Blog | GoSocial

GoSocial hadir untuk UMKM melalui webinar online yang berkolaborasi bersama Bank OCBC NISP dengan tema “Digital Marketing Bukan Cuma Social Media, Praktikkin Tips Hackingnya untuk Pebisnis UMKM.”

Acara yang telah berlangsung pada Jumat, 25 Juni 2021 ini menghadirkan pembicara dari Founder GoSocial Ivan Althiari, Nadia Rahmadani selaku Retail Proposition Bank OCBC NISP, dan juga Gabriel Rey yang merupakan CEO Triv Indonesia.

Dipandu oleh Gandis Rahma Mahatmi sebagai Corporate Comm Head, Bank OCBC NISP, webinar online gratis ini dihadiri oleh 223 para pengusaha dari berbagai kalangan penggiat bisnis UMKM.

Dengan hastagnya #umkmmenang #melajujauh, tips digital marketing hack yang menjadi pembahasan utama merupakan hal yang harus dipelajari lebih lanjut untuk para pelaku bisnis UMKM. Berjualan tidak lagi hanya berfokus pada aktivitas promosi secara  langsung, melainkan juga melalui digital marketing. Kamu bisa menjangkau banyak pelanggan hanya melalui internet atau aktivitas promosi secara online.

Organic Digital Marketing

Sumber: pixabay.com

Digital marketing mempunyai banyak cara dan bukan hanya membahas social media. Berbagai platform pun bisa dimanfaatkan untuk menjangkau target bisnis yang kamu jalani. Mulai dari social media ads yang membayar ke sebuah platform social media, hingga search engine marketing.

Namun dalam sesi webinar online ini tips yang dibagikan adalah berfokus pada organic digital marketing yang meliputi social media marketing dan content marketing. Tujuannya adalah kamu bisa meraih lebih banyak audiens tanpa harus membayar biaya iklan. Tentunya hal ini sangat berguna ya bagi penggiat bisnis UMKM, apalagi bagi mereka yang pemula.

Dua Hal yang Harus Kamu Tahu untuk Memulai Digital Marketing

Sumber: pixabay.com

Webinar online ini juga mempunyai tujuan agar dapat memberikan insight kepada para penggiat UMKM, untuk menjangkau audience sebanyak-banyaknya sesuai dengan target pasar yang telah ditentukan. Suksesnya aktivitas digital marketing ini juga berpengaruh dari segi mempersiapkan bisnis berdasarkan dua hal ini:

1. Search Engine Optimization

“Tujuan utama dari search engine (google) adalah untuk memuaskan penggunanya. Search engine ingin menyediakan hasil terbaik ketika seseorang mencari sesuatu.”

Sebagai pelaku bisnis kamu perlu menyediakan website untuk memperkenalkan layanan atau produk kamu. Seperti tujuan SEO di atas, dengan website kita dapat menjawab keingintahuan audience terhadap kebutuhan atau masalahnya. Ada dua hal yang harus kamu ketahui dalam mempersiapkan website:

  • On Page Seo: Kamu harus mengoptimalkan website dari segi optimasi konten, kata-kata, copy writing, juga judul yang dicari banyak orang. Website tersebut pun bisa diakses dengan mudah dan berguna bagi yang mencarinya.
  • Off Page Seo: Dalam bagian ini, kamu harus merancang website sebaik mungkin dan menunjukkan kepada google bahwa website kita lebih baik dari yang lainnya.

2. Social Media

Digital marketing tidak luput dari peranan social media yang meningkatkan ketertarikan audience terhadap bisnismu. Kamu perlu mengerti juga karakteristik social media yang mana yang sesuai dengan bisnismu. Apakah itu Instagram, Facebook, Tiktok, Twitter, LinkedIn, Pinterest, YouTube, dan lainnya. Namun ada tiga hal yang perlu kamu tahu juga bagaimana social media itu penting.

  • Awareness: Audience tahu siapa penjual ataupun nama bisnis yang kamu jalankan dengan memiliki akun social media.
  • Consideration: Ini adalah tahap penentuan, di mana audience akan menentukan toko atau bisnis yang kamu rintis apakah bagus. Lalu tertarik tidaknya dengan melihat konten di social mediamu.
  • Coversation: Output dari membuat social media tentunya adalah penjualan, poin ini berfokus pada pengelolaan social media tersebut yang nantinya dihubungkan dengan link penjualan bisnismu.

Content is A King

Yup, konten adalah rajanya. Jika konten dalam social media tersebut di desain dengan isi dan materi yang bagus, pembeli akan lebih tertarik untuk membelinya. Ketika konten tersebut banyak yang menyukai, jangkauannya pun akan menjadi lebih luas. Selan itu perlu kamu ketahui platform social media pun melakukan rank dalam akun berdasarkan: tingkat engangement pada konten, popularitas diantara pengikut, serta seberapa aktif social mediamu. Jadi konten memang sangat berpengaruh sekali ya. Persiapkan kontenmu dengan sebaik mungkin.

Bagaimana Tips Digital Marketing Hack untuk Pebisnis UMKM?

Sumber: pixabay.com

Lalu bagaimana ya tips digital marketing hack  dari GoSocial? Tentunya hal ini sudah menjadi kegiatan yang tak asing lagi bagi GoSocial dalam menjadi #1 digital agency.

Buat kamu yang belum sempat mengikuti webinar online ini, wajib banget untuk menyimak tips berikut ini yang telah disampaikan oleh founder GoSocial Ivan Althiari minggu lalu. Catatan, tips ini hemat biaya alias gratis tanpa kamu harus merogoh kocek lebih dalam loh. Yuk mari simak.

1. Branding

Bagaimana memulai digital marketing? Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah membranding bisnismu dengan langkah berikut ini:

  • Nama/Penamaan: Pastikan kamu membuat nama yang mudah diingat dan membekas.
  • Product Insight & Target Market: Tentukan siapa target market bisnismu.
  • Core & Added Value: Memberikan keunggulan dari bisnismu.
  • Brand Personality: Menciptakan suatu identitas yang membekas dari bisnismu di sisi pelanggan.
  • Foto Produk/Desain Konten: Mempunyai foto produk dan desain konten yang bagus.
  • Logo & Tagline.

2. Local Seo

Penggunaan aplikasi gratis pada Google My Business adalah hal selanjutnya yang penting dilakukan. Ketika kamu belum mempunyai website, minimal bisnismu dapat muncul di search engine ataupun google maps dengan tools tersebut. Apa yang harus dilakukan dengan google my business ya?

  • Nama bisnis dengan menambahkan keyword/tagline. Contohnya: Juliet – Branded Fashion.
  • Harus sering melakukan update konten baik foto, jam buka toko, membalas pesan masuk, dan lainnya.
  • Upayakan untuk meningkatkan review positif. Semakin banyak review, maka semakin mempunyai kredibilitas. Ketika banyak review postif, Google pun akan meningkatkan rank atau algoritma untuk meningkatkan jangkauan yang lebih luas untuk bisnismu.

3. Konsisten Post di Social Media

Kamu harus konsisten untuk mendapatkan jangakuan audience yang lebih besar, upaya konsisten ini bisa kamu mulai dengan melakukan tiga hal ini:

  • Cari tahu jam post optimal. Setiap akun di social media dengan followernya masing-masing, mempunyai jamnya sendiri untuk memposting konten. Sesuaikan waktu tersebut dengan social mediamu sendiri dan perhatikan siapa followermu.
  • Rajin post pada jam yang sama. Dengan post di jam yang sama kamu bisa lebih tahu kapan waktu yang tepat untuk upload konten di social mediamu berdasarkan interaksi followermu sendiri.
  • Update story sesering mungkin, minimal sehari sekali. Story ini digunakan untuk menunjukkan kepada audience bahwa akun yang kamu kelola selalu aktif. Kamu bisa mengisinya dengan soft selling maupun hard selling.

4. Optimasi Konten

Kamu harus selalu memperhatikan kehadiran social mediamu di kalangan audience, dengan selalu meningkatkan optimasi konten agar reputasi social media tersebut selalu meningkat dengan cara seperti ini:

  • Perhatikan engagement rate seperti likes, comment, save.
  • Ajak teman hingga keluargamu untuk berinteraksi di setiap post. Contohnya saja instagram yang dapat menangkap sinyal positif ketika banyak yang share kontenmu, atau berinteraksi dengan post yang dibuat sehingga jangkauannya akan lebih luas.
  • Mereka harus berinteraksi mula dari follow, like, comment, hingga save.

5.  Manfaatkan Hastag

Hastag sangat penting untuk dimasukkan dalam copy writing atau captionmu untuk meningkatkan engagement. Kamu bisa melakukannya dengan cara seperti ini:

  • Cari hastag yang relevan dengan tiap post (minimal 15-25).
  • Sesuaikan hastag dengan bentuk post.
  • Buat variasi hastag untuk masing-masing jenis pilar konten.

Layanan Nyala Bisnis

Sumber: pixabay.com

Webinar online bersama OCBC NISP yang juga sudah menjadi partner GoSocial ini memperkenalkan pula layanan Nyala Bisnis.  Nyala Bisnis merupakan layanan khusus bagi pengusaha perorangan, yang menawarkan solusi perbankan dan eksra fasilitas untuk membantu nasabah fokus pada kebutuhan bisnis dan personal nasabah. Dengan tiga pelayanan seperti: Manage, Grow, dan Live.

Output dari layanan ini pun mengajak GoSocial untuk berperan dalam empat poin diantaranya: solusi digital, social media management, jasa foto produk, hingga konsultasi gratis bareng GoSocial yang bisa kamu klik di Bit.ly/SolusiNyalaBisnis.

Studi Kasus Bersama Triv Indonesia

Sumber: pixabay.com

Dalam sesi akhir bagaimana digital marketing bekerja pada sebuah bisnis. Lalu meningkatkan jangkuan pelanggan atau audience. Dibahas tuntas dalam sesi studi kasus bersama Gabriel Rey, yang merupakan CEO Triv Indonesia yang telah menjadi client GoSocial selama tiga bulan.

Triv Indonesia sendiri merupakan perusahaan dengan jasa beli dan jual berbagai e-currency, broker, real time dari 100 bank di Indonesia selama 24 jam yang berkantor di Jakarta dan Surabaya.

Triv Indonesia sudah lebih dahulu mempraktikkan tips digital marketing hack bersama GoSocial. Hasilnya dalamreport instagram sebulan terakhir dari Triv Indonesia yang dijelaskan oleh Ivan. Triv Indonesia mendapatkan angka profile visit: 4.244, total impression: 52,711, dan reach: 47, 942. Bahkan mengalami peningkatan yang signifikan dalam interaksi yang dilakukan pada non follower reach alias bukan follower Triv Indonesia.

“Tujuan kita otomatisnya, fokus tim kita terhadap hal-hal lain contohnya bisa improve partnership dengan beberapa pihak lain, dan sebagainya. Social media kita pasrahkan ke GoSocial,” kata Gabriel Rey (CEO Triv Indonesia).

Hal tersebut juga disambung dengan pendapat Ivan terkait efektifitas pebisnis yang lebih baik fokus untuk mengembangkan bisnisnya dan menyerahkan pengerjaan social media terhadap digital agency atau ahlinya.

“Pebisnis itu harusnya fokus terhadap apa yang mereka jual. Bukan fokus pada hal-hal yang nggak perlu jadi fokusan mereka,” kata Ivan Althiari. 

Inilah kehadiran GoSocial yang membantu para pelaku bisnis untuk memanajemen social media dan meningkatkan engangement mereka. Semuanya bisa kamu dapatkan mulai dari Rp 900.000 yang sangat menghemat biaya hingga 97% dari biaya asli loh. Ini sangat efektif, dibandingkan kamu harus menyiapkan kocek hingga puluhan juta rupiah untuk membayar tim designer grafis, social media specialist, digital marketer, copy writer, hingga admin.

Setelah membaca semua tips digital marketing hack ini apakah kamu sudah siap untuk memulainya? Tips di atas sangat bisa kamu mulai walau dari rumah saja tanpa mengeluarkan biaya.

Pembahasan webinar online ini pun tidak hanya sampai pada topik ini aja loh. Masih ada webinar online selanjutnya bersama Bank OCBC NISP dengan tema yang tak kalah seru yaitu, “Bicara Tentang Konten Pilar untuk Social Media Marketing UMKM” . Webinar ini akan dilaksanakan pada Jumat, 2 Juli 2021. Buruan kunjungi instagram GoSocial di @gosocial.id untuk informasi lengkapnya.

Comments to: Webinar Online GoSocial X OCBC NISP Part 1: Tips Digital Marketing Hack untuk Pebisnis UMKM

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.