1. Kabar UMKM
  2. Media Sosial

Wajib Kamu Ketahui! 4 Tantangan Transformasi Digital Marketing

Apa saja ya, kira-kira?

Seperti yang kita ketahui digitalisasi telah terjadi secara global di seluruh belahan dunia. Indonesia pun juga mengalami dampak dari digitalisasi ini. Hal tersebut terbukti dengan adanya fakta bahwa Indonesia memiliki 140 juta pengguna internet. 

Dari jumlah angka pengguna internet tersebut dapat menjadi sebuah peluang bagi para pelaku bisnis untuk melakukan sebuah transformasi dalam bisnis. 

Dari kondisi ini, sangat tepat digunakan untuk melakukan transformasi pada dunia digital marketing. 

Namun, seiring berjalannya waktu terkadang transformasi yang terjadi tak selamanya berdampak positif. Melainkan juga bisa menjadi pisau bermata dua bagi pelaku bisnis yang tak bisa melakukan adaptasi. 

Lalu, apa sajakah tantangan dalam bertransformasi digital marketing yang harus dihadapi para pelaku bisnis?

Tantangan Transformasi Digital Marketing

1. Big Data Management

Sebelumnya Gogo mau kasih tau dulu nih, terkait pengertian dari Big Data itu sendiri. Jadi, Big Data adalah sekumpulan data yang berukuran besar, beragam jenisnya dan mengalami pertumbuhan yang pesat serta tingkat validitas yang tinggi.

Dalam sebuah bisnis tentunya memiliki kumpulan data yang akan dikelola. Efisiensi pengelolaan big data akan menjadi sebuah tantangan yang besar di dunia bisnis. Hal tersebut menjadi sangat penting karena harus oleh tim riset ahli dalam menganalisis sebuah data.

2. Organizational Culture

Dalam perkembangan digitalisasi perubahan budaya organisasi sangat berpengaruh. Berusaha dalam menciptakan lingkungan yang kolaboratif dan inovatif dinilai sangat penting. Karena akan mempengaruhi kinerja para karyawan untuk menciptakan ide-ide dan strategi untuk menghadapi transformasi digital marketing. 

3. Consumer Behavior

Dengan adanya transformasi dalam dunia digital marketing tentunya akan mempengaruhi dan memberikan perubahan pula pada perilaku konsumen. Banyak faktor yang akan mempengaruhi perubahan perilaku konsumen seperti halnya faktor dalam keputusan pembelian. Hal tersebut menjadi sangat penting dikarenakan akan mempengaruhi secara signifikan dari sebuah bisnis.

4. Competitive Advantage

Tantangan yang terakhir dalam bertransformasi di dunia digital marketing adalah Competitive Advantage. Saat ini telah banyak bisnis yang bersaing dalam dunia digital marketing. Namun, tak semua bisnis memiliki strategi dan keunggulan yang berbeda dari pasar mereka. Competitive Advantage dinilai sangat penting karena akan mempengaruhi keseluruhan pasar pada dunia digital marketing.

Dari keempat tantangan tersebut tidak bisa dipungkiri bahwasannya para pelaku bisnis akan membutuhkan teknologi dalam melakukan transformasi digital marketing. 

Semoga sukses selalu dalam menghadapi tantangan transformasi digital marketing!

Comments to: Wajib Kamu Ketahui! 4 Tantangan Transformasi Digital Marketing

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.