Password adalah suatu kerahasiaan yang digunakan untuk keperluan privasi untuk mengakses suatu layanan. Pada umumnya password digunakan oleh seseorang untuk mengakses suatu akun. Bahkan Social media baik itu facebook, twitter, linkedin, instagram dan lainnya meminta password untuk dapat mengakses layanan mereka. Dalam hal ini, kita tidak boleh memberikan akses tersebut kepada orang banyak karena bisa saja akun yang kita gunakan akan disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Dengan password yang sangat baik untuk keamanan maka akan menghindakan anda dari serangan Brute-force attack yaitu sebuah teknik serangan terhadap sebuah sistem keamanan komputer yang menggunakan percobaan terhadap semua kunci yang mungkin. Walaupun Gosocial aman dari serangan-serangan tersebut, namun ada baiknya jika anda membuat password yang baik dan aman.

Pada panduan kali ini kita akan membahas bagaimana membuat password yang baik dan aman :

  1. Diatas Delapan Karakter
    • Semakin panjang suatu passsword yang digunakan maka tingkat kesulitan dan keamanan yang didapatkan akan semakin bagus. Hal ini tentunya akan mempersulit peretas dalam melakukan hacking terhadap akun kita untuk dapat mendapatkan password dengan mudah. Karakter password yang panjang akan mempesulit teknik brute force attack dalam melakukan pencarian password yang kita gunakan karena karakter yang panjang.
  2. Kombinasi Huruf Besar dan Kecil
    • Hal ini tentunya sangat bagus mengingat orang tidak sadar jika kita menggunakan huruf kapital saat memasukkan password. disarankan ada beberapa huruf kapital yang Anda gunakan pada password Anda.
  3. Kombinasi Angka
    • Hal ini akan menghindarkan Anda dari serangan Brute-force attack karena kombinasi Angka akan mempersulit orang yang tidak bertanggung jawab dalam mengakses website Anda.
  4. Kombinasi Simbol
    • Anda juga bisa memanfaatkan simbol pada password Anda. Simbol ini paling sulit ditebak para cracker, dan jika menggunakan satu simbol saja maka tingkat kekuatan password akan berada di level yang tinggi. Banyak juga developer yang menggunakan simbol ke dalam password mereka dengan alasan keamanan.
  5. Jangan Gunakan Identitas atau Informasi Terkait Anda
    • Hal ini sering terjadi, masih banyak pengguna yang menggunakan password dengan tanggal lahir, nama kota lahir dan lainnya. Hal ini tentu sangat rawan mengingat di internet sendiri bisa dengan mudah untuk mendapatkan informasi yang bersifat pribadi.
  6. Membuat Password yang Kuat
    • Dengan membuat password yang kuat akan menyulitkan para penjahat untuk masuk ke email kamu. Password dengan mengkombinasi angka, simbol, kata yang tidak mudah ditebak, panjang kata, huruf besar dan kecil. Contoh password yang tidak mudah ditebak.

Contoh :

Password Lemah = akungosocial

Password Kuat      =g05Oc!AL