Blog | GoSocial

Mengapa UMKM kalah bersaing dengan produk perusahaan? padahal dalam segi rasa dan kualitas rasanya sama bahkan lebih enak, begitupun dengan harga. 

Harga produk UMKM itu jauh lebih terjangkau berbeda dengan harga produk perusahaan yang lebih mahal. Namun mengapa produk UMKM tidak bisa menyaingi produk perusahaan? Salah satu jawabannya adalah belum memahami pentingnya branding pada sebuah produk yang mereka jual.

Nah pada kesempatan ini GoSocial Indonesia mengadakan Webinar yang berjudul “Bangun Brand Bisnis UMKM Lewat Sosial Media” untuk membantu para UMKM supaya bisa bersaing serta meningkatkan perekonomian mereka apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti ini semua serba online.

unsplash.com

Webinar ini berlangsung pada Hari Jumat, 9 Juli 2021 yang menghadirkan pembicara dari GoSocial Indonesia sendiri yang pastinya sudah handal dalam Social Media Management, yaitu Yahya Noviko (Creative Lead GoSocial Indonesia), Andre Wijaya (Graphic Designer GoSocial Indonesia), lalu ada Nadia Rahmadani selaku Retail Propositiondari Bank OCBC NISP dan dimoderatori oleh Gandis Rahma Matami sebagai Corporate Comm Head dari Bank OCBC NISP.

Sebelum ke tipsnya, ada pengertian branding dari Kak Viko (Yahya Noviko).

Pengertian Branding

Menurut Kak Viko branding adalah sebuah identitas. Atau sebuah proses yang terus menerus bagaimana kita mengidentifikasi, mencipta, mengelola aset sehingga membuat persepsi merek (brand) di pelanggan.

Contohnya logo atau sebuah jargon (tagline)

Kemudian Kak Viko menambahkan dengan studi kasus, antara Apple vs Xiaomi.

Mereka sama-sama brand teknologi ternama dan terhebat serta bersaing untuk menjadi nomor satu di dunia.

Namun mereka telah mempunyai pasarnya sendiri? mengapa?

Karena mereka mempunyai Trust (kepercayaan) dari pelanggan baik Apple maupun Xiaomi.

Penjelasan tambahan bahwa Apple mempunyai trust pada target pasar yang high technology atau orang berpendapatan tinggi sedangkan Xiaomi mempunyai trust pada pasar yang “yang penting punya handphone dan uptodate” sesimpel itu ya pasar Xiaomi, apakah kamu merasakan juga?

Sekarang kita lanjut ke pembahasan yang diberikan oleh Kak Andre (Andre Wijaya), mengenai Marketing dan Branding.

Marketing dan Branding

Kak Andre menjelaskan pada presentasi awal mengenai Marketing dan Branding.

Menurut Kak Andre sebenarnya marketing dan branding itu sama. Begini penjelasannya.

Marketing secara pasar adalah jumlah manusia yang akan menjadi calon customer.

Branding adalah sudah berapa merek di dalam bisnis/jumlah merek yang diingat oleh konsumen.

Keduanya pun menyumbang aset bagi perusahaan dan memberikan keuntungan masing masing tapi ternyata keuntungannya pun berbeda.

Keuntungan marketing bisa diukur, sedangkan branding memberikan keuntungan berupa aset yang tidak bisa diukur dan tidak bisa dilihat. Bahkan branding bisa memberikan keuntungan lebih besar dari marketing bagi perusahaan.

Contoh, Gojek. Apakah mereka mempunyai motor atau mobil? Tidak, mereka hanya penyedia dan mereka sudah dipercaya oleh para mitra atau driver untuk bergabung dengan Gojek. Itu kelebihan dari sebuah branding, tambah Kak andre.

Dan akhirnya kita masuk ke Media Sosial.

Bisnis Lewat Media Sosial

Lanjut Kak Andre, memberikan penjelasan mengenai Branding lewat media sosial dan berikut tipsnya.

  • Harus menentukan target pasar jasa atau produk kamu.
  • Sudah mempunyai logo untuk ciri khas atau bisa dikenal banyak orang

Jenis logo itu ada banyak, misalnya Abstract Mark, Pictorial Mark, Mascots/Symbol dan lainnya.

Kemudian ke desain atau warna. Warna dalam desain dibedakan antara RGB atau CMYK.

Mungkin bagi kalian yang seorang desainer sudah paham dengan keduanya.

Gogo mau kasih tahu buat kamu yang belum paham kalau warna RGB itu untuk desain media sosial atau digital dan CMYK untuk produk cetak.

Masih dengan Kak Andre, ada tambahan mengenai color theory yang bisa berpengaruh pada sebuah bisnis dan juga psikologi pelanggan untuk membeli produk kamu. Warna bisa se-powerful itu dalam Bisnis secara online lho.

Kembali kepada Kak Viko.

Kak viko menambahkan setelah kita mengetahui tentang branding, marketing dan desain. Lalu apa langkah selanjutnya? Memposting? Belum, masih ada tahapan lainnya yaitu Foto Produk.

Foto produk itu adalah muka dari sebuah brand atau bisnis karena kita menaruh produk kita di marketplace dan media sosial, kalau kurang bagus ya bakal ditinggalkan, kan sayang banget. Gampangnya serahin ke GoSocial aja kamu tinggal terima jadi deh.

GoSocial pun membantu bisnis kamu dalam Foto Creative, F&b dan Katalog. Lengkapnya bisa kamu cek di Instagram GoSocial Studio dan Website GoSocial.

Layanan Nyala Bisnis

Seperti webinar sebelumnya, GoSocial bekerja sama dengan Bank OCBC NISP yang memperkenalkan layanan Nyala Bisnis. Apa itu Nyala Bisnis?

Nyala Bisnis merupakan layanan perbankan bagi pengusaha maupun perorangan dimana Nyala Bisnis menawarkan solusi perbankan dan ekstra fasilitas untuk membantu nasabah fokus pada kebutuhan bisnis dan personal.

Terkadang seorang pengusaha menggabungkan antara keuangan personal dan keuangan bisnis. Nah disini, Nyala Bisnis ingin membantu Sociozen dalam mengelola keuangan bisnis maupun personal.

Nyala Bisnis ada tiga tipe layanan : 

  • Manage : Membantu Keuangan Personal dan Bisnis
  • Grow : Membantu mengembangkan bisnis UMKM untuk Go Digital agar bisnis teman-teman lebih berkembang
  • Live : Keuntungan dalam layanan ini kamu bisa mendapatkan Asuransi Jiwa

Kemudahan lainnya bisa kamu baca di aplikasi One Mobile. Download di Playstore atau Appstore, Gratis.

Gimana sekarang sudah paham kan mengenai pentingnya branding UMKM lewat Media Sosial Atau masih bingung? Kami terbuka untuk membantu dalam meningkatkan bisnis kamu.

Jangan ketinggalan untuk ikut Webinar GoSocial selanjutnya ya. Follow Instagram kami GoSocial.id dan tungguin webinar solutif lainnya.

Comments to: Webinar Series Go Social X OCBC NISP Part 3 : Bangun Bisnis UMKM Lewat Sosial Media

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.