Blog | GoSocial

Semua itu bisa disatukan dalam sebuah konten promosi yang bisa dilihat tak hanya dari mereka yang sudah menjadi pelanggan, tapi bahkan orang-orang yang belum mengenal brand kita.

Karena sejatinya, konten promosi menargetkan dua hal. Mengajak orang baru untuk menjadi audience dan menambah keyakinan mereka untuk menjadi calon pelanggan.

Konten promosi pun tak terbatas, mulai dari gambar, video, bahkan proyek kolaborasi. Konten promosi bisa dilakukan oleh berbagai lapisan bisnis ataupun usaha.

Nah kali ini Gogo akan kasih tau ke Sociozen, konten promosi dari tiga brand dunia yang sangat sukses memikat pelanggan. Siapa tahu kamu bisa terinspirasi, yuk disimak.

McDonald’s – BTS Meals

McDonald’s, siapa yang tak kenal dengan restoran cepat saji ini. McDonald’s yang didirikan tahun 1955 di California, Amerika Serikat, ini sudah mempunyai ribuan cabang restoran di 100 negara di dunia.

Pada Juni 2021 kemarin, dunia dihebohkan dengan promosi McDonald’s yang menggaet grup Kpop dunia yaitu Bangtan Sonyeondan atau lebih dikenal BTS.

Bertajuk promo BTS Meals, McDonald’s sukses meningkatkan omzet dengan target market Army, fans BTS yang banyak tersebar di seluruh dunia. Dengan jumlah 18 juta orang, Army masuk dalam kategori fandom terbesar di dunia.

Bagaimana bentuk promosinya?

Indonesia yang juga bagian dari Army, menjadi salah satu negara yang berhasil terpikat dengan konten promosi viral dari McDonald’s ini.

  • Dibanderol harga Rp 50.000, yang hanya bisa dibeli secara pesan antar atau drive thrue, McDonald’s membuat desain kemasan khusus dalam produknya bertemakan BTS dalam balutan warna ungu, sesuai warna fandom BTS.
  • Paket kemasan ini semakin memikat mulai dari bungkus nugget, tempat minum, hingga paper bag dengan logo BTS.
  • Tidak sampai dengan hanya produk BTS Meals, McDonald’s bersama BTS pun memproduksi merchandise khusus yang hanya bisa diakses melalui aplikasi Waverse.
  • McDonald’s pun membuat konten eksklusif tentang BTS yang hanya bisa diakses di aplikasi McDonald’s.
  • BTS Meals, semakin mudah diakses karena selain tersedia di aplikasi McDonald’s, juga bisa dipesan melalui GoFood, GrabFood, dan Shopee Food.

Hasil dari konten promosi ini, BTS Meals menjadi viral. McDonald’s pun semakin melejit namanya. Para Army dengan sukarela memposting berbagai produk BTS Meals di media sosial. 

Bayu Sutikno, Pakar pemasaran dari Universitas Gadjah Mada menilai konten promosi McDonald’s ini sangat kretif. Hal ini termasuk dalam brand community marketing dan viral marketing.

McDonald’s mempunyai spesifik target yaitu Army yang sangat loyal dan fanatik terhadap BTS. BTS menjadi referensi fansya terhadap empat hal: fashion, fun, juga musik, film, dan food. BTS Meals pun menjadi trending topic di berbagai media sosial. 

Nike – Just do It

Siapa sih yang tak kenal dengan Nike? Salah satu top brand fashion olahraga yang sudah sangat terkenal di dunia.

Nike yang didirikan tahun 1964 ini mempunyai konten promosi yang berhasil memikat pelanggannya di seluruh dunia dengan emotional branding.

Emotional branding ini seolah menciptakan perasaan atau kebutuhan audiencenya, dengan tagline terkenalnya “Just Do it.”. Nike membuat konsumennya untuk berpikir, dengan membeli produk Nike, masalah konsumen akan selesai dengan sendirinya.

Nike sangat tahu bahwa konsumen akan lebih mengapresiasi kepada brand yang juga peduli lingkungan, contohnya saja dalam hal sosial. Nike pun mendirikan komunitas toko di Detroit, sebuah kota yang pernah mengalami kesulitan ekonomi bertahun-tahun. Nike memberikan fasilitas pusat kebugaran fisik untuk masyarakat di kota tersebut.

Tak hanya sampai disitu, bahkan Nike mendirikan Nike Social & Community dengan beragam aksi, seperti memberdayakan anak-anak yang ingin menggapai mimpinya di bidang olahraga dalam program “Made to Play.” Selain itu Nike juga berkolaborasi dengan 60 organisasi sosial.

Totalitas pun sangat dilakukan Nike sebagai top brand olahraga. Dalam video promosinya, Nike pernah membuat iklan yang berjudul “You Can’t Stop Us.” yang menggunakan 4000 rekaman yang berisi 36 pasangan atlet seri split screen dinamis.

Selain itu saat Olimpiade Rio 2016, Nike pun banyak mensupport tim dan atlet dengan mensponsori mereka untuk menggunakan produk Nike. Nike juga menjadi salah satu sponsor dalam gelaran dunia, FIFA World Cup 2014. 

Tak sampai disitu Nike juga berinovasi dalam menyematkan teknologi fitur canggih di setiap jenis sepatunya. Seperti Nike Air Max yang terdapat teknologi Air Sole unit di pijakan agar yang memakai nyaman dan terhindar dari cedera. 

Nike juga mengembangkan Nike+Run Club, untuk mengetahui seberapa jauh dan cepat seseorang dalam berolahraga. Teknologi terbaru lainnya adalah Flyknit dan self-lacing pada sepatu Nike HyperAdapt.

Meskipun sudah menjadi brand besar, Nike tetap melakukan kolaborasi dengan brand ternama lainnya seperti Apple, Supreme, Dior, Comme des Garçons bahkan, dan juga artis seperti Drake, G-Dragon.

Nike yang memiliki niche market khusus di bidang olahraga juga bekerja sama dengan para atlet, seperti sepatu Air Jordan atau Mercurial Superfly CR7.

Coca Cola – Share a Cock

Coca Cola, minuman yang sudah tak asing lagi di Indonesia. Coca Cola diproduksi oleh The Coca Cola Company, yang merupakan perusahaan minuman berkarbonasi terbesar di dunia. 

Lebih dari 500 merek telah diproduksi, tak hanya Coca Cola ada juga merek terkenal seperti Fanta, Pepsi, dan Sprite.

Bicara konten promosi, Coca Cola lebih mengutamakan konsep membangun interaksi antar para pembeli, melalui fasilitas yang dikembangkan oleh Coca Cola sendiri, di berbagai produknya. Berbagai konten promosinya diantaranya:

1. Kampanye Share a Cock

Coca Cola mempunyai kampanye “Share a Coke“. Kampanye sederhana ini berhasil memikat banyak pembeli dan orang-orang pun merasa spesial ketika meminum Coca Cola. Coca Cola  mencetak nama-nama seseorang dari berbagai dunia di dalam kaleng. 

Kampanye ini berhasil membuat Coca Cola tak hanya sekadar minuman, tapi juga ada keunikan dan ketertarikannya sendiri bagi yang membeli ketika memiki kaleng dengan label nama seseorang yang mereka kenal.

Di tahun 2011, kampanye ini berhasil meningkatkan 7 persen penjualan, juga 870 persen kunjungan di Facebook Coke. 

2. Mesin Penjual Minuman 

Coca Cola beberapa kali membuat mesin minuman yang membuat pembeli lebih dekat dengan Coca Cola. Mulai dari mesin penjual yang mengeluarkan minuman dengan cara memeluk. Ada juga mesin penjual yang dirancang dapat mengeluarkan minuman berkali-kali, sehingga orang berpikir mesin tersebut tengah rusak. Namun ada keunikan tersendiri yang membuat pembelinya justru merasa asik bermain dengan mesin tersebut.

3. Saling Berbagi Coca Cola

Coca Cola pun mendesain berbagai variasi jenis kemasan yang membuat pembelinya lebih dekat, seperti Coca Cola kaleng yang bisa dibagi dua dan diminum bersama. Ada juga botol Coca Cola yang dimana kamu harus punya teman untuk melepaskan tutup botolnya.

Selain campaign, dalam iklannya Coca Cola banyak mengusung tema kebersamaan keluarga. Contohnya iklan yang berjudul “Together is Beautiful

Coca Cola pun sempat bekerja sama dalam kampanye film Sky Fall dengan aktornya James Bond. Di mana Coca Cola memuat video promosi yang berisi seroang pria yang mempunyai misi 007 yang jika selesai pria tersebut mendapat tiket gratis film Sky Fall

Begitulah beberapa contoh bentuk konten promosi dari brand dunia yang fenomenal dan sukses memikat memikat pelanggannya. Bagaimana SocioZen, kamu ada inspirasi untuk konten promosi bisnismu?

GoSocial juga bisa membantu bisnismu semakin dikenal banyak orang. Melalui berbagai pelayanan digital marketing yang bisa meningkatkan pelangganmu, mulai dari branding&design, social media management, social media engagement, digital campaign, hingga website solution.

Semua pelayanan tersebut adalah paket lengkap untuk menunjang bisnismu lebih maju. Juga seperti brand-brand di atas pula untuk memikat pelangganmu melalui digital.

Comments to: Yuk Intip Konten Promosi dari Brand Dunia yang Sukses Memikat Pelanggan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.