fbpx

Blog | GoSocial

Beberapa tahun lalu kita pasti sering mendengar akan kecanggihan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang mampu menggantikan pekerjaan manusia di masa depan.

Apakah ini menjadi kemajuan teknologi yang membantu atau malah menjadi beban? Tidak hanya di dalam dunia pekerjaan namun di dalam bisnis pun bantuan teknologi sangat maju, salah satunya penggunaan chatbot.

Ketika kamu sedang menjalankan suatu bisnis dan banyak pertanyaan yang masuk lewat chat whatsapp atau marketplace pasti kamu bingung membalasnya dan juga mungkin tidak sempat membalas pada saat itu.

Kita mungkin tidak 24 jam bisa mengecek handphone atau komputer tapi perputaran bisnis dan keuntungan itu nyatanya tidak dibatasi oleh waktu.

Hal tersebut bisa mengakibatkan penurunan penjualan. Bagaimana tidak, di masa sekarang banyak pesaing dengan produk yang sama namun bisa lebih unggul karena service-nya yang lebih baik. 

Berbelanja pada saat ini bertumpu pada kemudahan dan kecepatan, apabila pelanggan bertanya dengan toko kamu namun dibalas 10 menit kemudian, akhirnya pelanggan akan mencari toko yang lain bahkan pelanggan sudah membeli produk lain, sedih bukan.

Kini kecepatan adalah prioritas, salah satunya adalah menjawab setiap pertanyaan dari pelanggan secara realtime menggunakan chatbot.

Pengertian Chatbot

unsplash.com

Chatbot adalah perangkat lunak kecerdasan buatan, artificial intelligence (AI) yang sanggup mensimulasi percakapan manusia (baik tertulis atau lisan) yang seolah olah mereka berkomunikasi dengan orang yang nyata.

Chabot bisa menjawab pertanyaan dengan satu baris atau dua baris dan tentunya akan dijawab saat itu juga.

Chatbot memudahkan pebisnis yang sedang berkembang atau sedang mempunyai suatu event besar dan mungkin tidak sempat membalas atau bisnis belum memiliki customer service.

Tidak hanya itu chatbot juga bisa digunakan pada whatsapp dan juga pada marketplace.

Berikut ini ada beberapa alasan pentingnya menggunakan chabot dalam bisnis.

Alasan Pentingnya Menggunakan Chatbot

unsplash.com

Mengurangi Biaya Pengeluaran

Bila bisnis kamu belum terlalu besar dan harus menghemat beberapa hal agar bisnis tetap tumbuh rasanya menggunakan chatbot sangat tepat, mengapa?

Riset dari forrester consulting menjelaskan bahwa chatbot bisa menekan biaya gaji customer service sampai 30%, jadi tidak perlu repot lagi.

Meningkatkan Penjualan

Berkembangnya suatu bisnis tidak hanya bertopang pada kualitas produk melainkan layanan yang diberikan atau kepuasaan dari pelanggan. 

Dari pengalaman pelanggan tersebut mereka bisa meningkatkan reputasi dan meningkatkan penjualan pada bisnis. Bukan apa-apa seperti pada kalimat diatas pada era sekarang kecepatan akan berbanding lurus dengan kebahagiaan.

Membangun Customer Experience

Pelanggan tidak mempunyai waktu banyak untuk menunggu balasan dari brand atau bisnis kamu.

Ini bukan hanya bagi pelanggan baru tapi juga sangat membantu pelanggan lama ketika mereka sedang ada masalah atau komplain, mereka sudah mendapatkan jawaban atau solusi dengan cepat/real time.

Hadir 24 jam

Belanja sudah bisa dimana saja, hanya dengan satu genggaman dan dalam hitungan menit kita sudah bisa membeli suatu barang. 

Hal tersebut harus diselaraskan dengan layanan yang tepat dan cepat bahkan tidak dibatasi waktu. Nah kita sebagai pebisnis harus bisa beradaptasi dengan kecepatan di zaman sekarang ini, yaitu menggunakan chatbot yang mampu menjawab setiap pertanyaan pelanggan 24 jam. Jadi kamu tidak perlu khawatir kehilangan pelanggan.

Hemat Waktu Pelanggan

Chatbot sangat menghemat waktu pelanggan dalam berbelanja online.

Ketika pelanggan sudah memilih satu toko dan mendapatkan respon yang sesuai dan cepat, kemungkinan besar pelanggan akan segera membeli. Berbeda bila pelanggan harus menunggu, sambil menunggu pelanggan memilih toko lain dan mungkin saja produk atau toko kamu akan ditinggalkan.

Persaingan bisnis semakin kesini semakin ketat banyak pesaing baru yang bermunculan. Kunci utama dalam mempertahankan bisnis yaitu mempertahankan kepercayaan pelanggan dan meningkatkannya, tidak hanya memunculkan produk baru yang inovatif melainkan pelayanan yang semakin baik, humanis dan tentunya ketepatan waktu atau cepat.

Chatbot menjadi solusi dalam memperkuat layanan pada bisnis kamu. Sudah saatnya kamu sebagai pebisnis harus bisa beradaptasi dengan teknologi yang semakin canggih dan terus berkembang.

Kecepatan chatbot dalam membalas pesan harus beriringan dengan media sosial kamu agar pelanggan lebih percaya. GoSocial bisa membantu kamu dalam meningkatkan Social Media Management & Social Media Engagement serta Branding & Design.

Informasi lengkapnya bisa kamu lihat disini dan follow Instagram kami GoSocial.id

Comments to: UMKM : Apakah Perlu Menggunakan Chatbot? Ini Pengertian dan Alasannya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.