Blog | GoSocial

Tapi sebelum itu, kaitannya dengan instagram. Kamu perlu tahu, Indonesia menjadi salah satu negara yang paling banyak menggunakan internet.

Awal tahun 2021 pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta jiwa, loh. Dengan jumlah penduduk Indonesia sebesar 274,9 juta jiwa, artinya angka pengguna internet memasuki 73,7 % dari seluruh penduduk. 

Tidak mengherankan kalau dunia digital memang sudah menjadi bagian dari hidup kita, ya. Termasuk media sosial, salah satunya instagram.

Dari data ini, instagram sangat bisa menjadi media digital untuk bisnis kamu. Penggunanya adalah calon customer, pelanggan, dan audience mu.

Jumlah pengguna instagram di Indonesia saat ini mencapai 85 juta jiwa, loh. Bukan angka yang sedikit ya.

Berikut adalah tips dari Gogo untuk mengoptimalkan instagram agar audience semakin naik.

Mulai dengan Memaksimalkan Bio Instagram

Setiap audience yang mengunjungi profil, mata mereka akan tertuju pada bio instagram.

Bio instagram dapat menjadi langkah awal untuk branding bisnismu. 

Manfaatkan bio instagram untuk menarik audience seperti halnya berkenalan dengan orang baru. Buat first impression yang menarik. Bio instagram bisa kamu isi dengan:

  • Informasi akunmu, tulis dengan singkat apa bisnis yang kamu tawarkan dan kelebihannya.
  • Cantumkan hashtag untuk mengumpulkan user general content. 
  • Call to Action (CTA) dengan melengkapi kontak, email, link website, e-commerce, media sosial selain instagram dan lainnya.

Konsepkan Hashtag yang Cocok

Hashtag digunakan untuk menemukan gambar yang sesuai dengan tema yang dicari. Jadi, hashtag jenis apa pun bisa digunakan untuk meningkatkan peluang postinganmu tampil dalam penelusuran.

Perlu diingat, tuliskan hashtag yang cocok dengan bisnismu. Kamu perlu research hashtag yang relevan dengan akunmu.

Tools instagram gratis seperti Display Purposes dan AutoHash dapat membantu mencari hashtag untuk postinganmu. Contohnya, ketika kamu menggunakan Display Purposes, kamu cukup menuliskan beberapa kata tentang gambarmu, lalu tools tersebut akan merekomendasikan top hashtags yang bisa digunakan.

Konsisten Posting Konten

Sumber: Pixabay.com

Postingan yang update atau baru merupakan salah satu hal yang dipertimbangkan dalam algoritma instagram.

Konsistensi adalah kunci, membuat jadwal dapat membantu postingan konten lebih teratur. Hal ini juga berkaitan dengan menemukan waktu terbaikmu untuk memposting sesuai audiencemu. Untuk awalan, kamu perlu mencoba berbagai waktu untuk mengetahui di jam berapakah audience mu paling banyak online.

Kamu bisa menggunakan instagram insight untuk tahu kapan audience mu online di waktu yang paling aktif. Akun yang memposting setidaknya satu kali setiap hari mendapatkan pengikut lebih cepat daripada yang jarang memposting.

Update dengan Tren

Tren di media sosial setiap harinya akan berbeda. Kamu harus update dengan tren yang berhubungan dengan akunmu.

Membuat konten postingan yang sesuai dengan tren menjadi salah satu jurus ampuh untuk meningkatkan engagement rate di instagram.

Buatlah sekreatif dan semenarik mungkin konten yang kamu buat. Karena orang-orang akan cenderung tertarik dengan sebuah akun tergantung konten apa yang ditampilkan.

Eksperimen dengan Tipe Konten yang Berbeda

Algoritma instagram melihat minat dan menunjukkan kepada orang-orang jenis konten yang paling sering berinteraksi dengan mereka. Contohnya, jika seseorang menyukai dan mengomentari instagram reels lebih sering, mereka akan cenderung lebih banyak menjumpai konten reels di instagram.

Kamu perlu bereksperimen dan mencoba konten dengan berbagai fitur di instgram seperti:

  • Instagram Reels, fitur instagram yang paling baru.
  • Instagram TV (IGTV)
  • Instagram Story, fitur ini bermanfaat banget apalagi bagi akunmu yang sudah menembus angka 10.000. Kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk menghubungkan ke laman website, youtube, dan link lainnya. Saat ini pun hampir 80% pengguna instagram melihat setiap instagram story yang ditampilkan. 
  • Instagram Live, tahukah kamu 82% orang-orang lebih memilih menonton live video daripada postingan.
  • Sticker Instagram Story

Baca juga: Kamu Perlu tahu! 10 Ide Konten Instagram Reels

Tulis Caption yang Menarik

Caption menjadi pelengkap sebuah postingan. Tanpa caption akan ada sesuatu yang kurang, jika kamu melewatkan caption dan tidak memperhatikannya, hal ini sama saja melewatkan peluang. Karena caption adalah kesempatanmu untuk berinteraksi dengan audience dan menyelipkan pula soft selling untuk bisnismu.

Caption dalam kontenmu bisa kamu rancang sedemikian rupa, instagram caption dapat mencapai 2.200 karakter. Tapi bukan berarti kamu menulisnya seperti halnya di blog, libatkan unsur psikologi dan juga emosional audience pada setiap kata yang ditulis, agar memiliki insight. Sesuaikan pula bahasa yang digunakan sesuai dengan audiencemu.

Interaksi dengan Follower

Jika kamu ingin menaikkan followers instagram. Kamu perlu meningkatkannya dengan obrolan. Contohnya saja comment, setiap comment adalah kesempatan untuk meningkatkan follower baru. Seseorang yang tertarik dengan kontenmu, belum tentu followermu. Ini adalah kesempatanmu.

Tapi jangan hanya menunggu followermu memulai obrolan, ciptakan peluang itu. Seperti menggunakan instagram stickers dengan membuka pertanyaan atau juga vote dan polling. 

Selain itu ajak follower untuk take action, contohnya ajakan untuk follower membeli produk, daftar ke email, subsribe, save, like, ataupun masuk ke situs.

Kolaborasi

Kolaborasi menjadi cara selanjutnya untuk memperkenalkan bisnis ke banyak pengguna instagram. Orang yang belum menjadi followermu pun bisa melihat bisnismu.

Kolaborasi juga merupakan kesempatan untuk menunjukkan bisnismu. Kamu bisa berkolaborasi dengan pebisnis lain, event yang berhubungan dengan bisnismu, ataupun juga influencer.

Percantik Feed dengan Warna Khas

Feed salah satu hal penting untuk mengutamakan penampilan instagrammu.

Tampilkan feed yang unik dan berbeda, sehingga dapat menarik perhatian audience dalam sekejap saat mengunjungi profilmu. Menurut sebuah studi, gambar dengan warna biru sebagai ciri khas cenderung lebih disukai dibanding warna lainnya.

Baca juga: 6 Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Desain Produk pada Fotomu

Namun, gambar yang didominasi dengan satu ciri khas warna hampir selalu lebih unggul dibanding dengan gambar tanpa adanya dominasi warna.

Jadi, usahakan feedmu punya satu warna ciri khas yang kuat, meskipun tidak semua satu warna, agar bisnismu semakin banyak yang menyukai.

Nah, begitulah tips dari Gogo bagaimana cara yang bisa kita lakukan untuk mengoptimalkan instagram agar audience semakin naik.

Selain tips di atas, agar instagrammu lebih perfect dan terkonsep. Kamu juga bisa loh memanfaatkan layanan dari GoSocial untuk instagram Social Media Engagement Dan Social Media Management. Kamu tak perlu ribet untuk memikirkan bagaimana biar audiencemu naik.

Comments to: Tips Optimalkan Instagram Biar Audience Semakin Naik

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.