fbpx

Blog | GoSocial

Meningkatnya UMKM yang masuk dunia digitalisasi usaha, juga mendorong banyak  UMKM masuk E-commerce

Kesadaran para UMKM untuk memaksimalkan berbagai media dalam dunia digital ini, mendorong peningkatan jumlah UMKM masuk E-Commerce sebesar 6,5 juta. Tingginya angka ini bisa menunjukkan bahwa persaingan dunia bisnis semakin luar biasa. Jika kamu tidak bisa dengan sigap memanfaatkan berbagai peluang dalam media digital, maka bisa membuat bisnismu tenggelam dari kompetitor yang sudah melangkah lebih awal memasuki E-commerce

Bahkan jika dilihat dari sudut pandang konsumen, mereka juga sudah banyak yang berganti model belanja dari konvensional ke online. Dan pada tahun 2021 ini pembelian di E-commerce naik hingga 99 persen. Berbagai pelung ini tidak boleh kamu lewatkan jika ingin bisnis mu cepat berkembang. 

Apa Sih E-commerce Itu ?

E-commerce atau electronic commerce adalah suatu media elektronik yang digunakan untuk melakukan transaksi jual beli. Jadi, ibaratkan e-commerce ini menjadi pasar online di mana terdapat suatu media bagi penjual & pembeli untuk melakukan transaksi. 

Banyak jenis e-commerce yang bisa menunjang penjualan produk atau layanan bisnismu. Salah satu contohnya yaitu marketplace. Melalui marketplace ini, kamu bisa masuk pasar online. Karena terdapat perusahaan marketplace yang sudah menyediakan tempat bagi kamu untuk melakukan jual & beli secara online.

Berbagai platform marketplace bisa kamu gunakan untuk menunjang penjualan bisnismu, seperti halnya Shopee, TokoPedia, Lazada, BliBli dan banyak lagi marketplace lainnya. Dari berbagai marketplace ini menyediakan fasilitas & fitur yang berbeda, sehingga kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan bisnismu.

Apa Keuntungan Masuk E-commerce ?

1. Menggaet banyak pelanggan

Saat ini, banyak konsumen yang sudah beralih dari pembelian konvensional menjadi pembelian  online. Masuknya konsumen dalam dunia online ini, menjadi potensi yang cukup besar agar kamu bisa menggaet target pelanggan yang lebih besar dari orang-orang sekitarmu saja. Apalagi sekarang, banyak UMKM masuk E-Commerce, sehingga kamu harus lebih cepat beradaptasi agar tidak kalah saing dengan pebisnis yang sama dengan produk atau layanan dari bisnismu. 

2. Kamu tidak banyak ngeluarin biaya pemasaran

Seringkali UMKM tidak gencar mempromosikan produk bisnisnya karena mempertimbangkan biaya pemasaran yang cukup besar. Namun, jika kamu sudah masuk E-Commerce bisa menekan biaya pemasaran karena secara langsung produk bisnismu bisa dijangkau oleh banyak audiens. Banyak UMKM masuk E-Commerce dan produk bisnisnya bisa dikenal konsumen dari berbagai wilayah. Hal ini karena dalam E-commerce bukan hanya kamu yang mencari pelanggan tapi juga sebaliknya.

3. Banyak fasilitas menarik buat bisnismu

Banyak perusahaan E-commerce seperti marketplace yang memberikan fitur menarik bagi penjual yang gabung. Berbagai fasilitas & fitur ini bisa kamu manfaatkan untuk menunjang penjualan bisnismu. Seperti halnya shopee yang sering memberikan fasilitas gratis ongkir. Dengan ini, bisa meningkatkan ketertarikan dari audiens untuk membeli produk bisnismu.  

4. Kamu tahu kompetisi bisnismu

Jika kamu sudah masuk dalam dunia E-commerce, maka potensi untuk melihat kompetisi bisnis sangatlah terbuka lebar. Karena dalam dunia digital, informasi bisnis cenderung terbuka. Sehingga kamu bisa lebih sigap dalam membuat strategi baru agar tidak kalah saing dengan kompetitor bisnismu. 

5. Tokomu bisa buka full time “24 jam”

Banyak UMKM masuk E-commerce salah satunya karena tidak ada waktu tanpa berjualan. Bisnisnya bisa buka 24 jam tanpa menguras tenaga pebisnis. Jika kamu hanya terbatas pada penjualan konvensional, maka akan sangat sedikit potensinya untuk mendapatkan penjualan yang lebih besar. 

Melihat berbagai keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika masuk E-Commerce, kapan kamu mau mulai masuk ?

Jika sudah banyak UMKM masuk E-Commerce tapi kamu tidak memulainya sekarang, maka bisa menjadi boomerang bisnismu dalam dunia persaingan usaha. Karena jika kamu tidak cepat memanfaatkan peluang ini, bisa saja bisnismu akan lambat berkembang

Namun sebelum masuk dunia E-commerce, terlebih dahulu kamu perlu mempersiapkan tampilan produk bisnismu semenarik mungkin. Kamu perlu membuat foto produk yang menarik agar audiens lebih mudah tertarik dengan bisnismu. Dan jika kamu kesulitan, GoSocial bisa membantumu dengan layanan branding & design gosocial. Selamat mencoba ~

Comments to: UMKM Masuk E-commerce bertambah, Bisnismu kapan ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.