fbpx

Blog | GoSocial

Masa pandemi Covid-19 saat ini sebenarnya bukan hanya tentang kehilangan harapan dalam kehidupan, namun ada hikmah tersendiri dibalik ini yaitu naiknya pengusaha atau UMKM baru serta sebisa mungkin menolong orang dengan membuka lapangan pekerjaan.

Salah satunya adalah usaha rumahan atau UMKM yang dikelola oleh seorang ibu rumah tangga atau yang disebut dengan mompreneur.

Saat ini mompreneur sedang trend bahkan telah menjadi penopang ekonomi keluarga.

Pengertian Mompreneur

Sumber : pexels.com

Mompreneur sebenarnya berasal dari gabungan kata entrepreneur dengan mom. Entrepreneur adalah wirausaha yang memanfaatkan peluang kemudian dijadikan ide sebuah bisnis yang menjanjikan keuntungan dan mom adalah Ibu.

Jadi mompreneur adalah istilah bagi ibu rumah tangga yang mempunyai atau mengelola usahanya sendiri.

Dan berikut ini adalah tips sederhana dari Gogo buat kamu yang ingin menjadi mompreneur.

Matangkan Keahlian Yang Dimiliki

Sebelum kamu memulai bisnis, kamu harus paham produk apa yang akan kamu tawarkan, apa keunikan dari bisnis kamu dan apa keahlian yang kamu punya kemudian baru kamu padukan.

Coba cari tahu apa kemampuan atau kelebihan yang kamu miliki. Hal ini sangat mendasar agar kedepannya kamu lebih mudah dalam mengelola bisnis.

Mempunyai Kemampuan Dalam Manajemen Waktu

Menjadi seorang ibu dan mempunyai usaha itu tidaklah mudah, kamu harus bisa membagi waktu dengan baik. Pilihan antara keluarga dan ingin mendapatkan pemasukan tambahan adalah pilihan yang bimbang.

Namun ketika kamu sudah terjun ke dalam bisnis artinya kamu sudah dianggap profesional yang mana kamu punya tanggung jawab terhadap konsumen. Maka dari itu manajemen waktu sangat penting.

Bergabung Dengan Komunitas atau Membuka Relasi

Mempunyai usaha tidak selalu tentang modal namun ada beberapa hal yang paling mendasar, salah satunya bergabung dengan komunitas atau membuka relasi. 

Bagi kamu yang baru pertama kali berbisnis pasti bingung mau mulai dari mana, apa saja yang harus dipersiapkan dan lainnya.

Hal tersebut tidak akan menjadi beban kalau kamu membuka diri dengan bergabung dalam komunitas dan membuka relasi yang sangat bisa membantu kamu saat sedang kesulitan serta membuka wawasan kamu dalam bisnis.

Perhitungan Modal

Setelah kamu mengerti apa produk yang kamu tawarkan dan telah bergabung dengan komunitas barulah kamu pertimbangkan dengan modal yang kamu punya. 

Modal adalah nomor kesekian ketika kamu sudah memahami bisnis seperti, bisnis kamu mempunyai keunggulan apa, target pasarnya siapa, bagaimana strategi marketingnya dan hal-hal rinci lainnya sebelum akhirnya memperhitungkan modal.

Berani dan Konsisten

Ketika bicara bisnis dan memulainya kamu harus berani menghadapi ketidakpastian dalam keuntungan ataupun kerugian.

Kamu harus berani menghadapi risiko dan tantangan yang akan dihadapi serta konsisten untuk mempromosikan produk atau bisnis.

Dalam hal promosi kamu bisa sedikit lebih lega dan tidak akan khawatir lagi karena bisa menggunakan media sosial. Kalau kamu bingung dan ragu atau ingin bisnis kamu ingin cepat terkenal, GoSocial bisa membantu dalam Branding & Design serta Social Media Management & Social Media Engagement.

Saatnya Belajar Beradaptasi Berbisnis online

Perkembangan zaman terus berubah dan kita mau tidak mau, suka tidak suka harus mulai beradaptasi termasuk dalam berbisnis yang semakin berubah ke arah online.

Kita tidak lagi hanya mengenal bisnis itu mengenai jual, beli, untung, rugi tapi ada hal-hal baru di dalam berbisnis secara online seperti branding, logo, nama merek, design, content marketing, digital marketing dan lain sebagainya. Kamu harus bisa belajar agar menjadi yang terdepan dari pesaing.

Sebenarnya hal tersebut tidak akan lagi menjadi beban pikiran kalau kamu bekerja sama dengan GoSocial karena kami mempunyai jasa paket lengkap dengan harga yang terjangkau.

Dari design sampai foto produk. Informasi lebih lengkap bisa kamu lihat disini dan follow Instagram kami gosocial.id.

Comments to: Trend : Mompreneur, Definisi dan Tipsnya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.