Blog | GoSocial

Mencari ide bisnis pun tidak serumit yang dibayangkan, kamu bisa memulainya dengan melakukan tips berikut ini.

Luangkan Waktu untuk Branstorming Ide

Sumber: Pixabay.com

Mencari ide bisnis bisa diawali dengan melakukan branstorming ide dengan diri sendiri ataupun juga berdiskusi dengan orang lain. Bisa juga kamu berdiskusi dengan orang yang akan kamu ajak kerja sama.

Sebuah ide tidak akan muncul jika kita tidak meluangkan waktu untuk memikirkannya. Setelah brainstorming, mungkin saja ide itu tidak langsung muncul. Ide pun terkadang datang di waktu yang tidak disengaja ataupun karena hal-hal kecil yang bisa menjadi momentum keluarnya sebuah ide. Kamu perlu mengalokasikan waktu sampai benar-benar ide tersebut muncul, dan jangan lupa pula tulis berbagai ide yang muncul agar kamu tidak lupa.

Hal Apa yang Diminati

Sumber: Pixabay.com

Mengamati hal-hal yang kamu suka bisa menjadi cara selanjutnya dalam menemukan ide bisnis. Banyak para pebisnis yang mengawali bisnisnya berasal dari kebiasaan yang mereka sukai. Berbisnis berasal dari hal yang kita sukai dapat menjadi poin lebih, tentang rasa suka terhadap bisnis tersebut.

Contohnya saja Dea Valencia, seorang pebisnis wanita yang sangat mencintai batik dan sekarang telah sukses dengan Batik Kulturnya yang mendunia.

Baca juga: Bangun Bisnis dari Nol, Ini Deretan Pengusaha UMKM yang Patut Jadi Panutan

Apa yang Dibutuhkan Masyarakat

Sumber: Pixabay.com

Mengamati apa yang dibutuhkan masyarakat juga berpeluang untuk menjadi ide bisnis. Apa kebutuhan masyarakat yang belum terpenuhi, serta belum ada layanan yang menciptakannya. Contohnya saja perusahaan kelas atas seperti GoJek, yang menjadi solusi atas kebutuhan masyarakat yang ingin cepat dalam perjalanan, tanpa harus menaiki kendaraan umum. Begitu pula Shopee, yang menjawab kebutuhan para pebisnis untuk memasarkan bisnisnya secara online.

Ide-ide seperti ini tak harus juga untuk lingkup besar, kamu bisa mengawalinya dengan apa yang belum ada di daerahmu.

Masalah Orang Lain

Sumber: Unsplash.com

Masalah, yup hal ini bisa menjadi ide bisnis. Kamu perlu mengamati apa yang menjadi kesulitan orang lain dalam kehidupannya, yang bisa menjadi peluang bisnis. Tidak jauh berbeda dengan kebutuhan masyarakat, mengamati masalah orang lain bisa bersumber dari aktifitas orang-orang yang perlu diberi solusi.

Contoh sederhananya seperti adanya laundry yang membantu memecahkan masalah para mahasiswa perantauan yang tidak ada waktu untuk mencuci. Ataupun catering makanan yang membantu para ibu-ibu kantor tetap bisa menyajikan makanan untuk keluarganya.

Sesuaikan dengan Situasi diri Sendiri

Sumber: Unsplash.com

Sesuaikan dengan posisi atau situasi diri sendiri. Apakah kamu siap dengan bisnis yang berbasis rumahan, kantor, atau online? Semua itu akan mempengaruhi pula ide bisnis yang cocok untuk kamu dan pelaksanaannya.

Tren

Sumber: Pixabay.com

Tren juga bisa menjadi ide bisnis. Waktu berjalan dari generasi ke generasi, apa yang menjadi tren adalah representasi banyak orang pula. Kamu bisa meraih peluang ini untuk dijadikan bisnis.

Contohnya saja di saat pandemi, penjualan seperti masker dengan pernak-perniknya pun sangat  meningkat. Karena banyak orang yang mencari. Ide lain juga bisa diambil, seperti sekarang ini banyak anak muda yang menggemari musik K-Pop, berbagi merchandise yang berhubungan dengan artis K-Pop bisa menjadi peluang bisnis.

Belajar dari Orang Lain

Sumber: Unsplash.com

Yup, belajar dari orang lain bisa dibilang adalah keharusan. Kita bisa belajar bagaimana pengusaha yang sudah menjalani bisnis untuk menemukan ide bisnisnya. Ataupun juga kita bisa sharing dan mengajak diskusi orang terdekatmu yang sudah terlebih dahulu mendirikan bisnisnya.

Belajar dari Kekurangan Pesaing

Sumber: Unsplash.com

Bisnis, usaha, ataupun produk yang sudah ada, bisa menjadi peluang bisnis dengan cara kamu mengamati apa yang masih menjadi kekurangan. Kamu bisa mendirikan bisnis yang sejenis dan memperbaiki apa yang masih menjadi kekurangan pesaing.

Gali Inspirasi dari Marketplace

Sumber: Unsplash.com

Gali inspirasi dari marketplace adalah cara mudah lainnya untuk menemukan ide bisnis. Kamu bisa berkunjuang di marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada dan lainnya. Amati apa saja bisnis yang sudah ada dan relevan dengan dirimu sendiri.

Rekomendasi Situs untuk Mencari Ide Bisnis

Sumber: Unsplash.com

Selain marketplace berkunjung ke situs bisnis menjadi cara ampuh selanjutnya untuk menggali inspirasi bisnis, berikut adalah beberapa situs yang menjadi rekomendasi mencari ide bisnis:

  • Amazon: Siapa yang tak kenal Amazon? Toko online nomor 1 dunia dari Amerika Serikat ini bisa menjadi ide bisnismu dengan berbagai bisnis yang sudah nangkring di toko Amazon.
  • Indonetwork: situs ini menyediakan berbagai informasi perushaan dengan aktifitas jasa, ataupun produk dengan berbagai kategorinya. 
  • Wirabisnis: situs ini juga memberikan informasi up to date bisnis mulai dari rumahan, online, sampai menengah.
  • Kaskus: kaskus merupakan situs komunitas online terbesar di Indonesia. Banyak kegiatan transaksi jual beli yang bisa menjadi inspirasimu menemukan ide bisnis lokal, nasional, hingga internasional.
  • Ebay: selain Amazon, ada Ebay yang juga sudah mendunia. Ebay dikenal juga sebagai situs nomor satu dalam bidang pelelangan. Kamu bisa mendapatkan inspirasi dari produk-produk yang banyak diminati pengguna Ebay.
  • Bisnisukm.com: untuk kamu yang ingin berbisnis di bidang kuliner situs ini adalah jawabannya. Dalam situs ini banyak juga memberikan informasi bisnis UKM.
  • Waralabaku.com: Situs ini cocok bagi kamu yang ingin mendirikan usaha berbentuk franchise karena terdapat berbagai informasi usaha franchise terlaris. Juga ilmu baru tekait dunia franchise.

Nah, begitulah tips jitu mencari ide bisnis bagi kamu yang baru pertama kali ingin memulai bisnis. Tips tersebut  bisa kamu terapkan untuk semakin meyakinkan idemu dalam berbisnis, tips mana yang sudah kamu lakukan?

Comments to: Tips Jitu Mencari Ide Bisnis untuk Pengusaha Pemula

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.