Daftar Website Cek Plagiarisme Terbaik yang Wajib Kamu Tahu!

Image Description

Rizky Prayogo

1 tahun yang lalu Teknologi
Share:
Image Description

Ke menulis sebuah artikel, tugas kuliah, atau mungkin konten lainnya, kamu pasti tidak ingin hasil dari ide dan kerja kerasmu di plagiat alias di copas oleh orang lain bukan?
 

Dalam hal ini, yang sangat penting untuk kamu perhatikan yaitu tentang plagiarisme atau plagiat. Plagiarisme atau Plagiat adalah suatu tindakan yang melanggar hak cipta dengan menjiplak atau meniru sebuah karya tulisan/teks. Ini tentu akan merugikan sang pemilik karya tulisan/teks karena keorisinilan dari karyanya sudah diambil oleh orang lain.
 

Bahkan Google pun juga mengambil langkah untuk menghindari Plagiarisme atau Plagiat agar tidak merugikan penggunanya, apabila karya tulisan/teks milikmu terindikasi Plagiat maka Google akan memberikan peringatan bahkan hukuman. Dengan begitu kamu juga perlu untuk menjaga karya tulisanmu agar tidak di plagiat oleh orang lain atau bahkan untuk menghindari karya tulisanmu yang dianggap hasil plagiat dari karya tulisan/teks orang lain. 
 

Namun jangan khawatir! Untuk mengecek apakah karya tulisan/teks mu terindikasi plagiat atau tidak, bisa kamu menelusurinya melalui beberapa website plagiarisme.


 

DupliChecker
 

Sumber: Duplichecker
 

Duplichecker merupakan Website Plagiarisme Terbaik yang bisa kamu gunakan. Kamu tinggal memasukkan karya tulisan/teks mu pada bagian form yang disediakan dengan maksimal 1000 kata, Duplichecker akan menampilkan persentase indikasi plagiarisme pada karya tulisan/teks milikmu. 

Ini akan sangat membantu kamu untuk hanya mengubah bagian yang terindikasi plagiat. Selain gratis, manfaat dari website ini juga banyak sekali. Tidak hanya untuk menganalisa plagiarisme, ada fitur lain yang website ini berikan, meliputi pengecekan Grammar, Paraphrase, Keyword Position Checker, Backlink Checker, Domain Authority, dan masih banyak lagi.


 

Copyscape
 

Sumber: Copyscape
 

Copyscape dapat kamu gunakan untuk mencari salinan dari halaman website kamu di internet juga mencegah plagiarisme dari karya tulisan/teks mu. Caranya, kamu tinggal memasukan alamat URL dari website kamu ke Copyscape. Kemudian Copyscape akan melakukan pencarian dan pengecekan secara otomatis. 

Website ini memiliki dua versi yaitu gratis dan versi premium, tentu ada beberapa batasan yang akan kamu jumpai ketika menggunakan versi gratis dan kamu perlu mengupgrade ke versi premium untuk mendapatkan akses yang lebih luas. Selain fitur plagiarisme, Copyscape juga memberikan layanan lainnya yaitu Copysentry, Premium API, Free Comparison Tool, dan Free Plagiarisme Banner.


 

Plagiarism Checker Small SEO Tools
 

Sumber: Smallseotools

 

Plagiarism Checker Small SEO Tools merupakan salah satu website yang paling populer dan paling banyak digunakan bila dibandingkan dengan website dan aplikasi plagiarisme online lainnya. Alasannya yaitu karena selain gratis dan juga penggunaannya yang cukup mudah, kamu juga tidak perlu melakukan registrasi untuk menggunakanya.

Selain itu, Small SEO Tools sangatlah informatif karena memberikan informasi yang detail dan mudah kamu pahami saat melakukan pengecekan sebuah Teks, Dokumen, atau URL Website. Tidak sampai disitu, Plagiarism Checker Small SEO Tools juga menawarkan fitur menarik lainnya, meliputi Plagiarism Checker, Grammar Checker, SEO Checker, Word Counter, PDF To Word, dan masih banyak lagi.


 

Unicheck
 

Sumber: Unicheck

 

Unicheck juga merupakan salah satu website cek Plagiarism online yang populer dengan user lebih dari 11 juta di seluruh dunia, hal ini disebabkan karena website ini sering digunakan untuk bidang pendidikan, penulis, peneliti, bahkan editor. Alasan lainnya yaitu karena website cek Plagiarism online ini memberikan pencarian yang sangat akurat dengan menganalisa lebih dari 40 milyar halaman website, database edukasi, juga file-file perpustakaan institusional.

 

Viper Plagiarism Scanner
 

Sumber: Scanmyessay

 

Viper Plagiarism Scanner merupakan sebuah aplikasi untuk menganalisa plagiarism. Tidak seperti plagiarisme checker sejenisnya yang bisa kamu gunakan melalui website, Viper Plagiarism Scanner mengharuskan kamu untuk mengunduh aplikasinya terlebih dahulu untuk menikmati berbagai fitur yang ada di dalamnya. Viper Plagiarism Scanner merupakan aplikasi yang berbayar, menariknya kamu hanya diharuskan membayar sesuai dengan jumlah kata dari dokumen yang ingin kamu analisa indikasi Plagiarisme. 

Dengan fitur yang berbayar tentunya juga ada keuntungan yang kamu dapatkan dibanding Plagiarism checker lainnya, yaitu meliputi proses analisa yang sangat cepat dengan rentang waktu hanya 30 detik, kamu bisa mengunggah file dari berbagai macam sumber bahkan juga termasuk Google Drive, menggunakan lebih dari 50 bahasa, dan dapat digunakan untuk berbagai jenis tipe file.


 

PlagScan
 

Sumber: Plagscan
 

Plagscan merupakan salah satu Website untuk menganalisa Plagiarisme online yang memiliki banyak keunggulan. Salah satunya kamu hanya perlu melakukan klik-klik saja untuk menganalisa keaslian dari suatu teks. Keunggulan lainnya yaitu kamu diberikan fitur untuk mengubah format file agar sesuai dengan yang kamu butuhkan, misalnya kamu telah selesai menganalisa suatu teks dan ingin segera mencetak file tersebut, kamu bisa mengubah format dari file tersebut di dalam Plagscan sebelum di cetak. 

Plagscan juga merupakan website yang berbayar setelah kamu bisa menggunakannya secara gratis dengan bergabung menjadi member. Plagscan memberikan beberapa pilihan yang bisa disesuaikan oleh penggunanya, yaitu Pribadi (Single User),Sekolah (School), Perguruan Tinggi (Higher Education), dan Bisnis (Business).

 

Dengan adanya website dan aplikasi semacam ini tentu akan sangat membantu banyak orang untuk menghindari plagiarisme karena itu dilarang dan dapat menimbulkan kerugian. Harapannya dengan adanya informasi seperti akan membantu untuk menghindari plagiarisme yang merugikan pemilik dari suatu karya tulisan/teks karena telah melanggar hak cipta dari keaslian suatu karya tulisan/teks.


 

Share:

Related articles