenis font sebelumnya agar terlihat lebih menarik dan menyenangkan. 

Decorative: jenis font yang eksentrik dan berseni, tetapi cenderung sulit dibaca. Penggunaan font jenis ini sebaiknya diminimalisir, dan hindari menggunakan font decorative untuk tulisan berukuran kecil dan dalam huruf kapital.

Foto Resolusi Tinggi

Desain feed instagram yang terkonsep tak akan lengkap dengan sebuah foto. Customer tidak akan tahu seperti apa produk bisnismu jika tak ada foto produk. Foto yang beresolusi tinggi akan membuat tampilan feed mu lebih menjanjikan, menawan, dan memperlihatkan warna asli dari produkmu lebih kuat dan menonjol.

Filter yang Mempercantik

Penggunaan filter menjadi cara selanjutnya agar desain feed instagram lebih menawan dan mempunyai nilai estetika. Instagram pun sudah menyediakan filternya untuk sebuah postingan, tapi kamu juga bisa menggunakan beberapa aplikasi di bawah ini:

  • VSCO: aplikasi ini mempunyai filter yang melimpah untuk fotomu, juga memberikan kebebasan untukmu membuat filter sendiri dan menyimpannya.
  • Foodie: aplikasi ini memfokuskan pada dunia kuliner dengan puluhan filternya. Terdapat juga fitur smart guide untuk mendapatkan angle dan cahaya yang maksimal.
  • Snapseed: Seperti hal VSCO, filter ini mempunyai sekitar 29 filters dan tools dengan fitur filter buatanmu sendiri dan bisa disimpan.
  • A Color Story: Filter jenis ini mempunyai ratusan filters dan effect yang mendukung feedmu bergaya dan berkelas. A color story juga dilengkapi dengan fitur IG planning dan custom filter agar feed instagrammu konsisten.

Nah begitulah tips desain feed instagram untuk bisnismu biar nggak bosenin dan semakin menarik banyak pelanggan. 

Selain tips di atas untuk menyatukan semua unsur, mulai dari foto, font, juga grafis tersebut, kamu bisa memanfaatkan aplikasi desain yang akan membantu feedmu lebih berkualitas dan terkonsep. 

Mulai dari hanya aplikasi desain berbasis smartphone seperti Canva, hingga profesional seperti memanfaatkan Corel Draw, Adobe In Design, Adobe Photoshop dan lainnya. 

Kamu juga bisa memanfaatkan pelayanan dari GoSocial di Branding&Design mulai dari foto produk, jasa design grafis hingga animasi yang siap membantu feedmu berkelas. 

Comments to: Tips Desain Feed Instagram yang Nggak Bosenin

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.