Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi mendorong manusia untuk dapat mengonversikan berbagai macam kegiatannya menjadi kegiatan yang dapat dilakukan secara online.

Kegiatan online yang banyak diminati akhir-akhir ini adalah bisnis online. Bisnis online menjadi salah satu hal yang banyak digandrungi oleh masyarakat saat ini karena kegiatan tersebut dirasa mudah untuk dilakukan dan dapat memberikan penghasilan.

Menjalankan bisnis online nampaknya memang sangat mudah, akan tetapi apakah bisnis online yang Anda jalankan sudah maksimal dan mencapai target yang sudah ditetapkan? Jika belum, Anda dapat menyimak artikel ini untuk mengetahui lebih banyak bagaimana cara untuk memulai bisnis online yang benar.

Sumber dari Freepik

Mencari Permasalahan yang dihadapi Pasar

Produk merupakan komponen utama dalam sebuah bisnis online. Menentukan produk yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan pasar dapat membantu Anda untuk memenangkan persaingan yang ada di pasar.

Sebagian besar masyarakat melakukan transaksi jual-beli untuk memecahkan masalah yang mereka hadapi. Memikirkan dengan baik produk apakah yang dibutuhkan oleh pasar dan apakah produk yang Anda sediakan dapat memecahkan masalah yang dihadapi oleh pasar atau tidak menjadi poin utama yang harus Anda lakukan sebelum menjalankan bisnis online.

Sumber dari Unsplash

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menemukan permasalahan yang dihadapi pasar adalah :

  1. Mengidentifikasi masalah yang dihadapi oleh pasar
  2. Mencari informasi mengenai business opportunity sebanyak mungkin

Setelah menemukan permasalahan yang dihadapi oleh pasar, hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah memilih masalah yang memiliki potensi bisnis. Karena, tidak semua masalah yang dihadapi oleh pasar memiliki potensi bisnis.

Melakukan Riset Pasar

Setelah menentukan satu masalah yang memiliki potensi bisnis, Anda dapat mulai melakukan riset pasar dengan fokus pada satu masalah tersebut.

Dengan melakukan riset pasar, Anda dapat menemukan data-data yang objektif mengenai permasalahan yang Anda pilih. Sehingga, Anda dapat menemukan ide bisnis online yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan pasar.

Hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk menjalankan riset pasar adalah:

  1. Melakukan riset keyword
  2. Mengecek tren yang ada di media sosial
  3. Bergabung ke forum yang sesuai dengan masalah yang Anda pilih
  4. Membuat dan menyebarkan survey
Sumber dari Pixabay

Melakukan Analisis Kompetitor

Untuk dapat bersaing dengan kompetitor, Anda harus mempelajari terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangan mereka, dan bagaimana cara mereka untuk mendekati konsumen.

Terdapat beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk melakukan analisis kompetitor:

  1. Mengelompokkan kompetitor
  2. Mengunjungi website kompetitor
  3. Mengunjungi media sosial kompetitor
  4. Mencari review tentang kompetitor
  5. Mengidentifikasi market positioning kompetitor
  6. Membandingkan harga kompetitor

Setelah melakukan beberapa langkah diatas, Anda dapat menyimpulkan bagaimana kompetitor yang Anda hadapi dan hal apa yang perlu Anda lakukan agar dapat bersaing dengan mereka.

Mencari Model Bisnis

Menemukan model bisnis yang tepat dan sesuai dengan kemampuan Anda dapat membantu Anda untuk menjalankan bisnis online.

Biasanya, terdapat dua permasalahan utama yang akan dihadapi ketika hendak menjalankan bisnis online, yang pertama yaitu kita sudah memiliki modal yang cukup untuk menjalankannnya dan yang kedua yaitu kita belum memiliki modal yang cukup untuk menjalankan bisnis online.

Sumber dari Unsplash

Apabila Anda berada pada permasalahan pertama, maka Anda dapat menjalankan bisnis online dengan cara menyetok produk yang hendak Anda jual. Akan tetapi, jika Anda berada pada permasalahan kedua, Anda tidak bisa melakukan demikian. Anda harus mencari model bisnis lain yang dapat memecahkan permasalahan Anda, contohnya dengan menjalankan sistem pre order terhadap produk yang Anda jual atau bekerja sama dengan supplier produk dan menjualnya dengan sistem dropship.

Menentukan Target Pasar

Target pasar adalah sekelompok masyarakat yang memiliki minat dan karakteristik sesuai dengan produk yang Anda jual. Menentukan target pasar dengan spesifik dapat membantu Anda menyusun strategi marketing yang tepat untuk produk yang Anda jual.

Untuk menentukan target pasar, Anda dapat mengelompokkan target pasar sesuai dengan segmentasinya masing-masing. Terdapat dua segmentasi utama yang biasa dijadikan patokan untuk menentukan target pasar, yaitu segmentasi demografis dan psikografis.

Sumber dari Freepik

Membuat Website atau Media Sosial untuk Memasarkan Produk Anda

Ibarat toko konfensional, website atau media sosial menjadi “toko” untuk bisnis online Anda. Melalui platform-platform tersebut konsumen dapat mencari tahu lebih banyak mengenai produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Bagi Anda yang memiliki cukup budget sangat disarankan untuk membuat website anda sendiri agar konsumen lebih percaya dengan produk yang Anda jual. Akan tetapi, apabila Anda belum memiliki budget yang cukup untuk membuat sebuah website, Anda dapat memaksimalkan penjualan melalui media sosial.

Memasarkan Produk dengan Strategi yang Tepat

Sebelum memasarkan produk, Anda harus mengatahui strategi marketing apa yang sesuai dengan produk yang Anda jual. Oleh sebab itu, Anda harus menyusun strategi marketing berdasarkan beberapa hal yang ada pada tahap sebelumnya. Salah satu hal yang dapat Anda lakukan untuk memasarkan produk bisnis online Anda adalah dengan metode digital branding. Cari tahu lebih banyak mengenai Tips Menjalankan Digital Branding

Sumber dari Pixabay

Mempertahankan Pelanggan Setia

Dalam menjalankan sebuah bisnis, kita boleh saja untuk terus mencari pelanggan baru melalui strategi-strategi pemasaran yang digunakan. Akan tetapi, jangan lupa untuk mempertahankan pelanggan setia Anda agar mereka tidak berpaling ke kompetitor.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mempertahankan pelanggan setia Anda adalah dengan:

  1. Membuat loyalty card. Loyalty card merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengajak pelanggan Anda melakukan re-purchase di toko Anda.
  2. Memanfaatkan Email Marketing. Tidak semua pelanggan rutin mengecek website maupun media sosial dari bisnis online yang Anda miliki. Oleh sebab itu, Anda dapat memanfaatkan Email Marketing untuk menginfokan promo-promo yang sedang berlangsung kepada konsumen.
  3. Memberikan Reward Kepada Pelanggan. Reward menjadikan pelanggan merasa senang dan merasa kehadirannya dianggap oleh pelaku bisnis. Pemberian reward dapat berupa ucapan ulang tahun dan pemberian voucher diskon maupun cashback yang dapat digunakan oleh pelanggan pada hari ulang tahunnya.
Sumber dari Unsplash

Bagaimana? Apakah Anda sudah siap dan memahami langkah-langkah untuk memulai bisnis online Anda? Apabila Anda belum memahami dan merasa kebingungan untuk menjalankan bisnis online, GoSocial sebagai Digital Agency hadir untuk UMKM yang berniat untuk mendigitalisasi bisnisnya. Terdapat beberapa layanan dari GoSocial yang dapat membantu Anda untuk mengelola bisnis Anda. Untuk pemesanan, bisa menuju ke halaman ini ya. GoSocial Indonesia siap membantu Anda.

Comments to: Tips Memulai Bisnis Online bagi Pemula

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.