fbpx

Blog | GoSocial

Bila kita bicara soal bisnis apa yang ada di benak kamu? tentunya harus memiliki modal yang besar dahulu. Modal memang sangat dibutuhkan namun bukan itu satu satunya aspek dalam bisnis.

Di era serba online ini, berbisnis pun sudah banyak pesaing yang mempunyai produk yang hampir sama. Begitu ketatnya persaingan bisnis di masa sekarang. Namun ada aspek yang mungkin jarang dimiliki oleh pesaing yaitu kreativitas. 

Hal ini bisa dilihat dari sebuah nama suatu bisnis atau brand.

Pemilihan nama usaha atau bisnis bukan hanya sekedar untuk asal ada nama, tidak. Selayaknya manusia nama pun sangat penting untuk berkembangnya suatu bisnis. Jangan biarkan produk kamu yang berkualitas namun tidak bisa bersaing hanya karena nama bisnis atau brand kamu yang kurang menarik perhatian pelanggan.

Pentingnya Memilih Nama yang Tepat Untuk Bisnis

pexels.com

Menjadi Identitas

Perkenalan antar manusia biasanya diawali dari nama kemudian baru mengenal pribadinya. Bisnis pun hampir serupa, kita mengenal bisnis atau brand berawal dari nama, dari cerita teman dekat atau melihat media sosial kemudian baru mengetahui tentang produk yang ditawarkan.

Nama adalah sebuah identitas yang sangat penting karena ini adalah langkah paling awal untuk mengenalkan produk kamu kepada khalayak luas. Selain mempermudah untuk branding, nama sebuah bisnis adalah salah satu bentuk keseriusan kamu dalam memulai bisnis dan mengembangkannya. 

Seperti yang sering kita dengar kalau “nama adalah doa” dan doa adalah harapan.

Memudahkan Branding

Setelah nama telah jadi dan siap untuk dikenalkan maka langkah selanjutnya akan lebih mudah. Sebuah nama brand atau bisnis sangat memudahkan branding karena seperti pada kalimat awal, bahwa nama adalah hal yang paling pertama dilihat, tidak mungkin keuntungan bisa didapat kalau pelanggan tidak mengetahui nama bisnis atau brand.

Ketika nama sudah mulai dikenal lalu produk yang digunakan cocok dengan pelanggan bukan tidak mungkin mereka menyebut suatu barang bukan dengan nama barang lagi tapi dengan nama brand atau bisnis kamu, misalnya ilustrasi sabun cuci piring.

Ada seorang yang ingin membeli sabun cuci piring di sebuah warung atau supermarket dengan berkata “saya ingin beli mama lemon dong” bukan menyebut sabun cuci piring.

Tips menentukan Nama Usaha Agar Mudah Diingat

unsplash.com

Singkat dan Mudah Diucapkan

Sekarang semua serba instan siapa yang mau bertele tele dan membaca panjang.

Buatlah nama usaha kamu yang singkat namun mudah diucapkan dan mudah diingat oleh pelanggan. Bahkan nama usaha kamu yang singkat tersebut punya nama tersendiri di mata pelanggan.

Misalnya kita mengenal tokopedia namun kebanyakan orang menyebutnya dengan tokped. Singkat dan mudah diingat bahkan diciptakan sendiri oleh pelanggan.

Mengikuti Trend : Berima

Ketika mengucapkan kata atau kalimat yang berima rasanya saat kita membacanya itu tidak ingin berhenti, ada alunan nada yang sepertinya diayunkan dari kata atau kalimat yang berima.

Dan trend sekarang dikalangan anak muda adalah menggunakan kata atau kalimat yang berima. Kamu bisa mencoba menggunakan nama usaha kamu yang unik dengan kalimat yang berima, tapi tetap dengan kata atau kalimat yang singkat ya.

Hindari Nama yang Sulit

Jangan memakai nama yang menyulitkan. Nama sebuah bisnis atau brand mempunyai daya tarik tersendiri untuk bisa menarik perhatian pelanggan. Sesuaikan dengan produk kamu kemudian buat sesimpel mungkin serta unik dan menarik.

Riset dan Buat Nama yang Berbeda

Sebelum kamu memutuskan untuk membuat nama brand atau bisnis kamu, kamu bisa riset di internet sebanyak banyaknya kemudian bisa kamu compare dengan ide nama yang mungkin sudah kamu buat atau yang sudah direncanakan. Ingat juga setiap bisnis ada hak paten. Jadi pintar-pintar dalam memilih nama usaha atau bisnis dan tentunya harus kreatif.

Memiliki Makna yang Positif

Seperti orang tua yang baru mempunyai seorang anak pasti mempunyai nama yang memiliki arti atau makna yang positif. Jangan hanya tentang sebuah nama yang unik dan kreatif tapi kamu bisa memberikan makna yang positif untuk menarik pelanggan ke bisnis atau brand kamu. Dan nama tersebut bisa menciptakan sebuah keberuntungan bagi bisnis atau brand kamu.

Nama yang Mencerminkan Produk

Ketika nama dan produk tidak sama itu pasti akan membingungkan bagi pelanggan, sebenarnya bisnis atau usaha kamu menawarkan apa sih? Nah ketika kamu sudah mempunyai nama yang mencerminkan produk kamu, pelanggan tidak akan bertanya tanya lagi. Seperti “geprek bensu” artinya adalah bisnis ini menawarkan ayam geprek pedas yang dipunyai oleh ruben onsu.

Berikan Bumbu Cerita dibalik Nama Bisnis atau Perjuangan Membangun Usaha

Saat ini kita sering melihat cerita yang memotivasi mengenai sebuah perjuangan seseorang hingga mencapai kesuksesan. Kamu bisa menambahkan bumbu cerita dibalik mengapa kamu memilih nama usaha atau bisnis tersebut, kamu bisa menceritakannya dan mungkin juga menggambarkan perjuangan kamu dari memulai bisnis hingga sekarang.

Hal itu bisa menarik perhatian banyak pelanggan dan pasti akan mengena ke hati dan pikiran.

Biarkan Bisnis Kamu yang Bercerita

Kita sudah melewati beberapa tahapan untuk menciptakan nama usaha atau bisnis yang mudah diingat bahkan akhirnya melekat. Biarkan nama bisnis kamu bercerita. Mereka akan semakin merasa dekat dengan bisnis atau produk kamu. 

Semakin dekat para pelanggan maka pelanggan akan mempunyai julukan masing-masing untuk produk atau brand kamu. Itu bagus untuk meningkatkan keuntungan. Jadi biarlah bisnis kamu bercerita dengan sendirinya.

Demikian beberapa tips singkat dari Gogo untuk membantu kamu dalam menentukan nama usaha atau bisnis. Jangan sembarangan dalam menamai sebuah usaha atau bisnis

Anggap saja bisnis kamu adalah seorang bayi yang sudah kamu idam idamkan sejak lama dan harus kamu perjuangkan agar tumbuh kembangnya baik dan masa depannya pun cerah.

Nah sudah terbayang kan SocioZen untuk menentukan sebuah nama usaha atau bisnis kamu. Ingat, nama itu adalah branding paling awal.

Branding kamu bisa lebih bagus kalau kamu menggunakan jasa profesional yang sudah berpengalaman. Kami adalah GoSocial yang menyediakan jasa Branding & Design untuk membantu meningkatkan bisnis kamu dengan harga yang terjangkau.

Informasi lebih lanjut hubungi kami disini dan follow instagtam kami Gosocial.id

Comments to: Tips Menentukan Nama Usaha Agar Mudah Diingat

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.