SEO & SEM : Strategi Meningkatkan Optimasi Website

Image Description

Putri Sunarno

3 weeks ago Teknologi
Share:
Image Description

Hai SocioZen !

Meningkatkan strategi digital marketing dari web bisnis tentunya memerlukan optimasi website

Dengan mengoptimalkan optimasi website bisnismu, bisa jadi kunci untuk meningkatkan traffic sehingga potensial untuk menjangkau konsumen yang lebih luas

Terdapat dua cara utama yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan optimasi website, yaitu dengan menggunakan strategi SEO dan SEM

Dua strategi optimasi website ini bisa kamu terapkan dengan berdasar pada kebutuhan bisnismu

Sebelum memilih strategi apa yang harus dipakai untuk meningkatkan optimasi website, terlebih dahulu kamu perlu memahami kedua strategi tersebut

 

Apa sih SEO & SEM ?
 

SEO (Search engine optimization)

Sumber : Pexels

 

Strategi optimasi website yang berfungsi untuk meningkatkan traffic organik dengan mendapatkan peringkat tertinggi di mesin pencarian.

Agar bisa mendapatkan peringkat tertinggi, kamu perlu mengikuti indikator-indikator SEO agar website bisnismu tidak kalah saing dengan kompetitor. Selain itu, kamu juga perlu memahami algoritma dari google dan proses kerja dari adanya SEO. 


 

SEM (Search engine marketing)

Sumber : Pexels

 

Strategi optimasi website berbayar yang berfungsi untuk meningkatkan visibilitas website di mesin pencarian. 

Optimasi website dengan strategi SEM dilakukan dengan memasang iklan berbayar sehingga ketika audience mencari keyword yang sesuai dengan keyword yang kamu pasang, maka website kamu bisa muncul di mesin pencariannya. 

Selain itu, SEM juga bisa mengatur usia target audience dan juga wilayahnya sehingga niche dari website bisnismu bisa tepat sasaran. 


 

Lalu, Apa Perbedaan SEO & SEM ?


 

PERBEDAANSEOSEM
Biaya optimasi websiteSEO tidak berbayar, namun website bisnismu harus memenuhi indikator-indikatornya dan memahami algoritma google.SEM berbayar karena berbentuk iklan PPC (pay per click). 
Target audienceSEO tidak bisa mengatur kriteria dari target audience bisnismuSEM bisa mengatur kriteria target audience, dari umur hingga wilayahnya.
Icon IklanPencarian website dari strategi SEO tidak memunculkan icon Iklan.Pencarian website dengan strategi SEM terdapat icon Iklan, karena berbayar.
Kecepatan HasilHasil optimasi website bisa berlangsung lama, jika kamu tidak memenuhi standar SEO friendly.Hasilnya bisa lebih praktis karena berbayar dan jika kamu bisa menentukan keyword yang tepat. 
Penggunaan OptimasiTidak bisa mengatur settingan optimasi seperti target audience, karena memerlukan proses panjang. Selain itu, kamu juga tidak bisa menganalisis efektivitas optimasi secara langsung. Bisa mengatur ulang target audience, menyalakan dan mematikan iklan hingga menguji efektivitas strategi pemasaran secara langsung.
Aktivitas OptimasiSEO bisa aktif dan berkembang secara jangka panjang.SEM hanya aktif sementara selama kamu membayar iklannya. 


 

Kamu bisa menggunakan kedua strategi optimasi website maupun hanya memilih salah satu berdasarkan dengan kebutuhan & kondisi dari bisnismu.

Sebelum memilih strategi optimasi website yang paling tepat, kamu perlu memahami kebutuhan dari website bisnismu.

Dan jika kamu merasa kesulitan dan mau cara praktis meningkatkan optimasi website, bisa juga menggunakan layanan GoSocial ! Selamat mencoba. 


 

Share:

Related articles