Blog | GoSocial

Bicara sebuah bisnis memang tidak akan habisnya. Semuanya mempunyai faktor penting untuk mendukung bagaimana produkmu menarik pelanggan. Termasuk kemasan produk dengan berbagai jenisnya. 

Pernah nggak kamu membeli sebuah produk karena tertarik dengan kemasannya? Kamu merasa penasaran walaupun belum tahu isi produknya. Jika pernah, artinya produk tersebut sudah berhasil memikatmu dengan visual kemasan produknya.

Kemasan produk ini sangat berhubungan bagi bisnismu yang memang menyediakan sebuah produk, bukan jasa. Kemasan produk bukan hanya tentang keamanan dan kenyamanan, tapi juga keunikan yang membuat pelangganmu tertarik.


Berikut Gogo akan menyampaikan tips membuat kemasan produk yang dilirik pelanggan. Bagaimana ya? Simak penjelasannya berikut ini.

Sesuaikan dengan Target Pasar

Hal pertama untuk menyiapkan sebuah kemasan produk adalah merencanakan kemasan sesuai dengan target pasar. Siapakah target pasarmu?

Apakah target pasarmu wanita atau pria? Berapakah umurnya? Informasi apa saja yang sebaiknya dicantumkan? Lalu bahan kemasan apa yang sesuai dengan target pasarmu.

Target pasar ini juga akan memengaruhi pemilihan warna, bentuk, dan poin-poin lainnya.

Bentuk Kemasan yang Memudahkan

Sumber: Unsplash.com

Setelah tahu target pasarmu, selanjutnya adalah membuat bentuk kemasan produk yang memudahkan calon pelangganmu. Buatlah kemasan yang mudah dibuka. Jika membutuhkan petunjuk untuk membukanya, buatlah informasi bagaimana cara membuka kemasan. 

Selain bentuk kemasan, pastikan kamu memilih bahan kemasan yang aman, menjamin isi produkmu, dan juga pelangganmu saat memakainya. Sesuaikan pula bentuk kemasan dengan jenis produkmu, apakah akan diposisikan di rak, di etalase atau digantung, dan sebagainya.

Informasi dalam Kemasan

Selanjutnya adalah merencanakan infromasi apa yang ada dalam kemasan produkmu. Pelanggan pun memerhatikan dan membaca informasi produkmu, loh. Terutama produk yang berhubungan dengan make up, kandungan makanan, manfaat skin care, dan sebagainya. 

Cantumkan informasi penting dari produkmu untuk menarik pelanggan, tapi pastikan informasi itu jujur ya. Tulis informasi tersebut dengan bahasa yang singkat dan juga mudah untuk dipahami.

Warna yang Menarik

Warna adalah elemen yang tak boleh ketinggalan ketika membahas kemasan produk. Pemilihan warna sebuah kemasan juga berhubungan dengan jenis produk apa yang kamu jual, target pasar, serta melihat kompetitior.

Jika produkmu untuk anak-anak biasanya warna cerah dan menonjol lebih mendominasi dan menarik bagi anak-anak. Beda lagi jika produkmu untuk wanita atau juga pria. Bagaimana warna yang sudah banyak beredar dari produk yang sejenis dengan jualanmu bisa kamu jadikan acuan agar kamu bisa menentukan warna yang lebih baik.

Tampilkan Gambar yang Unik

Gambar merupakan elemen visual yang juga memikat pelanggan. Kemasan produkmu akan lebih hidup dengan gambar, bisa saja gambar model, makanan yang membuat ngiler, atau juga ilustrasi. Pokoknya sesuaikan dengan jenis produkmu.

Unik di sini adalah gambar tersebut menjadi ciri khas kemasan produk yang kamu buat. Sampai di luar kepala, customer pun sudah hapal dengan gambar tersebut.

Pemilihan Font yang Jelas dan Berkarakter

Font juga memengaruhi bagaimana penampilan kemasan produkmu. Pilihlah font yang jelas dan berkarakter untuk produkmu. Di sini kamu pun perlu merencanakan branding produkmu terlebih dahulu, mana font yang jelas dan mewakilkan karakter produkmu.

Tambahkan Data Legalitas Produk dari Pemerintah

Sumber: Unsplash.com

Selain kemasan terlihat menarik, menambahkan data legalitas produk dari pemerintah juga akan menambah kepercayaan pelangganmu. Pelangganmu menjadi lebih yakin ketika melihat kemasan produkmu, lalu tak ragu untuk mengambilnya. Contohnya saja data dari Badan Pengawas Makanan dan Obat (BPOM), Sertifikasi Halal, ataupun juga dari Dinas Kesehatan. 

Nah begitulah tips membuat kemasan produk yang dilirik pelanggan. Kemasan produk yang direncanakan dengan matang akan mempresentasikan branding produkmu. Serta menambah keyakinan pelanggan untuk membeli produkmu. Omzet produkmu pun dapat meningkat dengan tampilan kemasan produk yang menarik, menjanjikan, dan aman tentunya. 

Jadi, sudahkah kamu merancang kemasan produkmu?

Comments to: Tips Membuat Kemasan Produk yang Dilirik Pelanggan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.