Blog | GoSocial

Bisnis di dunia digital saat ini tidak jauh dari aktivitas di media sosial. Media sosial mampu membuat bisnis terekam seperti memori yang menunjukkan segala serba-serbi tentang bisnis. Saking pentingnya media sosial, profesi spesial untuk mengelola media sosial pun sekarang tercipta, loh. Mereka adalah social media specialist, kamu sudah tahu apa itu social media specialist?

Kali ini Gogo akan mengajakmu berkenalan dengan social media specialist. Profesi ini sangat berperan besar membantu sebuah bisnis eksis di media sosial, yuk kenalan.

Apa itu Social Media Specialist?

Sumber: Unsplash.com

Social media specialist adalah profesi yang mempunyai fokus membuat konten digital yang menarik dan pastinya kreatif untuk berbagai macam platform media sosial sebuah perusahaan.

Lalu, apa tujuan dari membuat semua konten tersebut? Jawabannya adalah sebagai strategi marketing dengan meningkatkan brand awareness melalui media sosial. Perusahaan akan lebih banyak kesempatan berinteraksi dengan audiens yang dapat meningkatkan angka penjualan. 

Jadi, kalau ada yang bilang social media specialist kerjaannya cuma posting itu salah besar ya, SocioZen. Menjadi social media specialist haruslah kreatif, mempunyai banyak ide, dan harus paham setiap parameter platform media sosial. Karena setiap media sosial mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. 

Dalam pekerjaannya, social media specialist pun akan banyak berkomunikasi dengan tim digital marketing untuk merencanakan strategi social media marketing. Selain itu untuk menciptakan desain yang eye catching, social media specialist akan bekerja sama dengan tim graphic designer.

Tugas Social Media Specialist

Sumber: Unplash.com

Apa saja ya tanggung jawab dan tugas social media specialist? Berikut adalah catatan tugas yang dilakukan oleh social media specialist.

  • Membuat content plan yang akan dipublish di setiap media sosial sesuai dengan brand identity dan hal-hal yang relate dengan karakter perusahaan.
  • Menciptakan content plan yang memiliki value.
  • Mengelola setiap postingan dan konsisten dengan waktu post yang sudah dibuat.
  • Berinteraksi dengan followers.
  • Melakukan analisis menggunakan tools seperti Google Analytics, Hootsuite Pro, Facebook Insights, dan lainnya.
  • Update dengan perkembangan tren media sosial.
  • Membuat laporan terhadap perkembangan media sosial yang dikelola.
  • Mengkoordinasikan dengan tim graphic designer terkait visual konten yang sudah direncanakan.
  • Meriset hashtag yang akan dimasukkan dalam caption.
  • Memberikan masukan dan saran untuk strategi social media marketing

Kualifikasi Social Media Specialist

Sumber: Unsplash.com

Menjadi seorang social media specialist tidak boleh berhenti belajar, karena dunia teknologi khususnya media sosial akan terus berkembang dan berubah dengan trennya. 

Pekerjaan ini pun bisa dibilang memang mengandalkan pengalaman dan kreatifitas, semakin banyak media sosial yang berhasil dikelola, maka semakin ahli pula. Karena pada kenyataannya profesi social media specialist belum ada dalam pendidikan formal, seperti di jenjang perkuliahan. 

Jadi, terjun di dunia social media specialist memang harus terus mengupgrade kemampuan diri ya. Nah berikut akan Gogo sampaikan bagaimana kualifikasi seorang social media specialist. Yuk mari disimak.

Minat yang Tinggi Terhadap Media Sosial

Kualifikasi pertama yang harus dipenuhi oleh seorang social media specialist adalah memiliki minat yang tinggi terhadap media sosial. Hal ini penting karena profesi ini akan menggunakan berbagai macam akun media sosial para user.

Orang-orang yang berkecimpung di dunia ini pun tak boleh gaptek atau gagap teknologi. Mereka harus mau mengikuti tren.

Paham Tools yang Diperlukan

Social media specialist tidak hanya membuka media sosial saja, tapi juga tools pendukung untuk meningkatkan performa sebuah media sosial. Namanya juga spesialis, pastinya ada aktifitas yang lebih spesial dari yang biasa. 

Tools yang diperlukan seperti Hootsuite untuk mengelola berbagai akun. Tools analisis seperti Google Analytics, dan juga tools riset hashtag yang sekarang sudah banyak jenisnya. Serta berbagai macam tools lainnya yang mendukung kinerja. 

Manajemen Waktu

Waktu sangatlah penting, karena seorang social media specialist mempunyai pekerjaan multiple yang tidak hanya satu, manajemen waktu adalah kualifikasi selanjutnya. 

Mulai dari membuat content plan, revisi, posting, membalas comment atau DM, memikirkan ide, riset, dan lainnya. Belum lagi jika akun yang dikelola lebih dari satu, pastinya seorang social media specialist harus mempunyai urutan waktu yang jelas agar semuanya bisa terselesaikan. 

Komunikasi yang Baik

Banyak orang yang akan terlibat dalam pekerjaan seorang social media specialist. Baik dari tim internal seperti digital marketer, graphic designer, tim kreatif, dan lainnya. Juga pihak eksternal seperti klien, audiens sebagai followers. Komunikasi yang baik harus terus ditingkatkan agar tidak ada salah persepsi atau miss comunnication.

Tidak hanya secara langsung, orang-orang social media specialist harus mampu berkomunikasi yang baik pula secara online.

Berpikir Cepat

Tren di dunia media sosial berkembang sangat cepat. Seorang social media specialist harus mampu berpikir cepat, mengadaptasikan ide kreatifnya dengan tren yang ada. 

Jangan sampai konten yang dibuat tidak update dan menurunkan ketertarikan dari audiens.

Nah begitulah pengenalan dari Gogo apa itu social media specialist.  Apakah kamu berminat untuk menjadi seorang social media specialist? Atau kamu juga ingin menambahkan tim social media specialist dalam tim bisnismu? 

Pastinya dengan hadirnya social media specialist bisnismu tambah eksis dan dikenal lebih luas pengguna media sosial.

Comments to: Yuk Kenalan Sama Social Media Specialist, Profesi yang Bantu Bisnismu Eksis di Media Sosial

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.