Diskon 20% layanan SME selama Mei 2020

Ayo, Cek Sekarang

Dampak Corona Terhadap Dunia Bisnis di Indonesia

Oleh Admin GoSocial

Pada tanggal 11 Maret 2020, Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah meningkatkan status Corona menjadi Pandemi Global. Hal ini didasarkan atas meningkatnya jumlah kasus di luar China hingga mencapai 13 kali lipat dan juga banyaknya negara lain yang terinveksi. Hingga pada tanggal penetapan tersebut, tercatat sudah ada 118 negara yang telah mengonfirmasi kasus Covid-19 ini. Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal WHO menyatakan bahwa dalam beberapa hari atau pekan mendatang, kita akan melihat peningkatan jumlah kasus, kematian, hingga negara terinfeksi yang jauh lebih tinggi. Indonesia, pada awal Bulan Maret 2020 telah mulai peperangan dalam menghadapi pandemi Virus Covid-19 ini.  Tentunya dengan masuknya pandemi ini ke Indonesia, berbagai dampak akan mulai dirasakan oleh masyarakat. Salah satu dampak yang paling terasa adalah dampak ekonomi terhadap dunia bisnis di Indonesia. Kali ini kita akan membahas dampak ini, mulai dari bagaimana kondisi ekonomi dan perilaku masyarakat saat ini, apa saja dampak dari Covid-19 dalam dunia Bisnis, dan apa yang bisa Anda lakukan sebagai pemilik Bisnis dalam menghadapi Pandemi ini.

Kondisi ekonomi dan perilaku masyarakat saat ini

Baiklah, kita mulai dari bagaimana dampak virus Corona atau Covid-19 ini terhadap kondisi ekonomi dan perilaku masyarakat. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Facebook menunjukkan dengan masuknya Virus Corona atau Covid-19 di Indonesia, tercatat hampir 80% responden dari Indonesia takut tertular Virus Corona (Virus Cobid-19). Akibatnya, masyarakat Indonesia mempertimbangkan berbagai opsi alternatif untuk mencegah penularan Virus Corona (Virus Covid-19). Di antaranya yaitu mereka cenderung melakukan belanja online dan pengiriman dari rumah. Bahkan dari segi perusahaan, sudah dilakukan program Work From Home (WFH). Di samping itu, dari segi perilaku kuliner, banyak masyarakat yang lebih memanfaatkan jasa order dan delivery makanan online seperti GoFood dan GrabFood.

Seiring dengan diberlakukannya program WFH, di Indonesia juga menunjukkan tren terjadinya peningkatan penggunaan Social Media. Tercatat terjadi peningkatan inensitas akses Instagram sebesar 36% dibanding biasanya dan Facebook sebesar 30%. Selain itu, angka pencarian info tentang  Virus Corona (Virus Covid-19) di indeks Google juga mengalami peningkatan. Selain itu, Youtube juga mengalami peningkatan yang signifikan selama terjadinya Virus Corona (Virus Covid-19), tercatat 41% pencarian youtube untuk Berita Lokal terkait perkembangan Virus Corona (Virus Covid-19).

Kemudian, mari kita lihat dari kondisi perekonomian. Yang paling dapat dirasakan dampaknya yaitu dampak terhadap nilai tukar rupiah terhadap dollar. Kurs dollar terhadap rupiah mengalami kenaikan bahkan sempat mencapai 16.000 / $US, bahkan lebih. Dari   Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pun demikian mengalami pelemahan dan penurunan dalam beberapa minggu terakhir.

Dampak dari Covid-19 dalam Dunia Bisnis di Indonesia

Untuk Anda sebagai pebisnis, tentunya sudah merasakan bahwa Virus Corona (Virus Covid 19) memberikan dampak yang luar biasa untuk kelangsungan bisnis Anda. Kita mulai dari sektor Ekspor. Pada bulan Januari, ekspor Indonesia tercatat US$ 13,41 miliar turun 7,16% dibandingkan periode Desember 2019 US$ 14,44 miliar. Bahkan Ketua Kebijakan Publik Apindo/ Wakil Ketua Umum PHRI, Bapak Sutrisno Iwantono menyatakan bahwa pada Februari, Maret dan seterusnya pasti semakin memburuk.

Selanjutnya mari kita lihat dari sektor Impor. Bahwa tercatat US$ 14,27 miliar turun 1,6% atau US$ 231,6 juta. Pak Sutrisno juga menyatakan bahwa turunnya impor bahan baku dan bahan penolong termasuk yang berasal dari China sangat memukul industri dalam negeri. Banyak yang terancam penghentian produksi dan merumahkan karyawan. Hal ini tentunya juga berimbas pada penurunan angka produksi dan pendapatan dari sektor UMKM yang mengandalkan bahan baku yang harus di dapatkan dari Impor.

Dari sektor Hotel dan Pariwisata pun demikian, tak hanya turis dari China, tetapi turis dari semua negara juga mengalami penurunan. Bisnis Hotel dan restoran sebenarnya sudah mengalami tren penurunan dalam beberapa tahun ini. Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara pada Januari 2020 tercatat 1,27 juta kunjungan. Dan pada bulan Februari dan Maret sejak merebaknya corona diprediksi akan terus menurun dan banyak hotel yang akan merumahkan karyawannya. Bisnis FnB yang berbasis tempat seperti Cafe juga terkena dampak dari Virus Corona (Virus Covid 19), pasalnya masyarakat dihimbau untuk tetap di rumah saja untuk mengurangi penyabaran Virus Corona (Virus Covid 19). Akhirnya, sektor FnB hanya bisa mengandalkan channel melalui pemesanan dan delivery online melalui berbagai aplikasi penyedia layanan tersebut.

Apa yang bisa dilakukan?

Sebagai pemilik Bisnis, tentunya Anda harus melakukan berbagai upaya agar Bisnis Anda bisa tetap berjalan dan bisa memenuhi kewajiban Anda terhadap karyawan-karyawan Perusahaan. Berikut tim GoSocial Indonesia telah merangkum dari beberapa sumber termasuk sarandari facebook terkait  beberapa upaya yang bisa dilakukan dalam menghadapi Virus Corona (Virus Covid 19). Di antaranya yaitu:

  1. Tetap Fokus pada kesinambungan bisnis dalam jangka pendekFokuskan dana untuk kewajiban Perusahaan. Jangan terlalu memforsir dana yang dikeluarga untuk sesuatu yang kurang penting.
  2. Menggerakkan peningkatan struktural dalam jangka panjang
    Siapkan solusi dan cost yang dibutuhkan saat virus ini sudah selesai. Jangan menunggu penyebaran virus ini selesai terlebih dahulu, melainkan siapkan dari sekarang. Saat nanti penyebaran Virus Corona (Virus Covid 19), kondisi ekonomi mungin masih belum stabil. Namun Anda bisa menyiapkan strategi untuk menghadapi kondisi tersebut di mana roda perekonomian dari berbagai sektor bisnis mulai bergerak kembali.

 

Untuk GoSocial Indonesia sendiri, untuk dapat membantu UMKM dalam kondisi saat ini, kami meluncurkan event #NKFPB (Nanti Kita Foto Produk Bareng). Eveny ini kami tujukan untuk para UMKM atau Bisnis yang ingin mendapatkan foto yang bagus, baik Fashion maupun FnB, namun mengalami kendala dalam hal biaya untuk mendapatkan foto yang bagus tersebut. Kami menyediakan foto gratis bagi Anda dengan persyaratan yang sangat mudah. Untuk lebih lengkapnya bisa cek di Instagram kami di @gosocialid.

Kami percaya bahwa kita semua pasti bisa menghadapi kondisi sulit ini bersama-sama. Yang terpenting, prioritaskan hal-hal terpenting terlebih dahulu dalam masa-masa seperti ini. Dan tetap jaga loyalitas pelanggan setia Bisnis Anda. Jika Bisnis Anda ingin mendapatkan solusi dalam dunia digital, Anda bisa menghubungi kami dalam halaman contact us.

Yang terakhir, semoga pandemi ini bisa segera berakhir di Indonesia dan tidak ada lagi korban yang berjatuhan karena Virus Corona (Virus Covid 19) di Indonesia. Amin!

Admin GoSocial


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke GoSocial

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan GoSocial? Dapatkan Diskon 25% serta PROMO lainnya & setup

Yuk Cek Sekarang !