fbpx

Blog | GoSocial

Kalian pasti pernah menonton suatu adegan atau content entah di televisi atau di video youtube lalu berkomentar “ah gimik itu”.

Nah ternyata itu masuk ke dalam strategi marketing lho, SocioZenGimmick marketing sendiri adalah trik atau hal baru untuk menciptakan minat pada sebuah produk, layanan atau juga perusahaan.

Singkatnya gimmick marketing adalah salah satu strategi marketing yang menciptakan kebohongan yang direkayasa sedemikian rupa agar bisa mencapai tujuan yang diharapkan oleh pebisnis atau tim marketing demi mencapai target penjualan atau pun meningkatkan brand awareness. 

Gimmick marketing sendiri kita sudah melihat banyak dipakai oleh artis, selebgram, influencer dan lainnya untuk mencapai tujuannya.

Sebenarnya gimmick marketing bukan hanya tentang rekayasanya namun bagaimana cara tim kreatif atau tim marketing bisa memahami pasar, melihat potensi yang ada serta untuk bisa menarik perhatian audiens

Dengan menggunakan gimmick marketing audiens bisa memahami pesan yang disampaikan oleh produk atau bisnis untuk meningkatkan minat mereka terhadap produk atau bisnis dan akhirnya membeli.

Gimmick marketing sebenarnya hanya membutuhkan kreativitas yang tinggi dan tim yang solid. Gimmick marketing tidak membutuhkan biaya yang besar, alat yang canggih bahkan talent yang mumpuni, tidak. 

Yang paling penting adalah bagaimana pesan iklan yang disampaikan oleh sebuah bisnis atau produk bisa dicerna dan menarik bagi audiens.

Selain itu dengan menggunakan gimmick marketing bisa menarik audiens lebih besar. Kesan dari gimmick marketing yang bersifat emosional atau lucu akan melekat ke dalam pikiran audiens yang melihatnya dan tentu saja produk atau bisnis kamu akan mudah diingat meskipun mereka belum pernah menggunakan produk kamu.

Jadi pada intinya gimmick marketing adalah cara baru dalam strategi marketing untuk menarik perhatian audiens dengan biaya yang rendah dalam pembuatannya dan ber-impact besar bagi produk atau bisnis.

Cara Membuat Gimmick Marketing

unsplash.com

Buat Nama Usaha atau Bisnis yang Unik

Nama usaha atau bisnis kini mulai berkembang secara dinamis banyak nama usaha yang mungkin bisa dibilang nyeleneh sampai yang unik banget, misalnya Kopi Janji Jiwa, Kopi Kenangan dan lainnya. Dengan nama yang unik pastinya juga mudah diingat oleh pelanggan. Selain itu dengan nama yang unik bisa memudahkan tim marketing dalam membuat sebuah promosi apalagi di media sosial.

Manfaatkan Perhatian Dari Followers

Ketika followers kamu sudah mulai naik kamu bisa memanfaatkan teknik gimmick marketing dengan memberikan hadiah atau giveaway dengan syarat mereka harus meng-tagging teman mereka sebanyak banyaknya lewat instagram stories, feed ataupun menulis di kolom komentar.

Hal ini selain bisa meningkatkan traffic juga membawa nama produk atau bisnis kamu lebih dikenal. Tapi ingat hadiahnya jangan gimmick ya.

Tampil Berbeda

Kreatif dalam berpromosi itu bisa dengan ide apa saja dan dimana saja namun awal mulanya pasti saat ini adalah dari media sosial. Kamu bisa memanfaatkan hal tersebut dengan membuat gimmick marketing yang lucu atau pun yang mengandung simpati.

Beberapa hal yang viral di media sosial adalah yang berawal dari sebuah gimmick, jadi kenapa tidak mencoba tampil beda dan mulai berkreasi, asal tetap pada batasannya ya.

Tetap Jujur

Ketika tim marketing atau bahkan kamu sudah menemukan ide yang brilian untuk promosi dengan menggunakan gimmick marketing, ingat! kamu harus tetap mengedepankan kualitas produk kamu, harga dan lainnya agar para audiens tidak merasa dibohongi. 

Karena pada dasarnya kualitas produk dan service dari sebuah bisnis adalah hal yang paling utama yang dibutuhkan oleh pelanggan. Gimmick marketing adalah hiburan bagi audiens namun bagi pebisnis itu menguntungkan.

Nah itu dia penjelasan singkat dari Gogo mengenai gimmick marketing, sekarang kamu ingin mencobanya atau sudah mendapatkan idenya untuk di eksekusi?

Tapi jangan lupa untuk strategi marketing yang paling utama yaitu Social Media Management dan Social Media Engagement, ide aja tidak cukup butuh strategi yang matang dalam pemasaran agar sanggup menembus pasar hingga menyentuh para audiens.

Hubungi kami apabila kamu perlu bantuan dalam pengembangan strategi marketing disini dan follow Instagram kami GoSocial.id

Comments to: Trend: Gimmick Marketing Strategi Baru untuk Meluaskan Pasar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.